Riap Windhu
Riap Windhu Sales

senang membaca dan menulis, cinta bersepeda, suka pada tema lingkungan. Menggemari dunia pemberdayaan masyarakat. Saat ini aktif di sebuah perusahaan asuransi jiwa. Dapat dihubungi di 081287749530. Email: rwindhu@gmail.com. Instagram : riapwindhu dan twitter @riapwindhu. Bisa juga di www.rindhuhati.com

Selanjutnya

Tutup

Gaya Hidup

Pantang Menyerah dan Inovasi, Kunci Sukses Mewujudkan Mimpi

14 Desember 2017   23:59 Diperbarui: 15 Desember 2017   05:29 802 2 1
Pantang Menyerah dan Inovasi, Kunci Sukses Mewujudkan Mimpi
Founder Kata.ai Irzan Raditya; Father of G-SHOCK Kikuo Ibe; Co-Founder Gerakan #KejarMimpi Maudy Ayunda dan Founder serta CEO Bahaso.com Tyovan Ari berpose bersama pada saat bincang media G-SHOCK: Innovate, Level Up Your Life! di Jakarta (dok.casio)


Pantang Menyerah dan inovasi. Dua semangat  ini selalu ditemukan pada orang-orang yang sukses menggapai mimpi dan mewujudkan apa yang dicita-citakan. Tidak pernah keluar kata untuk berhenti, meskipun banyak orang menganggap yang dilakukan adalah suatu hal yang terkesan mengada-ada dan tidak masuk akal.

Banyak orang yang telah membuktikannya. Sebut saja dua bersaudara  kakak beradik, Orville Wright dan Wilbur Wright. Dua lelaki ini sempat diremehkan saat melakukan uji coba pesawat terbang. Apalagi, keduanya tidaklah memiliki ijazah sekolah menengah.

Namun, sikap tak mau menyerah telah mengantarkan keduanya berhasil menerbangkan pesawat berawak untuk pertama kalinya. Mereka menjadi pionir dunia penerbangan. Saat ini, dengan mudah setiap orang dapat menggunakan pesawat terbang untuk pergi ke suatu wilayah maupun tempat.

Wright bersaudara, sukses menjadi pionir pesawat terbang walaupun pernah diremehkan (dok.liputan6.com)
Wright bersaudara, sukses menjadi pionir pesawat terbang walaupun pernah diremehkan (dok.liputan6.com)

Hal yang sama ditunjukkan oleh penemu Thomas Alva Edison. Lelaki yang dulunya dianggap  bodoh saat bersekolah, ternyata mampu menemukan lampu, yang kini menjadi kebutuhan semua orang di dunia.

Edison pernah mengatakan, banyak kegagalan yang bisa dijumpai dalam hidup. Sayangnya, banyak yang tidak menyadari betapa dekatnya seseorang dengan keberhasilan, saat seseorang memutuskan untuk menyerah.

Sikap pantang menyerah pun ditunjukkan oleh Kikuo Ibe, lelaki asal Jepang, pencetus inovasi jam tangan G-SHOCK. Keinginan untuk memliki sebuah jam tangan yang tangguh telah mengantarkan lelaki ini untuk melakukan inovasi. Pantang menyerah ditunjukkannya untuk mewujudkan sebuah jam penunjuk waktu yang kuat dan tahan lama.

Kikuo Ibe, tak menyerah bereksperimen hingga prototipe ke-200. Akhirnya mampu menciptakan jam tangan yang kuat dan tahan banting (dok. windhu)
Kikuo Ibe, tak menyerah bereksperimen hingga prototipe ke-200. Akhirnya mampu menciptakan jam tangan yang kuat dan tahan banting (dok. windhu)

Ibe, dalam kegiatan di Decanter Wine and Food Plaza Kuningan, 7 Desember 2017 mengatakan, semuanya berawal dari kenangan sebuah jam tangan hadiah pemberian ayah Ibe.Hati Kikuo Ibe begitu sedih ketika jam tangan yang diperolehnya itu jatuh dan hancur menjadi pecah berkeping-keping. Semua ini membuat Ibe berpikir untuk membuat sebuah  jam tangan yang tak mudah hancur. Tahan  banting.

Namun ternyata, untuk mewujudkannya bukanlah hal yang mudah. Suatu ketika, akhinya ibe berhasil menemukan lima tahapan struktur tahan banting. Dalam penemuan itu, bisa diciptakan sebuah jam dengan bagian luar jam yang tahan banting. Hanya saja, masih ada beberapa bagian lain pada jam yang mengalami kerusakan.

Sejumlah percobaan untuk menciptakan jam yang kuat pun dilakukan Ibe. Sempat merasa tak berdaya saat yang dilakukannya tak kunjung berhasil. Ibe dalam bahasa Indonesia terbata-bata mengatakan, kepalanya pernah seperti ingin meletus.

Tahun 1983, merupakan awal diluncurkannya generasi pertama G-SHOCK, di Amerika Serikat (dok.windhu)
Tahun 1983, merupakan awal diluncurkannya generasi pertama G-SHOCK, di Amerika Serikat (dok.windhu)

Ibe pun sejenak ke sebuah taman. Disana, Ibe terinspirasi oleh seorang anak perempuan yang sedang bermain bola yang memantul.  Ide itu kemudian diujicobakan Ibe dalam struktur jam yang dibuatnya.

Hingga akhirnya setelah bereksperimen dua tahun penuh dan melakukan uji coba pada 200 prototipe, Ibe berhasil mewujudkan sebuah jam seperti yang  diinginkannya. Untuk pertama kalinya, G-SHOCK berhasil diluncurkan setelah menjalani proses konsep dan pemnciptaan pada tahun 1081-1983. 

Kikuo Ibe kemudian dikenal sebagai Father of G-SHOCK. Bapaknya G-SHOCK ini berhasil mengeluarkan inovasi desain hollow case. Tekadnya untuk menghasilkan jam tangan G-SHOCK yang memiliki ketangguhan tercapai.

Jam tangan G-SHOCK dari tahun ke tahun (dok.windhu)
Jam tangan G-SHOCK dari tahun ke tahun (dok.windhu)

Salah satunya karena jam memiliki bantalan pengaman sebagai pelindung menyeluruh. Sebuah struktur bingkai jam tangan berongga untuk menopang modul inti pada titik-titik tertentu . Nama G-SHOCK diciptakan dari konsep pengembangan jam tangan yang tahan terhadap guncangan kuat yang disebabkan oleh gravitasi (jatuh bebas).

Jam tangan G-Shock yang dipasarkan di di Amerika Serikat langsung mencuri perhatian warga Amerika. Jam tangan tangguh dan tahan banting produksi Jepang ini, mulanya justru lebih dikenal di negara paman sam itu ketimbang Jepang.

Kenapa?  Karena kuran jam tangan yang besar dan kokoh cocok dengan pergelangan tangan banyak pria Amerika. Terutama pada penggemar kegiatan luar ruangan, dan petugas pemadam kebakaran serta petugas polisi.

Jam tangan G-SHOCK semakin bertambah tahun selalu memunculkan inovasi baru. (dok. windhu)
Jam tangan G-SHOCK semakin bertambah tahun selalu memunculkan inovasi baru. (dok. windhu)

Bukan Sekedar Penunjuk Waktu

Bagi banyak orang, terutama generasi masa kini, jam tangan bukan lagi hanya sekedar penunjuk waktu. Meskipun saat ini memasuki era smartphone yang dilengkapi dengan penunjuk waktu, keinginan orang untuk memiliki sebuah jam tangan tidak pernah pudar.

Jam tangan sudah menjadi bagian mode. Ragamnya pun mulai bermunculan mulai dari yang stainless stell hingga yang sporty. Jam tangan yang melingkar di tangan membuat seseorang lebih elegan. Lebih tampak gaya.Banyak yang menyelaraskan jam yang digunakan dengan pakaian yang sedang dikenakan. 

Buat para professional, ada kebanggaan tersendiri memiliki dan menggunakan jam tangan untuk menunjang kegiatan. Jam tangan membuat gengsi orang meningkat saat orang lain tahu jam yang digunakan memiliki kualitas yang tidak biasa.

Bahkan mampu menaikkan gengsi dan membuat seseorang tampak berkelas ketika jam tangan yang digunakan memiliki harga di atas rata-rata kebanyakan. Harga jam atas merek tertentu tidak lagi menjadi soal. Banyak orang yang tetap menginginkan dan bermimpi memiliki jam yang sudah terkenal dan bermerek tertentu.

