Mohon tunggu...
Rina Darma
Rina Darma Mohon Tunggu... Penulis - Ibu Rumah Tangga

Happy Gardening || Happy Reading || Happy Writing || Happy Knitting^^

Selanjutnya

Tutup

Lyfe

Menjadi Blogger Update Bersama XL 4G LTE

4 September 2017   02:06 Diperbarui: 4 September 2017   02:44 535
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Agustus lalu saya mengikuti program One Day One Post (ODOP) salah satu komunitas blog. Selama 30 hari kami menulis satu postingan setiap hari dan wajib menyetorkannya. Selain ide, agar ODOP berjalan lancar yang dibutuhkan tentu saja jaringan internet.

ODOP ini secara tidak langsung akan mengasah kemampuan menulis dan menggali ide. Butuh konsisten dan disiplin menulis sehingga terbentuk gaya menulis personal kita. Sebab, menulis di blog bukan melulu soal uang maupun hadiah menggiurkan bagi blog competition hunter seperti saya ini. Tapi bagaimana pesan kita sampai ke pembaca blog yang membutuhkan informasi dari kita.

Karenanya, ide yang bagus belum tentu menjadi tulisan yang menarik. Terkadang ide sepele tapi karena diramu secara ciamik lebih dicari. Tergantung kemasannya. Sama halnya ketika kita membeli snack, melihat kemasannya terlebih dahulu.

Selain kualitas konten dan penyajian, blogger yang update akan lebih disukai pembaca. Contohnya saya kalau searching artikel akan memilih tanggal ter-update di laman hasil pencarian. Artikel teranyar biasanya akan menyajikan tulisan yang lebih fresh dan sesuai dengan kondisi saat ini. Sebab, waktu terus berjalan artinya informasi terus berkembang. Jangan sampai kita ditertawakan karena bahan kita ada yang lebih baru.

Usai mengikuti ODOP, salahsatu yang saya pelajari adalah eksplore ide. Saya kerap kebingungan mau menulis apa sehingga harus publish di last minute. Update informasi menjadi kunci ketika saya buntu. Di bulan Agustus setidaknya ada dua moment yaitu Hari Kemerdekaan Republik Indonesia dan Hari Arofah (sehari jelang Hari Raya Idul Adha). Update berarti harus ditulis sekarang atau hanya akan menjadi cerita basi.

Dalam menulis kita butuh referensi. Sebab, pengetahuan kita yang masih dangkal dan untuk memperkuat konten. Kita juga membutuhkan grafis yang mendukung dari website orang lain. Beberapa kali saya mencoba membuat design melalui situs online. Saat-saat genting seperti ini agar tetap fokus dan proses membuat posting blog berjalan lancar adalah jaringan internet cepat dan stabil.

Untunglah, XL 4G LTE selalu menemani saya. Sehingga, meski kerap menjadi last minute personatau orang yang menulis mendekati deadline saya tak khawatir dengan internet lemot. Hasil tulisan saya masih dalam tenggat deadline.

XL 4G LTE Mendukung Update Blog

Setidaknya ada dua pilihan saya menggunakan layanan internet XL 4G LTE yaitu menggunakan mobile wifi (mifi) dan menggunakan paket data kartu seluler XL 4G di smartphone.

Dengan dukungan provider XL 4G LTE juga membantu saya update post dari atas kereta api lodaya. Melakukan perjalanan menggunakan kereta api biasanya harus membuat kita lebih bersahabat dengan sinyal. Namun, menggunakan XL saya tetap bisa menulis dan mem-publish-kannya dari atas kereta tanpa gangguan berarti.

screenshot-2017-09-03-05-33-31-59ac51354c4f9318567bb322.png
screenshot-2017-09-03-05-33-31-59ac51354c4f9318567bb322.png
Posting dari atas kereta Lodaya

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Lyfe Selengkapnya
Lihat Lyfe Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun