Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Lainnya - Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Edukasi Artikel Utama

Permainan Teka-Teki Tangram, Apakah Manfaatnya untuk Anak-anak dan Orangtua?

6 Juli 2021   00:11 Diperbarui: 6 Juli 2021   09:32 917 26 6 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Permainan Teka-Teki Tangram, Apakah Manfaatnya untuk Anak-anak dan Orangtua?
Tangram buatan siswa dipajang di mading kelas dan dipamerkan oleh guru secara daring kepada siswa dan orangtua siswa di rumah.(DOK. TANOTO FOUNDATION via Kompas.com) 

Pada zaman dahulu di negeri Tiongkok, ada seorang lelaki bijak membawakan selembar kaca kepada seorang raja untuk jendela istana.  Dalam perjalanan yang jauh, kaca tersebut pecah menjadi 7 kepingan-kepingan bentuk bangun datar baku. Lelaki bijak itu memohon maaf  kepada raja dan menceritakan tentang pejalanannya, sambil menyusun kepingan-kepingan kaca menjadi bentuk segala yang ditemui selama perjalanan. Ada rumah-rumah, berbagai manusia, beberapa jenis hewan dan aneka alat transportasi. Raja sangat menikmati susunan kepingan kaca yang digambarkan oleh lelaki bijak tersebut, dan memerintahkan membentuk ulang kepingan-kepingan kaca dari bahan lain. Saat itulah awal Tangram ditemukan.  

Sampai sekarang tangram menjadi permainan edukasi yang terdiri dari 7 keping bentuk bangun datar yang dipelajari di sekolah dasar (SD) di Indonesia. Tantangan permainan tangram adalah menyusun kepingan-kepingan tersebut menjadi sebuah bentuk lain yang dicontohkan. Biasanya menjadi bentuk orang, rumah, burung, kucing atau bentuk-bentuk lain yang membuat setiap manusia yang melakukan permainan merasa senang. 

Kepingan-kepingan tersebut diberi warna yang menarik, agar mempermudah diingat. Juga dengan senang menghafal bentuk-bentuknya. 

Permainan teka-teki tangram dalam bahasa Tionghoa dikenal sebagai "Chin-Chiao Pan", yang artinya teka-teki 7 keping. Pada tahun 1815 dipublikasikan dalam sepasang buku oleh Shan -Chiao, terdiri dari 374 gambar siluet yang merupakan teka-teki. 

Kepingan-kepingan bangun datar apa saja yang terdapat pada sebuah Tangram?

Ada sebuah persegi, yaitu bangun datar yang mempunyai 4 sisi yang sama panjang. Dan memiliki 4 sudut yang besarnya 90 derajat. 

Ada 5 buah segitiga, yaitu bangun datar yang mempunyai 3 sisi, yang terdiri dari 2 segitiga besar--1 segitiga sedang--2 segitiga kecil. Walaupun segitiga bisa sebarang, tetapi segitiga-segitiga dalam tangram ini siku-siku dan sama kaki. 

Yang dimaksud dengan segitiga siku-siku, bila salah satu sudutnya besarnya 90 derajat. Sedangkan segitiga sama kaki, bila mempunyai 2 sisi yang sama panjang. Sisi yang sama panjang itulah yang disebut kaki.

Ada sebuah jajar genjang, yaitu bangun datar yang memiliki 4 sisi. Tetapi tidak semua sisi panjangnya sama, hanya sisi-sisi yang berhadapan yang sama panjang. Juga tidak semua sudutnya sama, hanya sudut-sudut yang berhadapan yang sama besar.

Susunan tangram formasi orang bersujud. Sumber gambar Pixabay.
Susunan tangram formasi orang bersujud. Sumber gambar Pixabay.

Pada tahun 1815 itu pula, ada kapal dagang "Trader"  merapat di pelabuhan Kanton. Kapten kapal  M Donaldson membeli sepasang buku Tangram karya Shan -Chiao

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN