Mohon tunggu...
Rini DST
Rini DST Mohon Tunggu... Seorang ibu, bahkan nini, yang masih ingin menulis.

Pernah menulis di halaman Muda, harian Kompas.

Selanjutnya

Tutup

Cerpen Pilihan

Dongeng Aki dan Nini tentang 3 Sahabat

2 Desember 2020   13:42 Diperbarui: 2 Desember 2020   19:34 186 22 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Dongeng Aki dan Nini tentang 3 Sahabat
Bawang bombai-Kentang-Wortel, 3 sahabat yang melezatkan masakan. Sumber gambar : Pixabay

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), dongeng adalah cerita yang tidak benar-benar terjadi. Walaupun semu, dongeng memberikan inspirasi yang membekas pada masa kanak-kanak. Terbawa ke masa dewasa hingga tua, sehingga tidak akan terhapus dengan mudah. Karena itu para pendongeng harus menyampaikan dengan penuh keindahan dan manfaat.

Perubahan zaman yang penuh liku-liku sangat menarik untuk diikuti, asalkan tidak membawa kerugian bagi siapa pun. Seperti  banyaknya pelesetan dalam panggilan, membuat para cucu-cucu lebih suka memanggil aki dengan sebutan engki.

Laras dan Zaina memandang nini dengan sinar mata penuh takjub. Tetapi itu hanyalah harapan nini kepada cucu-cucunya, tidak sebenar-benarnya. Karena saat ini nini tinggal di Bandung, sedangkan Laras di Cirebon, dan Zaina di Okayama. Sejak pendemi covid-19, nini, engki, anak-anak dan cucu-cucu belum pernah saling jumpa. 

Nini dan engki tinggal di suatu pedesaan di daerah Bandung. Di sebuah rumah mungil, di tengah hamparan kebun yang indah. Diantara penghuni kebun yang aneka warna, ada 3 sahabat yang selalu setia melezatkan aneka masakan nini. 

"Harum sekali, masak apa nini?" tanya engki saat singgah ke dapur. 

"Biasa, ini 3 sahabat kita," kata nini sambil menunjukkan baskom, dan sebenarnya tidak memberikan jawaban atas pertanyaan engki. "

"Aku yang mengharumkan dapur, ki," kata Babom yang ada di dalam baskom sambil mengacungkan tangannya.

"Oh ... Babom si bawang bombai yang kemarin engki ambil dari kebun," kata engki sambil melakukan "tos" ke tangan Babom. 

Babom adalah  salah satu dari jenis bawang-bawangan yang berhasil diajak tinggal di kebun nini. Tubuhnya bulat dan dagingnya tebal. Rambutnya jabrik berwarna hijau tua. Babom yang asal-usulnya dari Mumbai India, dibawa ke Indonesia untuk bumbu masak berbagai masakan Indonesia.

Babom sebetulnya mempunyai saudara yang sering digunakan sebagai bumbu masak juga, diantaranya bawang merah dan bawang putih. Dibandingkan dengan bawang merah, babom lebih banyak mengandung kalori, vitamin A dan C. Dibandingkan dengan bawang putih, aroma Babom kurang menyengat untuk Chinese food

Banyak sekali khasiat Babom untuk kesehatan, diantaranya mengurangi resiko penyakit degeneratif seperti kanker dan menurunkan kadar kolesterol. Juga dapat menyembuhkan penyakit pencernaan, membunuh cacing di perut dan melancarkan buang air besar (BAB).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
VIDEO PILIHAN