Mohon tunggu...
RICKY SAFRIJAL
RICKY SAFRIJAL Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Jangan Pernah Menyerah

Selanjutnya

Tutup

Foodie Pilihan

7 Kuliner Khas Cirebon Jawa Barat Lengkap dengan Resep Membuatnya

22 Juni 2022   10:22 Diperbarui: 22 Juni 2022   10:47 104 3 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
dok. multimediawisata888-poster

7 Kuliner Khas Cirebon, Jawa Barat Lengkap Dengan Resep Membuatnya, Yuk Simak

Cirebon merupakan salah satu kabupaten yang berada pada wilayah Provinsi Jawa Barat dengan memiliki 40 kacamatan, 12 kelurahan dan 412 desa dengan jumlah kepadatan penduduk berkisar 2.099.089 jiwa pada tahun 2017. 

Kabupaten Cirebon memiliki julukan sebagai kota udang atau kota para wali yang memiliki motto yaitu "Rame ing gawe, suci ing pamrih" yang bermakna bekerja tanpa mengharap imbalan apapun. 

Pada sektor kulinernya Kabupaten Cirebon memiliki berbagai macam kuliner khas yang dimiliki. Berikut kami rangkum menjadi 7 kuliner khas Cirebon, Jawa Barat lengkap dengan rsep membuatnya sebagai berikut.

dok. ani102017-sega jamblang
dok. ani102017-sega jamblang
1. Kuliner Khas Sega Jamblang


Kuliner Khas Sega Jamblang merupakan makanan khas yang dimiliki oleh Kabupaten Cirebon. Nama jamblang merupakan suatu daerah yang berada pada wilayah Cirebon, biasanya jamblang berbahan dasar daun jati dengan berbagai macam isian makanannya. Berikut resep dan bahan-bahan dasar yang perlu anda persiapkan dalam membuat nasi jamblang khas Cirebon, Jawa Barat sebagai berikut.


Bahan-bahannya : 5 lembar daun jati yang bersih dan 1 piring nasi putih. Bahan lauk sate ususnya : 1/4 kg usus ayam, 1 bks bumbu penyedap, 1/2 garam, 1 lembar daun salam, 1 ruas lengkuas, sebungkus tusuk sate, minyak goreng dan air secukupnya. Bahan lauk tempe gorengnya : 1 papan tempe, tepung bumbu bakwan secukupnya, minyak goreng dan air secukupnya. Bahan lauk telur dadarnya : 1 butir telur, 1 buah cabe merah yang sudah diiris, daun bawang dan garam sekucupnya.


Bahan sambelnya : 5 buah cabe merah, 2 siung bawang merah, penyedapp rasa, gula, garam dan minyak goreng secukupnya. Cara membuatnya : siapkan daun jati yang sudah di cuci bersih dan tiriskan, ambilah sebungkus nasi dengan dilapisi daun jati sampai semuanya habis lalu sisihkan, bahan membuat sate ususnya : siapkan usus dan cuci samppai bersih lalu rebuslah sampai mendidih lalu tambahkan bumbu racik dan garam lalu aduklah sampai rata dan ungkeplah sampai meresap dan air menyusut.


Setelah itu siapkan tusuk sate dan ambil ususnya lalu tusuklah sampai semuanya habis dan gorenglah sejenak saja lalu angkat dan sisihkan.  Membuat tempe gorengnya : iris tipis tempe, siapkan tepung lalu berilah air secukupnya dan aduklah sampai membentuk adonan agak bahan lalu lumuri tempe tersebut dengan adonannya dan gorenglah sampai matang lalu angkat dan tiriskan. Membuat telur dadarnya : siapkan telur lalu masukan pada wadah, tambahkan daun bawang, irisan cabe dan garam lalu kocoklah sampe tercampur rata dan gorenglah sampai matang lalu tiriskan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Foodie Selengkapnya
Lihat Foodie Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan