Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Travel Story Pilihan

Mamahke Jogja, Tren Oleh-oleh Masa Kini yang "Jogja Banget"

18 Mei 2017   23:55 Diperbarui: 16 Juni 2017   15:10 68456
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Mamahke Jogja (Dok.Pri)

Jogja itu terkenal dengan makanan apa hayooo? Yup betul, diantara kamu pasti bakal nyebut gudeg sebagai makanan paling femes di kota kraton ini. Nah, jika ditanya lagi, oleh-oleh asal Jogja yang paling digemari itu apa hayooo? Pasti deh banyak yang menjawab ‘bakpia’. Nah, oleh-oleh asal Jogja yang satu ini memang enak, apalagi rasa originalnya, kacang ijo, pasti deh banyak penggemarnya. Kabar baik nih buat kamu yang suka dolan ke Jogja. Sekarang ada varian oleh-oleh baru lho, yang rasanya Jogja banget, tersemat citarasa istimewa, banyak macamnya serta tampilan sajian yang menggugah selera. Yuk, kenalan dengan MAMAHKE Jogja.

MAMAHKE adalah trend oleh-oleh baru di Jogja yang diformulasi dalam bentuk cake dengan aneka rasa yang nendang dan memiliki rasa khas Jogja. Atas kejelian sepasang pesohor tanah air, Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo, MAMAHKE akhirnya lahir dengan rasa yang cukup memanjakan lidah. Bagaimana tidak, Zaskia mengaku menghabiskan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan rasa yang ‘endezz’ dari cake yang ditawarkannya.

Saya adalah salah satu yang beruntung mendapatkan undangan khusus sebagai tester cake MAMAHKE. Untuk mendapatkan rasa yang maksimal, mereka tak segan meminta orang yang ditemuinya untuk mencicip cake yang masih gress itu. “Kami ingin teman-teman bisa ikut mencicipi cake khas Jogja ini. Nanti teman-teman tolong kasih masukan ya, apa saja yang kurang dari rasanya, sehingga bisa kami bisa memperbaiki lagi sebelum diluncurkan ke pasaran,” pinta istri Hanung ini dengan wajah berbinar.

Tak sekedar ikut-ikutantrend dimana artis-artis Indonesia masa kini gencar berbisnis kuliner, Zaskia dan Hanung punya secuail kisah perjuangan saat membangun bisnis barunya ini.

Berawal dari Rasa Cinta yang Mendalam kepada Jogja

Zaskia dan Hanung tak pernah melewatkan waktu untuk berkuliner ria setiap kali berlibur ke Jogja. Masalahnya, mereka tak bisa incip semua kuliner yang khas karena keterbatasan waktu. “Mas Hanung tu pusing. Misal hanya ada waktu dua hari ke Jogja, bingung mau pilih kuliner yang mana. Pingin makan sate klathak lah, gule lah, borong bakpia lah... ribet sendiri,” pungkas Zaskia sambil terbahak. Gara-gara itu, ide untuk membangun bisnis kuliner akhirnya mencuat di kepala :D  

Curhat Zaskia kepada Ibu Mertua tentang ‘kuliner yang Jogja banget’

Tak hanya Hanung, Zaskia pun mengaku kebingungan jika liburan ke rumah mertuanya di Jogja. Lha, liburan kok malah pada bingung? Kebiasaannya yang gak bisa diam saat di Jakarta, mulai dari urus rumah, suami, anak dan bisnis-bisnisnya tentu saja membuatnya mati gaya saat ada di rumah mertua. Setelah bangun tidur hanya menganggur, itu yang membuatnya bosan. Hingga akhirnya ia ngobrol santai dengan ibu mertuanya tentang kuliner khas Jogja.

Nah, ibu mertuanya ini sudah lama malang melintang di dunia kuliner Jogja atas bisnis kateringnya. Zaskia sendiri ingin melengkapi ini dengan usaha kuliner yang lebih ringan, semacam kue ringan lah, oleh-oleh khas Jogja. Akhirnya usai konsultasi panjang lebar bersama ibu mertua dan mama dari Zaskia sendiri, terwujudlah produk MAMAHKE Jogja.

Menyatukan Ide bersama Pasangan? Tak Mudah Ternyata

Sekalipun sudah hidup bersama pasangan beberapa tahun lamanya, Zaskia mengaku sering bertengkar dengan suami lantaran perbedaan prinsip pada awal pengembangan bisnis ini. Lambat laun, mereka berkolaborasi menentukan rasa teristimewa untuk varian rasa MAMAHKE. Ini pun menemui banyak perdebatan karena ‘rasa Jogja’ yang diketahui Hanung tak sejalan dengan ‘rasa jogja’ yang diinginkan Zaskia. Walau begitu, mereka akhirnya dapat menentukan rasa terbaik bersama-sama. Hanung pun terlibat langsung dalam desain logo, captionserta bekerjasama dengan salah satu sahabat musisi untuk mencipta jingle MAMAHKE.

Perjuangan Mendapatkan ‘taste’ teristimewa

Menentukan rasa terbaik dari cake yang mereka kembangkan ini butuh waktu yang lumayan lama hingga didapatkanlah 6 rasa utama, yaitu kacang ijo, tiramizu, red velvet, green tea coklat, coklat pisang, coklat keju. “Ini cakenya enak banget. Yang green tea ya rasa green teanya kerasa banget. Coklat Banana juga kerasa banget rasa pisangnya. Red Velvet apalagi. Dulu untuk menemukan rasa keju yang ‘jogja banget’ ala saya nih lamanya minta ampun,” curhat Zaskia.

Karena sejak awal ingin mewujudkan rasa cake yang Jogja banget, mereka menyematkan rasa kacang ijo di cake MAMAHKE. Dengan bekerjasama dengan chef terpilih, mereka terus memformulasi rasa dan tampilan cake yang makin menggoda dari waktu ke waktu. Tentu, cakenya ini terkemas simpel dan bisa langsung dinikmati.

Kembangkan Bisnis Berbau ‘Seni’

Hanung sangat menghargai seni dan iapun bercita-cita untuk memiliki bisnis keluarga yang semuanya beraroma seni. “Saya ingin semua bisnis ini tak jauh dari seni. Istri saya sudah terbiasa berbisnis fashion yang dekat dengan seni. Saya pun di perfilman selalu terhubung dengan seni. Dan untuk MAMAHKE ini sendiri juga   seni, yaitu seni menyajikan rasa yang enak dan bisa dinikmati masyarakat”, ucap pria Jogja ini dengan semangat.

Usai menyiapkan rasa istimewa cake yang ‘jogja banget’, mereka memiliki kebahagiaan lainnya saat merintis bisnis ini. Dengan diluncurkannya produk MAMAHKE, ini artinya mereka telah membuka lapangan kerja baru bagi masyarakat Jogja pada khususnya.

Ladang Rezeki Jangka Panjang

Saat ditanya mengapa mereka membuka bisnis kuliner ini, secara terbuka istri Hanung Bramantyo ini menjelaskan bahwa ini sebagai salah satu rencaba jangka panjang mereka. Tak dapat dipungkiri, aktivitas Hanung yang super padat beberapa tahun lalu memaksanya untuk jarang ada di rumah. “Dulu anak-anak masih kecil, sekarang mereka butuh perhatian mas Hanung lebih banyak. Oleh karenanya, kami ingin punya bisnis yang bisa dihandel secara lebih mudah dan tak terlalu menyita waktu,” pungkas wanita cantik berhijab ini. Mereka pun berharap agar bisnis ini kedepannya dapat berkembang dan digemari banyak orang.

***

Itulah suka duka pasangan artis Zaskia Mecca dan Hanung Bramantyo dalam merintis bisnis kuliner barunya. Produk ini pun mulai diproduksi sejak ada kata ‘enak’ dari mama masing-masing, para kerabat serta teman-teman di Jogja. Mereka merasa lebih mantab jika tester cakenya orang Jogja tulen dimana lidahnya kebanyakan belum terkontaminasi dengan makanan luar. Tak bergerak sendirian, mereka berdua juga gandeng rekan artis lainnya, seperti Irwansyah, Indra Bekti, Bella serta  Zaskia Sungkar untuk promosi. 

Mamah, sebuah kata yang memilik beberapa arti, dalam Bahasa Indonesia berarti ibu dan dalam Bahasa Jawa berarti kunyah. MAMAHKE versi Hanung dan Zaskia ini mengadaptasi bahasa Jawa yang artinya kunyahkan. Hanung sempat mengatakan jika Gudeg Jogja saja saat ini sudah menjadi milik internasional karena digemari banyak orang, maka gantian cake internasional menjadi milik kita, tapi dengan rasa yang khas Jogja yang terkemas cantik dalam produk MAMAHKE ini. 

Saya sudah coba hampir semua rasanya. Ada sebuah sensasi rasa ‘kriuk’ di bagian tengah cake yang manis dan legit ini. Rasanya pun sangat maknyuzzz, beda banget lah dengan cake lainnya. Pusat oleh-oleh yang ‘njawani’ alias khas Jogja banget ya MAMAHKE Jogja. Gak percaya? Buruan deh cobain, tanggal 19 Mei 2017 produknya dah dilaunching kok ke pasaran :D

Riana Dewie

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Story Selengkapnya
Lihat Travel Story Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun