Mohon tunggu...
Rinabi Tanamal
Rinabi Tanamal Mohon Tunggu... Dosen - Sharing Ideas and experiences through writing...

Dosen Senior di Universitas Ciputra di School of Information Technology dan School of Entrepreneurship

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Memahami Enterprise Resource Planning

28 Juli 2021   08:21 Diperbarui: 28 Juli 2021   10:45 125 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Memahami Enterprise Resource Planning
Edukasi. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Enterprise Resource Planning (ERP) menurut James A. Hall (2011:31) adalah model dari sistem informasi yang memungkinkan perusahaan/organisasi untuk dapat mengintegrasikan setiap modul dan mengoptimalkan proses bisnis utamanya. Dalam penerapannya, ERP dapat memfasilitasi operasi perusahaan disetiap departemen. ERP dapat menanggani sumber daya bisnis perusahaan, dari  bahan jadi maupun bahan mentah untuk produksi dan mengatur jam bekerja staf sebagai sumber daya manusianya.

Dalam pembelajaran perkuliahan, ERP menjadi salah satu mata kuliah di Universitas Ciputra. Mata kuliah ERP didapat oleh mahasiswa program studi Sistem Informasi (Sumber) pada semester dua. Perkuliahan dalam satu semester dibagi menjadi 16 minggu, dari 16 minggu tersebut kita mempelajari mengenai konsep peggunaan sistem informasi yang terintegrasi dengan proses bisnis dan dasar-dasar penggenalan SAP (System Application and Product in Processing). Jadi dari 16 minggu tersebut dibagi menjadi delapan minggu untuk mempelajari proses bisnis yang terintegasi menggunakan tools pendukung dalam pembelajaran yaitu dengan software MonsoonSIM dan delapan minggu selanjutnya mempelajari dasar-dasar SAP.

Dalam 8 minggu pertama kita belajar menggenai pengenalan ERP pada SAP dan Menggunakan MonsoonSIM sebagai aplikasi simulasi untuk mengenal serta mempelajari konsep enterprise. MonsoonSIM ini merupakan tools pendukung yang digunakan untuk materi serta praktikum pada mata kuliah ERP. Dalam penggenalan ERP, kita belajar tentang sejarah berdirinya, manfaat, dan layanan yang disediakan oleh ERP service pada SAP. Nah! Sedangkan pada MonsoonSIM selain kita belajar, disini kita juga seperti bermain simulasi Game Business yang tentunya seru dan tidak membosankan dalam perkuliahan online ini. MonsoonSIM adalah sebuah game simulasi bisnis yang dimainkan oleh beberapa tim, dimana tim tersebut akan bersaing untuk menggelola perusahaan virtualnya. Kerjasama tim dan komunikasi yang baik menjadi kunci pada permainan ini.

Biasanya di kelas ERP, setiap tim beranggotakan 5-6 orang. MonsoonSIM ini adalah sebuah game simulasi, pastinya ada pemenang dalam permainan ini. Untuk memenangkan permainan, perusahaan virtual yang dijalankan oleh sebuah tim harus memiliki kinerja terbaik dibandingkan tim yang lain. Melalui permainan ini kita belajar untuk menggelola proses bisnis yang meliputi penjualan, pembelian, retail, E-commerce, B2B, operasional, keuangan, Human Resource dan Service, yang dikemas dalam 12 modul dalam permainan MonsoonSIM ini.

Selanjutnya, praktikum MonsoomSIM akan dilaksanakan disetiap pertemuan mingguan yaitu pada minggu keempat sampai minggu kedelapan selama perkuliahan. 12 modul yang disediakan di MonsoonSIM yaitu Finance, Purchasing, Retail, Marketing, Forecast, Warehouse & Logistic, B2B, Production, MRP, Maintenance, HR (Human Resource), dan Customer Service. Pada awalnya kita hanya belajar tiga modul terlebih dahulu, yaitu Finance, Procurement, dan Retail. Lalu diikuti dengan modul-modul berikutnya akan diajarkan bertahap disetiap pertemuan selanjutnya, sehingga kita dapat mempelajari dua belas modul yang disediakan oleh MonsoonSIM. Untuk menggetahui Monsoon selengkapnya bisa diakses di situs http://www.monsoonsim.com.

Pada delapan minggu selanjutnya, kita belajar mengenai dasar penerapan sistem SAP (System Application and Product in Processing) yang dapat mengintegrasikan semua aspek bisnis dari tahap procurement, sales order management, produksi, akuntansi dan manajemen sumber daya manusia. SAP adalah sebuah software yang berbasis ERP yang digunakan perusahaan dalam menjalankan managemen aktivitas harian. Tujuannya yaitu membuat aktivitas managemen dan pengelolahan informasi menjadi lebih mudah, efektif, dan efisien. SAP tercatat telah memegang peran mayoritas ERP application di Indonesia.

Dalam SAP kita juga dapat langsung menggunakan software yang telah disediakan. Awalnya kita belajar mengenai sejarah berdirinya Sap yang diawali pada tahun 1972, interface dari software SAP juga kita dapat pelajari langsung mulai dari fungsinya hingga cara penggunaannya, konsep SAP, dan masih banyak lainnya. Dalam SAP terdapat tujuh bab yang dipelajari disetiap minggunya. Tujuh bab tersebut meliputi penggenalan tentang SAP, Navigation, Systemwide Concepts, Logistics, Financials, Human Capital Management, dan mySAP Technology. Awalnya kita diberi username dan password untuk bisa mengakses software tersebut. Selanjutnya, untuk praktikum kita juga menggunakan software SAP dengan mendapat arahan langsung dari dosen pengampu. Jika kita tidak mengerti atau menemui masalah dalam penggunaan software tersebut, kita bisa langsung menanyakannya pada dosen pengampu tersebut.

Penjelasan diatas merupakan pengalaman perkuliahan pada mata kuliah Enterprise Resource Planning (ERP) di Universitas Ciputra selama satu semester ini. Yang diceritakan di atas mungkin hanya gambaran kecil pengalaman penulis selama perkuliahan, masih banyak cerita dan pengalaman yang tentunya berkesan dalam mata kuliah ini yang tidak disampaikan dalam tulisan diatas. Kesan selama perkuliahan pada mata kuliah ini sangatlah banyak, mulai dari pembelajaran yang tidak melulu soal teori, pembelajaran aktif di kelas, dan mengkoordinir tim selama permainan MonsoonSIM sangatlah berkesan dalam perkuliahan. Penulis bersyukur dapat menyelesaikan mata kuliah ini dengan baik, terima kasih kepada dosen dan asisten dosen yang telah membimbing dan membawakan materi pembelajaran yang menarik selama perkuliahan.

By: B.A

Edit: R.T

Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN