Mohon tunggu...
YUSRIANA SIREGAR PAHU
YUSRIANA SIREGAR PAHU Mohon Tunggu... Guru - GURU BAHASA INDONESIA DI MTSN KOTA PADANG PANJANG

Nama : Yusriana, S.Pd, Lahir: Sontang Lama, Pasaman. pada Minggu, 25 Mei 1975, beragama Islam. S1-FKIP UMSB. Hobi: Menulis, membaca, menyanyi, baca puisi, dan memasak.Kategori tulisan paling disukai artikel edukasi, cerpen, puisi, dan Topik Pilihan Kompasiana.

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Harus Berapa Lagi Korban Hino Blong Rem, Sudahkah Kendaraan itu Uji KIR?

29 Januari 2023   08:40 Diperbarui: 29 Januari 2023   08:42 476
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Kembali Jalan Lintas Sumatera  rute Padang- Bukittinggi menelan korban jiwa. Tak tanggung-tanggung, akibat kecelakaan beruntun ini, 3 orang warga setempat yang kebetulan melintas dari arah berlawanan pulang dari pasar Padang Panjang, tewas di lokasi kejadian.

Dua di antara korban tewas adalah orang tua dari murid saya. Ayah dan Ibunya berbonceng motor kembali dari pasar untuk membeli pabukoan ( makanan untuk berbuka puasa) anaknya, puasa sunat Kamis, 26/1/2023.

Sedangkan 9 orang korban lainnya dan satu tewas dan 8 mengalami luka-luka pun langsung dilarikan ke RSUD dan Yarsi Kota Padang Panjang.

Seperti peristiwa-peristiwa sebelunya, diduga truck mengalami rem blong akibat over berat muatan. Satu unit Truck Hino bermuatan penuh pakan ternak. Truck itu menghantam 5 unit mobil dan 3 unit sepeda motor . 

Lagi kejadian ini terjadi di jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi, di Jorong Pasar Raba'a Nagari Panyalaian, Kecamatan X Koto Kabupaten Tanah Datar, sore hari.

Iptu. Aldy Lazuardy, S.T.K, S. IK mengatakan, Kendaraan Truk Hino bermuatan pakan ayam Nopol BA 8753 IU, datang dari arah Bukittinggi menuju Padang Panjang, di tempat kejadian tepatnya, di jalan penurunan tajam Pasar Raba'a truck mengalami rem tak berfungsi (rem blong).

Truck mulai menabrak kendaraan di depannya satu per satu. Pertama truck menabrak Sepeda Motor Honda Vario nopol BA 4312 BA. Setelah menabrak sepeda motor Vario yang berada di depannya itu, Truk Hino kembali menabrak Mobil Honda CRV Nopol AD 7266 VA yang berada di depannya.

Belum berhenti, dan truck menabrak satu unit sepeda motor Mio J nopol BA 5087 NB dan mobil Kijang bernopol BA 1985 NM. Barulah truck rebah kuda ke kanan hingga mengenai pula pengendara di jalur kanan.

Lanjut Aldy, truk Hino itu menabrak sepeda Motor Satri FU Nopol BA 4462 EW, Mobil Mitsubishi Pick Up L300 bernopol BA 9634 AE, Toyota Fortuner Nopol B 1469 PJG dan mobil Suzuki Baleno BA 1185 LA di lajur kanan sebelum rebah kuda.

Portalberita editor.com
Portalberita editor.com

Proses evakuasi dan mengurai kemacetan di lokasi kejadian pun berurai air mata kala menyaksikan para korban dengan kondisi tak layak. Hingga malam hari, personil Satlantas Padang Panjang dibantu oleh BPBD Padang Panjang dan warga sekitar masih berjibaku.

Mereka melakukan evakuasi terhadap seluruh korban dan kendaraan yang terlibat Kecelakaan beruntun tersebut. Dalam kejadian itu, tiga orang dilaporkan

 tewas dan selebihnya luka-luka berat. Kejadian seperti di atas, selalu terjadi di jalur padat ini. Diduga putus rem juga, sebuah truk hino terbalik di Jalan Raya Padang-Bukittinggi. Tepatnya, masih di turunan Pasa Rabaa, Nagari Panyalaian, Tanah Datar itu juga pada Jumat (19/1) pukul 06.00 WIB.

Truk dengan nomor polisi BK 9652 CN yang dikemudikan Suhardi dengan stokarnya Muhammad Habib datang dari Bukittinggi menuju Padang. Saat sampai di penurunan Pesantren Darul Muwahidin, rem kendaraan blong.

Sang sopir tak mampu mengendalikan kendaraannya lagi, truk pun menabrak pagar rumah milik Fahmi Yunus dan truck masuk ke rumah milik Syafni. Untung tidak ada korban jiwa dalam kecelakaan itu. Hanya saja truck hino dan rumah yang ditabrak rusak parah.

Begitu pula kecelakaan yang terjadi di Jalan Raya Padang Panjang-Bukittinggi, di Simpang MTSN Padang Panjang tempat saya mengajar, pada Selasa sekitar pukul 23.01 WIB, Selasa 25 Oktober 2022 merupakan kecelakaan tunggal.

Kecelakaan terjadi masih diduga karena truck mengalami rem blong dari arah Pasa Rabaa, Panyalaian hingga menabrak dan masuk rumah warga. Sebelumnya menabrak mobil yang sedang parkir di samping rumah itu.

Putri yang punya rumah terpaksa dilarikan ke rumah sakit karena luka-luka terkena material rumah yang runtuh. Demikian selalu di jalur ini, sekali seminggu atau satu kali sebulan ada truck blong rem atau rem tak berfungsi. Dugaan selalu karena over muatan.

Mengapa rem truck bisa blong?

Kepala Hino Total Support Customer Center (HTSCC) Epen Supendi, memberikan penjelasan bahwa faktor-faktor yang menyebabkan truk rem blong.

Pertama, Kesalahan Pengemudi

Pengemudi truk harus faham pentingnya melakukan pemeriksaan rem harian, baik sebelum atau sesudah kendaraan dioperasikan, khususnya pada bagian sistem pengereman. Kadang sopir tak memperhatikan ini.

Pengetahuan pengemudi dalam membedakan jenis-jenis sistem rem sangat penting. Termasuk prosedur pengunaan rem.  Tak memiliki pengetahuan cukup, bisa menjadi salah satu faktor kenapa rem truk mengalami rem blong.

Ada aspek knowledge, skill, dan attitude yang diabaikan pengemudi makanya rem blong. Inilah kadang kelemahan pengemudi pemula belum profesional.

Kedua, Kondisi Kendaraan

Truk sangat mudah terkena potensi penyakit rem blong jika pemilik truck mengabaikan perawatan kendaraan. Misalnya, perawatan truck, periodical maupun harian tidak pernah dilakukan, dan tak melakukan pengujian berkala di dinas terkait.

Ketiga, Faktor Lingkungan atau Kondisi Jalan

Faktor selanjutnya adalah lingkungan atau kondisi jalan yang dilalui. Kondisi jalan rusak misalnya dan jalanan yang menurun tajam seperti kondisi jalan raya Padang-Bukittingi.

Sepanjang jalur itu yang harus dilalui tanjakan dan penurunan yang tajam serta ekstrem. Kindisi itu paling potensial bisa menjadi penyebab rem truck mengalami blong. Rem terpaksa bekerja lebih keras, sehingga fungsinya menurun.

Selain itu genangan air atau aquaplanning, serta adanya material minyak tumpah di jalan juga sangat berpotensi menurunkan kualitas pengereman pada kendaraan, khususnya di truck berbeban berat.

Keempat, Faktor Beban Over Load

Kondisi jalan mendaki, berbelok-belok, dan penurunan yang tajam lengkap membuat rem truck bekerja keras. Rem akan ekstra keras lagi bekerja karena truk biasanya membawa beban sangat berat.

Beban berat dan kondisi jalan menurun di sepanjang jalur Jalan Raya Padang-Bukittinggi inilah penyebab komponen rem kemungkinan akan cepat aus atau melemah fungsinya, bahkan blong.

Kondisi kendaraan dengan muatan ODOL (Over Dimension Over Load) dan tak sesuai regulasi standarisasi spec kendaraan, serta tak sesuai standar dari ATPM tentu memperparah kondisi rem.

Berapa idealnya berat muatan Truck  Hino?

Truk tronton jenis Hino memiliki tiga sumbu dengan jumlah rodanya, yaitu 10. Konfigurasi roda truk diatur 2-4-4. Truk ini memiliki kapasitas maksimum muatan 20 Ton. Adapun kubikasinya sebesar 30 CBM.

Jika kapasitas maksimum dan kubikasi di atas melebihi, inilah penyebab potensi kendaraan tak berfungsi dengan kondisi dan faktor-faktor penyebab rem blong di atas. Misalnya kapasitas truck seharusnya 20 Ton, tapi dalam pelaksanaan, pemilik dan pengemudi memuat 25 hingga hampir 30 Ton.

Over load muatan dilakukan untuk menyikapi mahlnya bahan bakar, gaji pengemudi, belanja pengemudi dan stokarnya, serta menambah keuntungan bagi pemilik kendaraan. Kadang pengemudi menambah muatan diluarpengetahuan pemilik kendaraan.

