Mohon tunggu...
RILLO PAMBUDI
RILLO PAMBUDI Mohon Tunggu... Lainnya - Nrimo Ing Pandum

Nrimo Ing Pandum

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Pengalaman Mahasiswa Magang di Perusahaan Jasa Pengelolaan Gedung

20 Januari 2021   09:12 Diperbarui: 20 Januari 2021   14:48 106
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Pendidikan merupakan sarana dalam mendidik calon-calon professional yang akan bergerak di berbagai sektor kehidupan dan berperan penting dalam mempercepat tercapainya tujuan pembangunan nasional. Sebagai calon professional di masa mendatang, mahasiswa harus mempelajari berbagai ilmu pengetahuan dan teknologi baik yang bersifat teori maupun yang bersifat praktek lapangan.

Mata kuliah kerja praktek atau yang biasa disebut magang merupakan mata kuliah wajib bagi mahasiswa pendidikan sarjana strata 1 (S1) dalam memenuhi beban kuliah di Program Studi Administrasi Bisnis Kepelabuhanan Sekolah Tinggi Administrasi Dan Manajemen Kepelabuhanan (STIAMAK)  Barunawati Surabaya dan untuk memenuhi persyaratan dalam memperoleh gelar sarjana.

Kegiatan magang yang dilakukan oleh penulis di salah satu perusahaan swasta yakni PT.  "AB" yang dilaksanankan kurang lebih selama 3 bulan atau lebih tepatnya terhitug dari tanggal 19 Oktober sampai dengan 18 desember 2020. PT."AB" merupakan perusahaan yang bergerak di bidang jasa yaitu berfokus pada pengelolaan gedung yang meliputi kebersihan, maintenance, dan pengelolaan parkir di salah satu pusat perbelanjaan terbesar di Surabaya.

Pada kesempatan memperoleh ilmu yang di dapat dari kegiatan magang, penulis ditempatkan di bagian divisi keuangan, yang bertugas mencatat transaksi keuangan, menginput data ke program, dan melaksanakan penagihan service charge terhadap para pihak pengguna jasa atas pelayanan yang diberikan oleh perusahaan.

Kegiatan bisnis tentu tidak selamanya berjalan dengan baik, hal ini pun dialami oleh PT "AB" yang mengalami permasalahan dalam penagihan service charge atas pelayanan yang diberikan perusahaan kepada pengguna jasa. Banyak faktor yang menjadi penyebab permasalahan, salah satunya yaitu keadaan ekonomi yang buruk dari pihak pengguna jasa, namun dengan pengalaman yang panjang dan ilmu yang mumpuni dari seorang pemimpin di perusahaan, akhirnya permasalahan dapat teratasi dengan baik. 

Dengan mengeluarkannya kebijakan-kebijakan untuk mengatasi permasalahan Salah satunya yaitu memberi diskon dan tenggang waktu untuk pembayaran atas pelayanan yang diberikan, kedua yakni melakukan promosi untuk menarik lebih banyak pengunjung dengan mengandalkan media sosial yang saat ini perannya sangat penting bagi kegiatan bisnis. Oleh karena itu kebijakan bisnis sangatlah penting bagi perusahaan karena bisa dikatakan sebagai arah atau langkah dalam menentukan keberlangsungan suatu perusahaan.

Dalam hal ini penulis sangat berterimakasih kepada dosen pembimbing dan seluruh staff PT "AB" yang telah membimbing, mengarahkan, mengajarkan, ilmu-ilmu baik secara teknis dan non teknis, karena ilmu dan pengalaman yang di dapatkan penulis sangat berguna untuk dunia kerja yang sebenarnya.

Semoga tulisan ini bisa menjadi sesuatu yang positif baik dari penulis dan pembaca.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun