Mohon tunggu...
Riana Dewie
Riana Dewie Mohon Tunggu... Freelancer - Content Creator

Simple, Faithful dan Candid

Selanjutnya

Tutup

Inovasi Pilihan

Ini Nih... Syarat Memilih Smartphone Berkualitas

25 September 2014   06:53 Diperbarui: 30 Maret 2016   22:30 5990
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Ngobrolin tentang hp, saya tentu sangat antusias. Saya sudah menggunakan berbagai macam HP, mulai dari yang biasa sampai dengan yang teknologi canggih. HP cina pun sudah pernah saya gunakan 2 tahun dan semua ternyata baik-baik saja, jarang rusak bahkan menunya lebih lengkap dari hp bermerk. Hal utama yang sering diperbincangkan khalayak ramai tentang kekurangan hp cina adalah kualitas kamera. Namun kini Anda tidak perlu khawatir. Kualitas produksi Cina saat ini ternyata sudah semakin canggih. Bahkan, saat ini Hp produksi Cina, khususnya smartphone sudah menjadi santapan utama para pecinta gadget di dunia. Bersaing dengan para brand ternama, tentunya gadget ini tetap teruji performanya, lengkap menunya serta dibandrol dengan harga yang lumayan murah. Ingat,  murah belum tentu murahan ya :)

 

TIDAK BOSAN MENGGUNAKAN SMARTFREN

Kali ini saya akan membahas sebuah brand ternama yang sudah lama kita kenal, yaitu Smartfren. Smartfren merupakan perusahaan penjual smartphone paling spesial diantara daftar perusahaan yang memproduksi smartphone lainnya karena ia juga merupakan perusahaan telekomunikasi mobile. Smartfren memiliki 12,5 juta pelanggan dan mendorong pelanggan Indonesia untuk beralih ke Android dengan harga yang sangat bersaing.

Sebelumnya saya akan sedikit cerita tentang gadget yang saya gunakan. Saya adalah penjual onlineshop yang pada saat itu sangat membutuhkan gadget murah namun dengan menu yang lengkap. Akhirnya di awal tahun 2013, saya membeli New Smartfren Andromax Tab 7.0 untuk aktivitas bisnis saya. Hanya dengan harga sekitar Rp.1,6 juta, fasilitas lengkap saya dapatkan pada saat itu. Bisnis lancar, tanpa hambatan. Hanya saja kadang tab terasa panas karena pencarian jaringan yang kadang down di daerah tempat saya tinggal. Sampai hari ini, tab tersebut masih lancar digunakan untuk berbagai aktivitas online dan hiburan. Dan kini, suami juga memiliki hp smartphone andromax C yang sudah dibeli sejak awal tahun ini. Performa baik, kualitas Ok dengan harga yang sangat murah yaitu sekitar Rp.700 ribu-an. Mengapa saya bilang performa smartfren baik? Karena memang selama pemakaian, jarang ada masalah parah yang sampai menganggu aktivitas kami. Masalahnya paling hanya cepat lowbat karena baterei untuk Hp bundling CDMA memang boros baterei. Kami pun mengantisipasinya dengan memanfaatkan powerbank ketika ada dilapangan. Jadi, semua masalah beres.

[caption id="attachment_361583" align="aligncenter" width="300" caption="dok. pribadi"][/caption]

 

PILIH SMARTFREN-ANDROMAX Z ATAU SAMSUNG GALAXY GRAND DUOS?

Dan kini, saya berencana untuk mencoba Smartfren Andromax Z yang digadang-gadang sebagai smartphone berteknologi canggih namun dibandrol dengan harga miring. Sebelum saya benar-benar membelinya, saya mencoba untuk mencari informasi tentang Smartfren Andromax Z dengan smartphone lain yang memiliki tampilan dan performa hampir sama, yaitu Samsung - Galaxy Grand Duos. Kedua smartphone ini akan saya bandingkan kualitasnya.

Smartfren Andromax Z adalah salah satu produk Smartfren hasil kerja sama antara smartfren dengan produsen elektronik dari china yaitu hisense. Diantara keempat produk terbaru smarfren, Smartfren Andromax Z menempati strate tertinggi. Smartphone ini memang sudah rilis dari akhir tahun lalu, namun hingga saat ini smartphone tersebut masih memegang posisi teratas baik dari spesifikasi, harga, dan ukuran dibanding jajaran smartphone Andromax lain. Andromax Z dirilis dengan maksud mengisi pasar ponsel pintar Android berlayar besar (diatas 5 inci) yang berkualitas dan harganya terjangkau. Harga jual Andromax Z saat ini sekitar 2,7 juta rupiah. Sedangkan untuk Samsung Galaxy Grand Duos diproduksi oleh perusahaan Samsung dan dibanderol dengan harga 3,3 juta rupiah. Fitur menarik juga sudah tersedia pada ponsel ini seperti aplikasi multiwindow yang bisa Anda gunakan untuk menjalankan 2 aplikasi secara sekaligus pada 1 layar. Dengan harga terjangkau yang keduanya mempunyai selisih harga sekitar 600ribuan, dua smartphone ini bisa menjadi pilihan alternatif kita dalam membeli ponsel.

[caption id="attachment_361585" align="aligncenter" width="591" caption="Sumber : capture video http://www.youtube.com/watch?v=sus6QyG1RWw"]

14116201001448928831
14116201001448928831
[/caption]

Untuk lebih Jelasnya, berikut perbandingan spesifikasi utama kedua Smartphone ini :

Spesifikasi utama pada Smartphone Andromax Z :

  • Jaringan Dual SIM CDMA-GSM On 3G EVDO Rev. A up to 3.6 Mbps
  • Layar sentuh IPS16 juta warna 5.5-inci HD (720x1280 piksel)
  • Memori internal 8 GB, RAM 1 GB
  • Kamera utama 8 MP (3264x2448 piksel) autofokus, LED flash
  • Kamera depan 2 MP
  • Android Jelly Bean 4.2.2
  • CPU Quad-core MTK MT6589 1.5 GHz
  • GPU PowerVR SGX 544
  • Baterai Lithium-Ion 2500 mAh
  • Harga Baru sekitar Rp.2.700.000,-

Spesifikasi utama pada Samsung Galaxy Grand Duos :

  • Jaringan Dual SIM GSM-GSM On HSDPA, 21 Mbps; HSUPA, 5.76 Mbps
  • Layar sentuh TFT 16 juta warna 5-inci WVGA (480x800 piksel)
  • Memori internal 8 GB, RAM 1 GB
  • Kamera utama 8 MP (3264x2448 piksel) autofokus, LED flash
  • Kamera depan 2 MP
  • Android Jelly Bean 4.1.2
  • CPU Dual-core ARM Cortex A9 1.2 GHz
  • GPU Broadcomm VideoCore IV
  • Baterai Lithium-Ion 2100 mAh
  • Harga Baru sekitar Rp.3.300.000,-

Dari perbandingan diatas dapat dilihat adanya perbedaan yang significant antara keduanya. Namun yang jelas, keduanya memiliki kekurangan dan kelebihan masing-masing. Setiap orang tentu memiliki pilihan masing-masing, sesuai dengan kebutuhannya. Dengan melihat spesifikasi diatas, saya mulai tertarik dengan Smartphone Andromax Z.

 

CARA MEMILIH SMARTPHONE ANDROID BERKUALITAS

Merasa kurang puas dengan review tersebut, akhirnya saya mencoba browsing tentang cara memilih smartphone berbasis Android yang terbaik, karena dalam hal ini pasar menawarkan banyak varian yang hampir semuanya mengundang selera. Setiap perusahaan Smartphone telah banyak menghadirkan fitur-fitur canggih yang menggugah penggunanya untuk segera memilikinya. Dari referensi beberapa sumber, saya mencoba menganalisis kualitas smartphone pilihan pertama tadi, yaitu Smartfren Andromax Z dari berbagai sudut pandang. Berikut ringkasannya :

1. Ukuran dan Resolusi Layar

Smartphone Android dengan layar yang cukup lebar serta memiliki resolusi layar yang tinggi akan menghadirkan kejernihan dan ketajaman layar yang sangat baik. Sehingga pengguna akan merasakan kenyamanan sekedar untuk  menonton video atau bermain game.

