Bahasa

Tahukah Kamu Padanan Kata Camera Dalam Bahasa Indonesia?

11 Juli 2018   15:41 Diperbarui: 12 Juli 2018   10:45 143 0 1
Tahukah Kamu Padanan Kata Camera Dalam Bahasa Indonesia?
 Sumber: Frumorkamera.com

Bahasa berkembang terus sesuai dengan perkembangan pemikiran pemakai bahasa. Telah diketahui bahwa pemakaian bahasa diwujudkan di dalam bentuk kata-kata atau kalimat. Manusia lah yang menggunakan kata dan kalimat itu dan manusia pula yang menambah kosa kata yang sesuai dengan kebutuhannya. Karena pemikiran manusia berkembang, maka pemakaian kata dan kalimat berkembang pula. 

Telah dikemukakan bahwa bahasa berkembang sesuai dengan pemikiran pemakai bahasa. Karena manusia menggunakan kata-kata dan kalimat dan sejalan dengan itu kata dan kalimat berubah terus, maka dengan sendirinya maknanya pun berubah. Perubahan terjadi karena manusia sebagai pemakai bahasa menginginkannya. Pembicara membutuhkan kata, manusia membutuhkan kalimat untuk berkomunikasi.

Namun tahukah kamu bahwa dalam kosa kata yang sering kita ucapkan terdapat padanan-padanan yang tidak kita ketahui? Dalam keseharian, banyak kata-kata yang kita ucapkan namun tanpa sadar ternyata kata-kata itu berasal dari bahasa asing, misalnya seperti decor, gadget, laundry, dan lain-lain. 

Nah, di artikel ini akan dibahas salah satu kata yang tanpa kita ketahui ternyata memiliki padanan bahasa Indonesia, yaitu camera.

Kamera adalah alat yang dapat menghasilkan gambar negatif yang kemudian dapat dicetak, sehingga hasilnya dapat kita lihat. Kamera biasanya digunakan untuk mengabadikan peristiwa-peristiwa penting dalam kehidupan. Kata camera merupakan istilah asing yang lazim digunakan dalam bidang fotografi. Menurut Kamus Inggris-Indonesia, camera artinya kamera.

Kemudian, menurut Thesaurus Bahasa Indonesia edisi kedua, kata kamera bersinonim dengan alat potret, kodak (cak), tustel. Kata camera yang berarti kamera kemudian dipadankan dengan kata alat potret.

Untuk mendapatkan padanan kata itu, ada beberapa langkah yang harus lakukan. Langkah-langkah itu disebut sebagai Prosedur Pembentukan Istilah. Adapun langkah-langkah prosedur itu berisi:

1. Kata dalam bahasa Indonesia yang lazim dipakai
2. Kata dalam bahasa Indonesia yang sudah tidak lazim dipakai
3. Kata dalam bahasa serumpun yang lazim dipakai
4. Kata dalam bahasa serumpun yang sudah tidak lazim dipakai
5. Istilah dalam bahasa inggris
6. Istilah dalam bahasa asing
7. Pilihan yang terbaik antara prosedur 1-6.

Maka didasarkan dengan pedoman nomor 5 di atas, kata camera bisa dipadankan dengan alat potret. Nah, sekarang kita sudah tahu kan bahwa kata camera berpadanan dengan kata alat potret. Jadi apakah kalian akan tetap menggunakan kata camera atau alat potret?