Mohon tunggu...
Sundari Farida
Sundari Farida Mohon Tunggu... pergi, mendatangi, dan melihat semua keindahan dengan cara sendiri adalah cara lain mensyukuri seluruh isi Bumi.

berpetualang adalah cara terbaik untuk mempelajari kebudayaan dan keberagaman kehidupan.

Selanjutnya

Tutup

Kuliner Pilihan

Surga Penikmat Kopi di Olehsari Banyuwangi

17 Maret 2020   16:04 Diperbarui: 17 Maret 2020   16:23 38 2 0 Mohon Tunggu...

Menikmati kopi di sebuah kedai kopi di Mall, Pusat District dan Perkotaan sudah menjadi hal yang biasa bagi pecinta kopi sejati. Ada beberapa tempat menarik untuk menikmati kopi dengan cara dan suasana yang berbeda di setiap kota, di Bandung bisa ditemukan tempat ngopi di perbukitan, hutan, dan rumah nuansa Baheula (Jadul). 

Tapi ada salah satu hal yang menarik di Kota Banyuwangi, Jawa Timur. Surga bagi para penikmat kopi, di salah satu Desa di Kecamatan Glagah Banyuwangi, yaitu Desa Olehsari, Pecinta Kopi bisa menikmati kopi dengan suasana Alam dan Desa yang sejuk dan menenangkan yang dektat dengan pesawahan.

dokpri
dokpri
 Desa Wisata Osing atau Using berada di Desa Kemiren, Kecamatan Glagah di Kabupaten Banyuwangi. Penduduk di desa ini merupakan kelompok masyarakat yang memiliki adat istiadat dan budaya khas sebagai satu suku, yang dikenal sebagai suku Osing. Ada salah satu desa yang juga menarik di Kecamatan Glagah, adalah Desa Olehsari yang lokasi nya tidak jauh dengan Kampung Adat Kemiren. Beberapa masyarakat lokal di Olehsari adalah petani kopi.

Tidak hanya kebudayaan nya yang menarik pengunjung atau wisatawan, ada beberapa kuliner di Olehsari yang wajib untuk dicoba saat berada disana seperti Nasi Cawuk, Nasi Tempong, Kesrut Ayam, Kopat Lodoh, Ketan Kirip, dan yang menjadi primadona adalah kopi khas Olehsari yaitu Kopi Robusta Osing dan Kopi Jaran Goyang Kemiren.

dokpri
dokpri
dokpri
dokpri
Wisatawan yang berkunjung ke Desa Adat Osing Banyuwangi juga diwajibkan untuk mengunjungi Desa Olehsari yang terkenal dengan seduhan kopi khas nya, ada beberapa kedai kopi atau cafe di Olehsari yang menarik karena lokasi nya berada di tepi pesawahan yang sejuk dan menambah suasana desa yang bersentuhan dengan alam dan beberapa cafe yang menampilkan Pentas Tari Seblang khas Olehsari, Kemiren Banyuwangi. Seperti GESAH Coffee & Culture, Pesantongan Kemangi, Authentic Cafe,  Omah Kelor Banyuwangi, Kedai Kopi Kemiren Jaran Goyang, Ijen Isun Village, Kafe Seblang, Nidom Coffee.

dokpri
dokpri
Lokasi kedai kopi yang tidak berjauhan memudahkan wisatawan untuk menemukan beberapa lokasi tempat ngopi di Olehsari yang memiliki ciri khas nya tersendiri, seperti bangunan kedai yang berbentuk rumah joglo, arsitektur kayu, dan kedai yang berada di pesawahan. 

Menjadi nilai tersendiri bagi kawasan Olehsari untuk para pecinta kopi. Beberapa lokasi kedai bisa dituju dengan petunjuk rute pada aplikasi maps yang ada diponsel, jika wisatawan baru pertama kali mengunjungi Olehsari.

dokpri
dokpri

dokpri
dokpri

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x