Riap Windhu
Riap Windhu Sales

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Saat ini aktif di sebuah perusahaan asuransi jiwa. Dapat dihubungi di 081287749530. Email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Kisahuntukramadan Pilihan

Simpelnya Belanja Kebutuhan Lebaran Pakai Non Tunai BCA

15 Mei 2019   23:58 Diperbarui: 16 Mei 2019   05:47 53 7 1
Simpelnya Belanja Kebutuhan Lebaran Pakai Non Tunai BCA
Menggunakan BCA Mobile adalah yang saya sukai untuk layanan non tunai, selain debit ATM, kartu flazz, dan Sakuku (dok.windhu)

"Sebentar, pesan kendaraan online dulu. Nanti  langsung ke Central Park dan Taman Anggrek. Siapa tahu ada baju buat lebaran yang bisa dibeli disitu," kata saya, saat jelang lebaran tahun lalu, menyebut dua pusat perbelanjaan yang tidak jauh dari rumah letaknya.

Ups, saldo pemesanan transportasi online saya habis. Saya segera membuka smartphone. Saya sentuh BCA Mobile yang selalu terinstal sejak diunduh dan didaftarkan ke kantor cabang BCA. Saya buka M-Banking, menginput 6 alphanum kode akses, lalu login

Setelah itu, membuka m-Transfer, saya pilih nomor virtual akun transportasi online itu. Gampang, sudah tersimpan dalam daftar transfer. Masukkan jumlah nominal dan langsung tekan tulisan oke. Yeay,  sesimpel itu saldo  pun berpindah ke jasa layanan online.  Siap belanja lebaran dimulai, kendaraan online sudah dipesan.   

Belanja yang Simpel

Saya tersenyum melihat binar mata keponakan . Dari sebuah pusat perbelanjaan, akhirnya ada yang berhasil dibeli olehnya. Nggak mudah mencari baju anak berukuran besar untuk tubuhnya yang memang gemuk. Syukurlah, ketemu dan untungnya, untuk belanja lebaran, kini tanpa repot-repot bawa uang banyak seperti dulu.

Soal pembayaran untuk baju dan sepatu baru, gampang sekali. Di dalam dompet yang tersimpan dalam tas, saya selalu menyimpan  kartu ATM BCA dan Flazz. Sementara di smartphone saya, selain ada BCA Mobile, juga terinstal aplikasi Sakuku.

"Pakai ATM bisa, mbak?" tanya saya. Kasir mengangguk . Dia menggesekkan kartu ATM dan menyodorkan mesin EDC ke hadapan saya, untuk meminta nomor PIN. Setelah memasukkan nomor PIN, pembayaran pun diterima. Hore, baju baru alhamdulillah sudah punya.

Setelah belanja baju lebaran,  tentu saja yang terpenting adalah tidak lupa untuk belanja bahan-bahan persiapan untuk lebaran. Saya dengan ibu biasa belanja di sebuah pusat perbelanjaan yang ada di lantai dasar  sebuah plaza, yang terletak juga dekat dengan rumah.

Namanya juga mau lebaran, segala hal yang terutama terkait dengan kebutuhan makanan dan minuman di hari raya nggak boleh ketinggalan. Semua sembako harus dibeli. Mulai dari beras, gula, telur, kecap, garam, minyak goreng, syrup, hingga kue-kue kaleng harus dibeli.

Saat berkunjung ke rumah saudara, ibu suka sekali membawakan oleh-oleh untuk tuan rumah yang dikunjungi. Kata ibu, bertamu sebaiknya tidak dengan tangan kosong.  Apalagi, di momen hari raya yang cuma ada setahun sekali untuk menjalin silahturahmi.

Baiklah, tidak apa. Toh sekarang, belanja dalam jumlah banyak, juga tidak perlu bawa uang banyak. Ada kartu debit BCA. Ada juga BCA Mobile yang sekarang sudah bisa untuk membayar hanya dengan scan QR code. Beres semuanya.

Eits, sampai di rumah ternyata masih ada satu atau dua belanjaan yang kurang. Kalau menjelang lebaran, belanja sembako di pusat perbelanjaan yang agak besar harus antri. Ah, belanja saja tambahan kue kaleng di convenience store yang ada di dekat rumah. Ada Flazz BCA yang saldonya maksimal Rp. 1 juta. Jika memungkinkan, tinggal pakai aplikasi SAKUKU. 

Gesek, Scan, dan Sentuh

Tiga kata, yakni Gesek, Scan, dan Sentuh, rasanya pas untuk menyampaikan kemudahan-kemudahan yang saya terima selama lebih dari 15 tahun menjadi nasabah  BCA, salah satu bank swasta ternama di Indomesia.

Perkembangan layanan yang diberikan membuat saya sebagai nasabahnya merasa sangat terbantu. Saat awal membuka tabungan tahapan BCA, saya hanya mengetahui adanya kartu debit ATM.

Selanjutnya, seiring dengan meningkatnya layanan yang lebih bersifat non tunai, saya pun mengikuti dan tidak ingin ketinggalan. Pembayaran-pembayaran non tunai lebih memudahkan karena saya nggak perlu bawa uang banyak .

Lagipula, saat ini segala jenis pembayaran, mulai dari upah, gaji, dan pembayaran lainnya langsung ditransfer masuk ke rekening bank yang dimiliki. Jadi, pilihan non tunai sangat membantu. Terutama, jika ada pembayaran yang  jumlahnya tidak bulat, saya nggak perlu repot atau kecewa jika dikembalikan dengan sebutir permen.

 Maklum kalau belanja di pusat perbelanjaan ataupun di convenience store, ada saja barang-barang kebutuhan sehari-hari maupun kebutuhan lebaran yang jumlahnya tidak bulat. Misalnya yang harus dibayar Rp. 357.175.

Wuah, kalau uang tunai untuk membayar nominal Rp.175 akan susah mencarinya. Dengan memakai non tunai, saya nggak perlu bingung untuk melakukan pembayaran dan memikirkan kembalian.   

Begitupun saat saya tertarik untuk melakukan pembelian barang secara online di sebuah market place. Kebetulan, lebaran tahun lalu keponakan yang masih duduk di taman kanak-kanak meminta hadiah mainan Tobot, seperti di film kartun yang biasa ditontonnya, karena sudah mulai puasa.   

Tinggal pilih mainan yang hendak dibeli. Ada pilihan sistem pembayaran. Biasanya, saya menggunakan m-banking ataupun nomor vitual market place tersebut. Terkadang ada yang meminta untuk menyertakan nomor unik saat pembayaran. Untuk yang satu itu akan jauh lebih mudah jika dilakukan dengan non tunai.

Dengan Mobile BCA, belanja semakin mudah (gambar: www.bca.co.id)
Dengan Mobile BCA, belanja semakin mudah (gambar: www.bca.co.id)

 Berbagai Layanan Non Tunai BCA

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3