--> Smartfren Andromax Z memiliki layar 5,5 inci dengan Layar sentuh IPS16 juta warna 5.5-inci HD (720x1280 piksel). (Ya, memenuhi syarat)

2. Performa dan Sistem Operasi

Smartphone atau ponsel pintar akan sangat berkualitas jika memiliki performa yang handal dan tangguh, untuk mendapatkan performa yang handal maka pilihlah Smartphone dengan RAM minimimal 512 MB, dan memakai Sistem Operasi Android minimal versi 4.1 Jelly bean.

--> Smartfren Andromax Z memiliki RAM 1 GB dengan system Operasi Android Jelly Bean 4.2.2. (Ya, memenuhi syarat)

3. Kamera Resolusi Tinggi

Smartphone yang baik akan menghasilkan foto atau gambar berkualitas tinggi. Oleh karenanya, pilihlah kamera utama minimal berukuran 8 Megapiksel dan kamera depan minimal memiliki sensor 2 Megapiksel.

--> Smartfren Andromax Z memiliki kamera utama berukuran 8 MP (3264x2448 piksel) autofokus, LED flash sedangkan kamera depan berukuran 2 MP.  (Ya, memenuhi syarat)

4. Konektivitas Jaringan

Smartphone Android tentunya tidak lengkap jika tidak memiliki dukungan fitur koneksi jaringan yang baik, karena pada dasarnya para pengguna ingin memiliki Smartphone yang bisa dipakai untuk terhubung dengan dunia maya. Agar dapat menghasilkan jaringan internet berkualitas, pilihlah koneksi jaringan minimal memiliki kapasitas 3G atau HSDPA.

--> Smartfren Andromax Z memiliki Jaringan Dual SIM CDMA-GSM On 3G EVDO Rev. A up to 3.6 Mbps.  (Ya, memenuhi syarat)

5. Desain dan Harga

Setelah cocok dengan spesifikasi yang lengkap dan menarik, tentu para pengguna juga ingin memiliki smartphone Android dengan harga terjangkau dikelasnya.

--> Smartfren Andromax Z berteknologi canggih, desain menarik, tipis dan ringan digenggam dengan harga bersaing kisaran Rp. 2,7 juta. (Ya, memenuhi syarat)

Ya, dengan review cerdas ini, keyakinan saya semakin bertambah bahwa Smartfren Andromax Z memang memiliki performa diatas rata-rata bila dibandingkan smartphone android dikelasnya.

TESTIMONI PENGGUNA SMARTFREN ANDROMAX Z

Saya adalah orang yang selalu perfect dalam memilih sesuatu, salah satunya dalam pilih smartphone. Masih merasa kurang puas dengan review kedua, akhirnya saya mencoba mencari informasi tentang para pengguna Smartphone Andromax Z. Dari hasil browsing saya (termasuk info yang saya dapatkan langsung dari teman-teman pengguna smartfren Andromax Z), inilah beberapa komentar mereka, baik yang sudah menggunakan andromax z maupun yang belum :

    • Pokoke Manteb di instalin applikasi apa aja bisa, game lancar jaya..gambar layar top. Good..
    • naksirr berat ama ni hp, tapi duit kurang ni …”
    • andro z bgus lancar jaya
    • Waduh, jadi kepingin andromax z, aku beli andromax i2 layar nya kurang puas. tahun depan aja deh, nunggu andromax z2
    • Andromax Z layarnya lebih besar ,lah kalau Nokia Lumia 520 layarnya cuma 4inchi
    • Keren banget tuh hpnya klo main game enak banget apa lagi touch screen nya ga lag dan gak panas paling cman anget aja sama yang cpet abis batre itu salah saya udah beli satu hari masih sisa 40%
    • hiksssss...beli Grand 2.... baru satu bulan udah ilang...  trus baru aj beli Smartfren andromax Z. kalau menurutku dua duanya enak. tapi sayangnya kamera smartfren kurang bagus dan batrenya cepet habis. tapi kalau masalah layar dan processornya bagus smartfren andromax Z. tergantung selera sih sebenarnya...
    • pengen buanget hp ini
    • Wah gue pengen nih HP tp duit gue kurang, kapan ya harga hp ini turun sampai harganya 1 jt..
    • yang bagus smartfren andromax z karena fitur lengkap.
    • