Mohon tunggu...
Rifatul Fauziyah
Rifatul Fauziyah Mohon Tunggu... 18130113

Tugas Demografi dan PSMP

Selanjutnya

Tutup

Bahasa

Penggunaan Metode Pembelajaran dengan Menggunakan Kearifan Lokal di Lamongan

30 Oktober 2020   02:09 Diperbarui: 30 Oktober 2020   02:17 51 2 0 Mohon Tunggu...

Lamongan - Melihat kondisi pandemi Covid-19 pada saat ini sangat berpengaruh dalam segay bidang termasuk perkembangan ekonomi bahkan dalam bidang pendidikan. Dalam bidang Ekonomi sangat berpengaruh dalam sektor pariwisata sedangkan dalam sektor pendidikan sangat mempengaruhi segala hal termasuk proses pembelajaran yang ada disekolah. Perubahan segala jenis pembelajaraan sangat mempengaruhi siswa dan nguru dalam kegiatan pembelajaran sehingga guru harus mempersiapkan media pembelajaran dengan baik dengan melihat kondisi siswa dan kondisi saat ini yaitu pandemi Covid-19.


Selama masa pandemi, kegiatan belajar mengajar dialihkan melalui penyelenggaraan Belajar Dari Rumah dalam bentuk pembelajaran jarak jauh (PJJ). Pembelajaran jarak jauh sangat diperlukan untuk mencapai tujuan-tujuan pendidikan yang telah direncanakan. Tak heran jika pemerintah memberlakukan pembelajaran jarak jauh untuk mencapai tujuan-tujuan pembelajaran.
Adanya pembelajaraan jarak jauh juga sebagai salah satu bentuk cara untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di tingkat pendidikan. Salah satunya untuk melindungi warga satuan pendidikan dari dampak Covid-19 dan mencegah penyebaran dan penularan Covid-19 di satuan pendidikan. Salah satu cara dalam penerapan pembelajaran jarak jauh yang bisa digunakan untuk meningkatkan hasil belajar adalah metode pembelajaran dengan menggunakan video Converse seperti Google Meet, Zoom.


Dalam pembelajaran saat ini, pembelajaraan secara online atau daring, sangatlah membutuhkan metode pembelajaran secara online. Akan tetapi pada metode pembelajaran yang di gunakan di salah satu sekolah di Lamongan yaitu dengan pembelajaran dengan berkunjung ke rumah guru dengan jam yang telah ditentukan agar menghindari kerumunan. Pembelajaran dilakukan secara bertahap, dan pembelajaran dilakukan dengan waktu pembelajaran dengan singkat tidak seperti pada jam sekolah semestinya.


Meskipun pembelajaran dilakukan secara bertahap dan singkat diharapkan siswa bisa menggunakan waktu tersebut untuk kegiatan belajar. Pembelajaran juga di lakukan dengan memanfaatkan kegiatan alam seperti ke tempat-tempat yang memiliki nilai sejarah di sekitar sekolah.

Pembelajaran dengan sekitar sekolah maksudnya ialah dengan menggunakan atau memanfaatkan kearifan lokal yang ada hal ini dilakukan agar mengembangkan pengetahuan siswa terkait hal-hal yang ada di sekeliling mereka termasuk kerajinan khas, makan khas bahkan wisata apa saja yang dikembangkan di sekeliling tempat tinggal mereka.

VIDEO PILIHAN