"Dengan demikian, pengemudi bisa mendapatkan uang tambahan," kata Ucok salah satu sopir truck. "Berminggu-minggu kami di jalan, Kak. Uang belanja dari bos kadang tak mencukupi," lanjutnya.

Memang, menurut pengakuan, mamanya, kadang si mama mengirim uang tambahan untuk belanja anaknya ketika truck belum penuh muatan sesuai jadwal berangkat. Kondisi seperti inilah yang membuat mereka berinisiatif mengisi muatan truck over load.

Berapa idealnya batas usia truck agar fungsi rem tak merugikan?

Kendaraan komersial seperti Truck Hino, memiliki beban lebih dibandingkan kendaraan penumpang. Jarak tempuh kendaraan komersial pun lebih panjang. Misalnya, Aceh-Padang dan Padang-Aceh.

Penyebab jarak tempuh jauh banyak hal. Salah satunya jenis barang yang dibawa harus melewati agen-agen di sepanjang perlintasan. Misalnya, dari Padang Panjang kata Ucok mereka membawa kapur ke Siantar.

Nah, dari Siantar bisa jadi bawa pakan ternak ke Padang. Hal ini tentu menjadi pertanyaan, berapa lama idealnya sebuah truck layak beroperasi?

Truck layak beroperasi bisa 20-25 tahun. Ya, ada yang menggunakan 20-25 tahun. Tergantung dari sisi produktivitasnya. Dipengaruhi maintenance truck.

"Kalau maintenance-nya mahal, pemilik truck akan menghentikannya," kata Senior Executive Officer, Service and Sparepart Hino Motors Sales Indonesia (HMSI), Irwan Supriyono.

Irwan menyebutkan bila Hino tetap memiliki kewajiban untuk menyediakan dengan batas waktu 10 tahun setelah discontinue. "Kami pun berkewajiban harus mensuplai spare part Hino, selama 10 tahun setelah model itu diputus," katanya.

Harus Berapa Lagi Korban Jiwa Hino Blong Rem, Sudahkah Kendaraan Uji KIR?

Diler resmi Hino, PT. Hibaindo Armada Motor (HAM) sebetulnya terus meningkatkan dan memberikan pelayanan terbaiknya. Fasilitas tempat pengujian kendaraan bermotor swasta disediakan oleh Kementerian Perhubungan dan diler.

Fasilitas pengujian kendaraan bermotor atau KIR (dalam bahasa Belanda KEUR) milik HAM itu adalah pertama dan satu – satunya yang ada di Indonesia dan milik swasta.

Tempat pengujian KIR itu bertujuan untuk membantu pemerintah dalam memfasilitasi KIR. KIR bertujuan untuk mengetahui apakah kendaraan sudah sesuai regulasi demi mencegah berjatuhannya korban jiwa di jalan raya, seperti jalur Padang-Bukittinggi itu.

Namun, KIR ini banyak yang tak dimanfaatkan pemilik truck. Demikian pula Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) Kota Bukittinggi dan Kabupaten Agam menutup pelayanan uji kir kendaraan.

UPTD yang berlokasi di Jalan Raya Bukittinggi – Medan KM 4 Nagari Gadut Kecamatan Tilatang Kamang Kabupaten Agam sampai saat ini belum beroperasi.

Uji kir tak bisa laksanakan karena kedua kantor tersebut belum memiliki Bukti Lulus Uji elektronik (BLUe) dan belum diakreditasi sesuai peraturan Dirjen Perhubungan darat Kementerian Perhubungan RI.

“Kantor UPTD PKB Kota Bukittinggi dan Pemkab Agam ditutup sejak tanggal 1 Januari lalu hingga waktu yang tidak ditentukan,” kata Kepala UPTD PKB Bukittinggi, Anhar kepada Hantaran.co di ruang kerjanya, Kamis (7/1).

Bagi masyarakat yang ingin uji kir kendaraan dapat melakukannya di kantor Dinas Perhubungan (Dishub) terdekat seperti, Dishub Kota Payakumbuh, Dishub Kota Padang Panjang, Dishub 50 Kota, Dishub Padang, Dishub Padang Pariaman dan Dishub Pesisir Selatan serta Dishub Sijunjung.

Lakukanlah Uji KIR ini di unit Pengujian Kendaraan Bermotor (PKB) dinas perhubungan (dishub) kabupaten/kota terkait. Pemeriksaannya akan dilakukan penguji yang memenuhi persyaratan. Adakah kendaraan yang melintasi Padang-Bukittinggi itu Uji KIR?

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Sosbud Selengkapnya
Lihat Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun