Mohon tunggu...
Risha Ananda Septarini
Risha Ananda Septarini Mohon Tunggu... Undergraduated Student, Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti 2016

Halo, Saya mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti Jurusan Perhotelan yang akan lulus di tahun 2020 ini, saya adalah penerima Beasiswa Unggulan dari KEMENDIKBUD angkatan 2016

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

DIY Artisan Pasta di Rumah

23 September 2020   07:00 Diperbarui: 23 September 2020   07:03 10 1 1 Mohon Tunggu...

Membuat pasta segar di rumah tidaklah sulit, kita dapat berkreasi dengan bebas untuk menghasilkan pasta sesuai keinginan kita sendiri. Namun ada beberapa hal yang perlu diperhatikan sebelum kita membuat Artisan Pasta di rumah, diantaranya :

1. Penting untuk mengistirahatkan pasta di kulkas / tempat yang dingin selama 1 jam, hal ini bertujuan agar adonan menghasilkan gluten secara maksimal, sehingga adonan yang akan dipipihkan elastis.
2. Menggunakan Semolina saat memipihkan adonan. Karena adonan yang lembab akan menyerap tepung, dapat membuat adonan menempel satu sama lain. Namun jika sulit mendapatkan Semolina, anda tetap bisa menggunakan tepung dengan kadar protein tinggi.
3. Setelah membentuk pasta, istirahatkan pasta di suhu ruangan dan biarkan mengering untuk mempertahankan bentuk pasta yang sudah dibuat dan agar tidak merubah bentuk pasta saat direbus.

Setelah mengetahui beberapa trik di atas, berikut bahan - bahan dasar yang dibutuhkan untuk membuat Artisan Pasta : 100 gr Tepung terigu protein tinggi, 1 Butir telur, 1 sdt Garam, dan 25-30ml olive oil atau salad oil. Tahapan membuat pasta ini tidaklah sulit, berikut tahapannya :

1. Ayak tepung terigu dan taburkan dengan garam secara merata, lakukan di dalam manakuk pengaduk yang besar atau dapat dilakukan langsung di atas meja
2.Buat lingkaran di tengan - tengah tepung terigu, pecahkan telur dan tuang di lingkaran tersebut.
3. Gunakan tangan anda untuk mencampur telur dan tepung secara perlahan dan merata
Uleni adonan selama 5 menit hingga adonan terasa lembut, tambahkan olive oil atau salad oil, uleni hingga merata.

Setelah mengetahui dasar membuat Artisan pasta, kemudian pasta ini dapat Anda kreasikan sesuai keinginan, seperti menambahkan pewarna alami ataupun menambahkan puree sayuran ke dalam nya (dapat dilakukan sebelum adonan diistirahatkan di kulkas), selain itu anda juga dapat berkreasi membentuk pasta sesuai keinginan anda dan tentunya memasak pasta dengan bumbu yang anda sukai. Selamat mencoba!

VIDEO PILIHAN