Mohon tunggu...
Rima HakimiahAhmad
Rima HakimiahAhmad Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Universitas Negeri Malang

Mahasiswa Prodi Pendidikan Matematika Jurusan Matematika Fakultas MIPA Universitas Negeri Malang

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Halma Mengajar: Sepenggal Kisah Semangat Belajar di Pelosok Negeri

7 Juni 2021   21:16 Diperbarui: 7 Juni 2021   23:26 113 2 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Halma Mengajar: Sepenggal Kisah Semangat Belajar di Pelosok Negeri
Foto: Dokumentasi Pribadi

Indonesia telah berkembang di segala bidang berkat program dan kebijakan yang telah dilakukan. Termasuk di bidang pendidikan yang telah amat berkembang dan maju dibandingkan zaman penjajahan dimana sebagian besar rakyat Indonesia sangat tertinggal dalam hal pendidikan. 

Hal ini dikarenakan hanya orang dari keluarga terhormat atau  memiliki kekayaan yang bisa bersekolah. Kondisi saat ini memang telah berubah jauh dari zaman penjajahan, yang mana semua orang memiliki kesempatan yang sama atas pendidikan. 

Kesadaran terhadap pentingnya pendidikan sudah mulai tumbuh dan semua orang tua yang bahkan tidak pernah bersekolah, berusaha untuk menyekolahkan anak-anaknya. 

Maka dari itu, mulai dibangun sekolah-sekolah dari berbagai jenjang untuk menyediakan tempat bagi anak-anak untuk menggali ilmunya. Namun, masih banyak sekolah yang fasilitasnya tidak memadai, bahkan tidak layak. 

Oleh karena demikian, kini banyak kegiatan dan program bakti sosial untuk memberikan bantuan berupa sarana atau membantu para guru untuk mengajar para murid.

Begitu juga dengan kegiatan "Bakti Sosial & Halma Mengajar" yang merupakan salah satu program kerja organisasi Halma UM (Himpunan Arek Lumajang - Universitas Negeri Malang). Program kerja ini pada intinya memiliki tujuan untuk memberikan bantuan kepada sekolah pelosok di Kabupaten Lumajang. Kegiatan ini merupakan program kerja tahunan Halma, sehingga kegiatan ini dilakukan setiap tahun begitu juga dengan tahun 2020. Namun sayang, kegiatan "Halmeng" harus diundur hingga tahun 2021 oleh karena pandemi Covid-19. 

Meskipun begitu, di tahun 2021 kegiatan "Halmeng" dapat terselenggara dengan baik. Program kerja "Bakti Sosial & Halma Mengajar" ini dipimpin oleh Muhammad Solihin Efendy sebagai ketua pelaksana, Nur Aeni Mujiati sebagai sekretaris pelaksana, dan Savilla Nadya Saharani sebagai bendahara. 

Kegiatan ini sebagian besar dibantu oleh mahasiswa Universitas Negeri Malang angkatan 2020 yang merupakan mahasiswa baru, kemudian didampingi oleh beberapa anggota dari angkatan 2018 dan 2019. Anggota Halma yang terpilih dalam proker ini terbagi dalam lima sie (sie acara, humas, perlengkapan, PDD, dan konsumsi) serta masing-masing diberikan jobdesc yang tentunya ditujukan untuk keberhasilan proker. 

Berbagai rapat dan persiapan dilakukan oleh masing-masing sie dan dilakukannya rapat besar dengan seluruh sie Halmeng untuk mengkoordinasikan jobdesc yang sudah dilakukan juga yang belum oleh masing-masing sie. Semua persiapan telah dilakukan dengan lancar tanpa ada hambatan dan seluruh panitia telah siap melaksanakan proker.

Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 13 Maret 2021 di SDI Miftahul Ulum Desa Sumber Kajar, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang. Karena butuh waktu sekitar 1-2 jam untuk sampai ke sekolah tersebut.  

Seluruh panitia berangkat dari Lumajang kota pada pukul 05.30 WIB. Selama perjalanan panitia amat bersemangat  juga deg-degan karena program kerja yang sekian lama dipersiapkan sudah ada di depan mata. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x