Mohon tunggu...
Riap Windhu
Riap Windhu Mohon Tunggu... Perempuan yang suka membaca dan menulis

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Saat ini aktif di sebuah perusahaan asuransi jiwa. Dapat dihubungi di 081287749530. Email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan

Transfer Uang Lebaran Anti Ribet Buat Orang Tersayang, Pakai QRku BCA

22 Mei 2019   23:42 Diperbarui: 22 Mei 2019   23:48 0 4 2 Mohon Tunggu...
Transfer Uang Lebaran Anti Ribet Buat Orang Tersayang, Pakai QRku BCA
Untuk transfer uang lebaran buat orang tersayang, saat ini pilih yang anti ribet dengan QRku BCA Mobile (dok.windhu)

Nggak kerasa, lebaran sebentar lagi. Momen lebaran, selain ajang silahturahmi, tentu saja nggak akan jauh-jauh dari bagi-bagi tunjangan hari raya (THR). Kalau untuk yang masih bocah, mungkin cukup dengan memasukkan uang ke dalam amplop angpao gambar ketupat atau masjid yang banyak dijual saat ini. Nah kalau untuk yang sudah gedean, ataupun orang tua?

"Gampang, sekarang kan zamannya transfer. Ya, transfer aja," ucap Asih, adikku, yang dari kemarin sibuk ngobrolin uang THR yang sudah akan diterimanya pada minggu ini.

Ya, sesuai dengan peraturan pemerintah, THR memang paling lambat akan dibayarkan seminggu sebelum datangnya hari raya Idul Fitri. Gaji dan THR yang saat ini selalu ditransfer langsung ke rekening memang sudah ditunggu-tunggu. Untunglah non tunai, jadi lebih memudahkan jika memang diniatkan untuk ditransfer lagi

Beda dengan dulu, sempat mengalami dapat THR dalam bentuk tunai. Lantaran dulu juga masih sulit cari lokasi setor tunai dan belum tentu sempat ke bank, uang itu dengan hati-hati dibungkus dalam tas supaya aman. Apes, seorang saudara sempat  terkena todong di sebuah  stasiun kala itu. Uang pun melayang.

Ingat itu semua, saya pun segera mengiyakan saran untuk transfer. Oke, sambut saya. Kalau gitu, tinggal mengecek nomor rekening dari keluarga  yang ingin dikasih THR melalui transferan. Terutama yang lokasi tinggalnya tidak di Jakarta karena sepertinya, lebaran ini kami sekeluarga tidak bisa pulang.

Kalau bisa,THR melalui transferan untuk keluarga yang tersayang ini sebelum hari raya tiba. Mudah-mudahan bermanfaat untuk mempersiapkan keperluan menjelang lebaran.

Tapi tunggu dulu, sebelum transferan dikirim, jangan lupa kalau transfer butuh nomor rekening.  Ngomong soal nomor rekening, meski kelihatannya mudah, ternyata tidak juga. Terutama buat mereka yang tidak terbiasa mencatat nomor rekening bank miliknya.

Pilihlah kode QRku di aplikasi BCA Mobile untuk transfer dengan kode QR (dok.windhu)
Pilihlah kode QRku di aplikasi BCA Mobile untuk transfer dengan kode QR (dok.windhu)

Nomor rekening Bank, yang Kadang Lupa

Saya ingat, saat smartphone baru saja dihidupkan, sebuah pesan lewat aplikasi whatsapp masuk. "Mbak, mas, jangan lupa sekalian nomor rekeningnya, ya?" Itu yang tertulis. Waduh, nomor rekening (norek) ! Lupa.

Berapa ya, norek Bank BCA yang dipunya?  Mesti dicari dulu. Padahal, norek yang dibutuhkan pasti ditunggu. Akhirnya, sebuah pesan balasan pun dikirimkan,"Tunggu sebentar, ya." Transfer pun terjeda karena harus menunggu kiriman norek.

Pernah mengalami hal itu? Menghapal nomor rekening, jadi salah satu pe er tersendiri. Tidak jarang memang lupa atau tidak ingat nomor rekening yang dimiliki. Cara yang paling gampang untuk mengetahui nomor rekening, ya memang dengan langsung mencari buku tabungan.

Nah iya, kalau kebetulan buku tabungannnya  langsung ketemu. Kalau nggak? Urusan transfer mentransfer bisa lama. Soalnya, untuk bisa transaksi dengan menggunakan fasilitas bank, sebuah nomor rekening sangat perlu.

Maksudnya, tentu agar uang yang ada bisa berpindah dari rekening asal ke rekening tujuan melalui sistem transfer. Selain itu, nomor rekening bersifat pribadi. Penggunaan norek itu pastinya harus diketahui  si pemiliknya. Nah saya tahu, kakak saya tersayang,  juga termasuk yang belum tentu hapal  dengan noreknya sendiri. Pasti perlu sibuk cari-cari.

Jadi kalau lupa norek, gimana dong? Seandainya menghubungi pihak bank terkait pasti membutuhkan waktu dan mungkin saja akan menimbulkan keterlambatan pengiriman. Untungnya, sekarang ada cara transfer kekinian yang gampang banget, yakni dengan QR Code.

QR Code bisa disimpan dan dibagikan (dok,windhu)
QR Code bisa disimpan dan dibagikan (dok,windhu)

QRku, Solusi Mudah Transfer 

Bisa jadi, saat ini melalui QR atau Quick Respon (respon cepat), adalah cara yang paling jitu buat orang yang sering lupa nomor rekening. Juga buat orang yang setiap kali mau transfer selalu merasa kerepotan karena harus registrasi nomor rekening dulu yang akan diitransfer.

Jelas,  cara transfer yang baru ini nggak bikin ribet! Untuk QRku, tinggal save dan share kode QRku BCA Mobile yang dimiliki ke orang  yang ingin  mentransfer. Kode QR, sesuai dengan artinya memang mempercepat proses transfer secara efektif dan efisien hanya melalui scanning.

Intinya sih, untuk transfer nggak perlu bingung dengan kode yang bikin ribet. Nggak repot, ketika ada yang tanya nomor rekeningmu berapa?Semuanya dibikinsimpel saja. Nggak pakai pusing-pusing memikirkan norek, hahaha.

Ada QRku.  Sebagai info, dikutip dari Ir. Sere Saghranie Daulay, Msi , widyaiswara Pusdiklat  Industri, QR Code merupakan evolusi dari Barcode yang biasa dilihat pada sebuah produk. QR Code dibuat  tahun 1994 oleh Denso Wave, anak perusahaan Jepang di Toyota Group. Tujuan utama ode QR yaitu agar dapat dengan mudah dibaca oleh pemindai QR, yang disebut dengan QR Scanner sehingga dapat menyampaikan informasi dengan cepat dan mendapatan respon juga dengan cepat

Pilih sumber dana untuk mentransfer dengan QRku (dok.windhu)
Pilih sumber dana untuk mentransfer dengan QRku (dok.windhu)

Tinggal  Scan dan Transfer

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3