Menggunakan jam tangan saat ini bukan sekedar penunjuk waktu. Ada unsur mode dan prestise saat menggunakan jam dengan merek tertentu (dok.windhu)
Menggunakan jam tangan saat ini bukan sekedar penunjuk waktu. Ada unsur mode dan prestise saat menggunakan jam dengan merek tertentu (dok.windhu)

G-SHOCK sebagai salah satu merek jam tangan terkenal di dunia, sukses menempatkan posisinya tak hanya sebagai jam yang memiliki ketangguhan luar biasa. Menyebut nama G-SHOCK, orang langsung  teringat pada merek yang memiliki ketangguhan itu. Ada rasa bangga dan gengsi jika menggunakan G-SHOCK.

Saat kedatangan Kikuo Ibe di Jakarta, pengunjung dibuat terkesima dengan daya tahan jam G-HOCK. Sebbuah lomba untuk memasukkan jam tangan G-SHOCK dengan cara dilempar agar bsa masuk ke dalam lubang, telah menunjukkan daya tahan yang dimiiliki G-SHOCK

Meskipun dijatuhkan berkali-kali dari ketinggian yang berbeda sesuai dengan tinggi orang yang melemparnya,vjam tangan G-SHOCk tidak luka atau lecet sedikitpun. Ketangguhan jam tangan G-SHOCk telah terbukti.

Saat diperkenalkan kepada publik Amerika Serikat pada tahun 1984, banyak orang bertanya-tanya kebenaran jam tangan ini sekuat yang ditunjukkan dalam iklan G-SHOCK.

G-SHOCK dikenal sebagai jam yang tangguh dan tahan banting. Seringkali digunakan para traveler (dok. windhu)
G-SHOCK dikenal sebagai jam yang tangguh dan tahan banting. Seringkali digunakan para traveler (dok. windhu)

Sebuah iklan G-SHOCK di Amerika Serikat menampilkan seorang pemain hoki es memukul G-SHOCK DW-5200 sebagai ganti karet hoki (puck). Keraguan ikemampuan sirna karena G-SHOCK memang mampu kuat.

Memiliki ketangguhan tidak mudah pecah, meskipun dilindas mobil dengan beban berat.Akurasi waktu jam G-SOCK tetap terjaga. G-SHOCK menjadi populer sebagai jam tahan guncangan dan tahan banting.

Sentuh Angka 35 Tahun

Penggunaan grafik kristal cair yang inovatif untuk DW-5900 yang diluncurkan pada tahun 1990, membuat jam tangan G-SHOCK populer di antara para pemain skateboard di Pantai Barat Amerika Serikat.

G-SHOCK baru dikenal di negara penciptanya pada tahun 1990-an. Saat itu, mode jalanan Amerika yang terbaru mulai ditampilkan di majalah-majalah Jepang, sehingga mode yang sama menjadi populer di Jepang.

Jam G-SHOCK terkini seharga Rp.2 jutaan. Ada bluetooth dan penyelaras waktu setempat (dok.windhu)
Jam G-SHOCK terkini seharga Rp.2 jutaan. Ada bluetooth dan penyelaras waktu setempat (dok.windhu)

G-SHOCK mulai muncul di toko-toko pakaian di Jepang sebagai aksesori mode impor dan perlahan-lahan menjadi populer di antara para kaum muda Jepang yang selalu mengikuti tren mode terbaru. Popularitasnya bertumbuh saat beberapa musisi dan tokoh pahlawan film aksi terkenal mulai memakai G-SHOCK.

Tahun 1997, sebanyak 2,4 juta jam tangan G-SHOCK dikirim ke Jepang dan sebanyak 6 juta unit terjual di belahan dunia lainnya. G-SHOCK telah berkembang menjadi sebuah merek yang merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari budaya kaum muda.

G-SHOCK tumbuh menjadi merek yang dicintai oleh kaum muda dan dewasa. Sungguh tak mengherankan jika G-SHOCK mampu menyentuh usia 35 tahun usia inovasi pada tahun 2018 nanti.

Inovasi berkelanjutan masa kini terus dilakukan. Menentang pola pikir konvensional mengenai jam. Mei 2017, Casio merilis GPW-2000 yang menampilkan modul Connected Engine 3-Way. Modul ini menerima sinyal kalibrasi waktu dari gelombang radio dan juga satelit GPS sambil terhubung dengan penyedia layanan waktu (time server) dengan cara penyelarasan (pairing) dengan smartphone.

