Mohon tunggu...
Ridho Pangestu
Ridho Pangestu Mohon Tunggu... Wiraswasta - 1900030250

Manusia kurang ilmu

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Sosmed!

22 April 2021   21:45 Diperbarui: 22 April 2021   22:01 151
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pada saat ini sudah sangat banyak sekali berbagai sosial media yang dapat kita gunakan. misalkan kita dapat meng-upload foto-foto kita di Instagram, meng-update status kita di Facebook, berbagi cuitan-cuitan di twitter, dan juga tempat saya membuat tulisan ini, yaitu kompasiana, juga termasuk dalam sosial media yang bersifat blog, serta masih banyak lagi jenis sosial media sesuai dengan kegunaan mereka masing-masing.

Awal saya menggunakan sosial media mungkin sekitar tahun 2010. Pada saat itu sosial media yang saya gunakan adalah Facebook, dimana pada saat itu memang facebook mulai banyak di gunakan oleh banyak orang terutama di Indonesia. Jujur saja, saya membuat akun Facebook saat itu hanya iseng atau ikut-ikutan yang lainnya. Kegunaan Facebook bagi saya saat itu mungkin hanya satu, yaitu bermain game – game yang ada di laman Facebook, karena memang pada saat itu saya masih berumur sekitar 10 tahun, jadi yang saya pikirkan mungkin hanya main dan main. Banyak game Facebook yang cukup nge-trend pada saat itu, misalnya seperti Ninja Saga, Wild Ones, Pet Society, dan masih banyak yang lainnya. Hingga sekarang pun saya masih menggunakan Facebook, saat ini saya lebih memanfaatkan Facebook untuk mengaitkan akun-akun game saya seperti pubg, mobile legend.

Nah, seiring saya bertumbuh besar hingga saat ini banyak sekali sosial media yang telah saya gunakan, misalnya seperti pengalaman saya saat menggunakan Facebook seperti yang sudah saya tulis diatas. Selain itu, saya juga menggunakan Twitter sejak SMP. Seperti Facebook, saya membuat akun Twitter pertamanya hanya ikut-ikutan trend saja. Keuntungan selama saya menggunakan Twitter itu saya mendapatkan suatu info/berita lebih cepat. misalnya saja banyak ada akun akun tentang sepak bola di Twitter, jadi saya dapat update tentang hasil pertandingan maupun transfer transfer pemain. Di Twitter juga kita dapat berinteraksi dan lebih update tentang idola – idola kita. Saat ini saya juga menggunakan Instagram. di Instagram kita dapat kita dapat berbagi kegiatan kegiatan kita ataupun hanya sekedar eksis dengan meng-upload foto – foto kita. Saya juga sangat sering menggunakan Youtube, di youtube saya belajar sangat banyak disana. 

Banyak sekali konten di Youtube, entah itu hiburan, musik, pembelajaran, dan masih banyak lagi. Dan ada juga beberapa sosial media yang pernah saya gunakan yang bersifat messenger, mulai dari BBM, Line, Whatsapp, Telegram, dll.

Memang banyak sekali keuntungan – keuntungan yang sudah saya rasakan selama saya menggunakan  sosial media. Saya bisa mencari info – info atau berita yang saya ingin cari, bertemu dengan orang – orang yang memiliki minat yang sama dengan saya, saya dapat memecahkan masalah saya jadi lebih mudah, saya juga dapat berinteraksi atau berkomunikasi kepada keluarga ataupun kerabat saya dengan lebih mudah dan cepat. sebenarnya masih sangat banyak keuntungan yang kita dapatkan selama menggunakan sosial media, namun sosial media juga dapat merugikan kita. Beberapa contoh  kerugian menggunakan sosial media adalah banyaknya orang – orang yang menggunakan sosial media untuk menyebarkan berita – berita hoax, mencemarkan nama baik orang lain, dan masih ada beberapa kerugian lain yang diakibatkan sosial media.

Jadi, pada intinya kita harus lebih bijak dan berhati – hati saat kita sedang menggunakan sosial media. Manfaatkanlah keuntungan – keuntunga yang bisa kita dapatkan dari sosial media. Sekian saja dari saya, Terima kasih…

Ridho pangestu

1900030250

Uad/fsbk/ilkom

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun