Rieska Utami
Rieska Utami Karyawan swasta

life is a journey filled with unexpected miracles

Selanjutnya

Tutup

Balap Pilihan

F1 GP Abu Dhabi, Seri Pamungkas di Tahun 2018

25 November 2018   23:16 Diperbarui: 25 November 2018   23:42 773 0 0
F1 GP Abu Dhabi, Seri Pamungkas di Tahun 2018
www.thenational.ae

Gelaran seri terakhir Formula 1 yang berlangsung di sirkuit Yas Marina Abu Dhabi (25/11/2018) ini berhasil dilahap manis oleh Lewis Hamilton. Hamilton yang menempati posisi start terdepan, langsung melaju mulus setelah start dimulai, disusul oleh Valteri Bottas, Sebastian vettel dan Kimi Raikkonen. Tidak ada insiden yang mengejutkan pada saat start. 

Kejutan muncul saat lap kedua ketika Romain Grosjean dan Nico Hulkenberg bersenggolan sehingga  mengakibatkan terbaliknya mobil Hulkenberg lalu kemudian menabrak pagar pembatas. 

Hal ini sontak membuat penonton dan tim Renault kaget dan cemas akan kondisi Hulkenberg. Namun, penonton merasa lega ketika melihat kondisi Hulkenberg yang tampak baik. 

Kecelakaan tersebut membuat hadirnya Safety Car hingga lap ke 5. Tidak ada pertarungan sengit antara pemimpin balapan, namun pertarungan sengit terjadi antara Verstappen dan Ocon yang pada seri balapan sebelumnya di GP Brazil hampir terlibat perkelahian, susul menyusul antara mereka  terjadi pada lap ke 5 sampai ke 7 hingga akhirnya Verstappen berhasil menyalip  Ocon. 

Pada lap ke 7, kembali terjadi kejutan, saat Kimi Raikkonen harus menghentikan balapan karena kerusakan mesin. Hal ini gagal membuat Kimi untuk  memberikan kado indah bagi Ferarri di musim terakhirnya bersama Ferrari.

Dalam sepuluh lap kedua terjadi salip menyalip posisi pimpinan balapan  karena para pembalap mulai bergantian masuk pit stop. Diawali oleh Hamilton pada lap 9 kemudian Vettel di lap 16, hingga Bottas dan Verstappen saling bergantian masuk pit hingga Ricciardo memimpin balapan sementara dan bertahan hingga lap 34 yang kemudian membuatnya turun ke posisi 6.

Pada lap 31 terjadi pertarungan sengit antara Stoffel Vandoorne, Ocon dan grosjean yang berebut posisi kesebelas. Hal ini membuat mereka saling bersenggolan yang kemudian mengakibatkan Ocon keluar dari lintasan dan mengambil jalan pintas hal ini membuatnya terkena 5 detik penalti.

Pada lap ke 37, bottas yang memimpin posisi dua, secara mengejutkan tersalip oleh Vettel dan Verstappen karena mobilnya yang tiba-tiba melambat. Kemudian saling susul menyusul dengan Ricciardo yang akhirnya bisa menyusul Bottas dan bertahan di posisi keempat hingga balapan berakhir.

Balapan berakhir pada lap ke 55 yang dimenangkan oleh Hamilton, disusul oleh Vettel diposisi dua dan Verstappen diposisi tiga. Hasil tersebut semakin mengokohkan posisi Lewis Hamilton dan Mercedes menjadi pemuncak klasemen di seri 2018 ini.  

Balapan seri terakhir pada tahun 2018 ini merupakan balapan terakhir Fernado Alonso yang memutuskan untuk pensiun setelah 17 tahun berkarir di formula 1.

Demikianlah, hasil balapan terakhir  gelaran seri formula 1 tahun 2018, semoga pada tahun 2019 nanti wajah baru dan formasi baru dari seluruh tim yang berpartisipasi dalam formula 1 akan menambah keseruan gelaran seri formula 1 tahun depan.

Sampai jumpa dalam balapan selanjutnya. Salam olahraga.