Secara otomatis, hal ini mampu memperbarui data internal pada jam tangan mengenai zona waktu dan daylight savings time (DST) dari sebuah smartphone, sehingga data tersebut senantiasa diperbaru. lebih dari 1.000 lokasi toko khusus jam tangan Casio di seluruh dunia yang menjual G-SHOCK.

Model yang menarik dan fungsi jam selalu ditingkatkan. Baby G menjadi bagian G-SHOCK yang lebih cocok digunakan cewek, seperti saya heheh (dok. windhu)
Model yang menarik dan fungsi jam selalu ditingkatkan. Baby G menjadi bagian G-SHOCK yang lebih cocok digunakan cewek, seperti saya heheh (dok. windhu)

TigaInovator Muda Indonesia

Inspirasi inovasi dan pantang menyerah juga hadirdari tiga anak muda Indonesia, yakni Co Founder Kata.ai Irzan Raditya, Founder Bahaso.com Tyovan Ari Widagdo, dan artis muda berbakat sekaligus Co Founder #KejarMimpi Maudy Ayunda.

Irsan mengembangkan Kata.ai,sebuahplatform chatbot pertama di Indonesia dengan memanfaatkan teknologi Artificial Intelligence (AI), yang dapat digunakan oleh merek dan/atau korporat mana saja untuk aktif berinteraksi dengan pelanggan mereka.

Teknologi ini dapat memahami berbagai istilah dan jargon yang biasa digunakan orang-orang Indonesia ketika berkomunikasi lewat pesan singkat online. Irfan melihat masyarakat modern di Indonesia sudah terlalu sibuk untuk dapat mengatur semuanya sendiri.

Sikap pantang menyerah menjadikan mereka bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda (dok.windhu)
Sikap pantang menyerah menjadikan mereka bisa menjadi inspirasi bagi kaum muda (dok.windhu)

Irzan Radityabersama teman-temannya kemjdian menghasilkan inovasi unik Natural Language Processing yang berfungsi menyelaraskan bahasa komputer dengan linguistik manusia. Chatbot dapat berfungsi sebagai asisten pribadi.

Founder Bahaso.com Tyovan Ari Widagdo mengembangkan platform Bahaso.com adalah platform online untuk belajar bahasa asing. Tidak seperti platform serupa lainnya, Bahaso menawarkan kelas tatap muka dengan sertifikat resmi dari  2 Universitas Indonesia.

Tyovan bercerita, selalu ada jalan atas kesulitan yang dihadapi bila dicari. Tyovan dulunya tak mempunyai komputer untuk belajar. Dia merelakan diri untuk berjam-jam menghabiskan waktu di internet hingga mencari siasat agar bisa menggunakan komputer di laboratorium komputer hingga di unit kegiatan mahasiswa. Tidak ada kata pantang menyerah, yang ada terus melangkah berinovasi mengejar  mimpi.

Maudy Ayunda, mengajak orang muda untuk tidak takut bermimpi melalui #KejarMimpi (dok.casio)
Maudy Ayunda, mengajak orang muda untuk tidak takut bermimpi melalui #KejarMimpi (dok.casio)

Begitupun halnya dengan Maudy Ayunda yang memprakarsai gerakan sosial  #KejarMimpi . Perempuan ini percaya pada kekuatan mimpi namun prihatin dengan kenyataan bahwa tidak banyak anak muda Indonesia yang tahu apa impian mereka.

#KejarMimpi menjalankan aktivitas online dan offline, untuk memotivasi generasi muda Indonesia untuk mencari mimpinya dan mewujudkannya. Mengajak kaum muda untuk bertemu dengan tokoh inspiratif seperti Kikuo Ibe.

Belajar dari para tokoh seperti Ibe, yang telah menjalankan inovasi dan terbukti pantang menyerah, selalu bermanfaat. Ide dapat ditemukan ditemukan dimana saja. Ketika ide sudah ada, mulailah direalisasikan.

Lakukanlah eksperimen agar bisa mewujudkan ide. Jangan menyerah bila berkali-kali uji coba yang dilakukan gagal. Tetap bersemangat meskipun banyak yang meremehkan dan tidak percaya dengan yang dilakukan.

Teruslah bekerja keras hingga akhirnya bisa mewujudkan yang diimpikan dan dicita-citakan. Semuanya membutuhkan proses. Tidak perlu ragu. Pantang menyerah dan selalu berinovasi itu kunci sukses!