Kesehatan

Bahaya Merokok dan Cara Mengatasinya

13 Agustus 2017   08:05 Diperbarui: 13 Agustus 2017   08:07 629 1 1

Bahaya merokok bagi kesehatan tubuh sudah tidak diragukan lagi. Para dokter pun juga telah bersepakat bahwa merokok tidak baik untuk kesehatan. Banyak penyakit yang bisa ditimbulkan dari aktivitas rokok ini. Para perokok bukannya tidak tidak sadar akan bahaya yang mengancam kesehatannya.Namun seiring kuatnya ketergantungan akan rokok, membuat mereka sulit untuk berhenti merokok.Sehingga bagi perokok harus benar-benar tahu dengan peringatan pemerintah tentang bahaya merokok yang ada di setiap bungkus rokok tersebut.

Untuk dapat mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif maupun aktif. Kita dituntut untuk memahami bahaya rokok bagi perokok pasif dan perokok aktif. Sehingga, bahaya tersebut dapat dihindari dan dapat meminimalisir kemungkinan terjerumusnya kita kedalam candu rokok.Banyak orang-orang yanag tidak bersalah yang menjadi korban perokok aktif hanya karena perokok-perokok aktif tersebut mencemarkan udara yang juga mereka hisap.Walaupun pemerintah mengeluarkan kebijakan dalam membatasi seseorang untuk merokok,membatasi peredaran rokok, menaikan harga cukai, hingga menutup pabrik rokok.

Cara mengatasi bahaya rokok bagi kesehatan, adapun bagaimana cara untuk bisa mengatasi kecanduan merokok adalah seperti berikut ini:

  • Tarbiyah ( pendidikan ) keimanan yang sungguh-sungguh untuk setiap individu masyarakat .
  • Adanya sikap dan teladan yang baik saat dirumah, disekolah maupun lingkungan lainnya.
  • Melarang aktifitas merokok kerja, stasiun,bandara, tempat makan, rumah sakit, halte dan tempat- tempat umum lainnya yang banyak dikunjungin orang-orang.
  • Menyebarkan fatwa oleh para ulama yang menjelaskan tentang haram aktifitas merokok.

Kesimpulan pembahasan

Dalam kesimpulan di atas dapat disimpulkan bahwa untuk mengetahui bahaya rokok bagi perokok pasif atau perokok aktif kita harus mengetahui bahaya rokokbagi perokok pasif dan perokok aktif.Mengetahui akan bahaya rokok bagi perokok akrif dan perokok pasif .Karena perokok pasif jauh lebih banyak menerima akibat yang lebih pahit daripada perokok aktif

Saranyang dapat saya sampaikan mengenai bahaya rokok bagi kesehatan yaitu:

  • Alangkah lebih baik apabila orang yang telah mengalami kecanduan merokok dengan tidak melakukan aktifitas merokok pada sekitar anak-anak, orang tua dan ibu yang sedang hamil supaya tidak akan mencemari udara dengan asap racun disekitar mereka.

 Alangkah lebih baik apabila orang yang telah mengalami kecanduan merokok agar bisa berusaha untuk melepas diri dari aktifitas rokok. Dan para orang tua di wajibkan untuk dapat lebih memperhatikan sikap dan tingkahlaku anak agar tidak terjerumus dengan hal aktifitas merokok dan memberikan anak-anak sebuah kegiatan yang pisitif agar terhindar dari bahaya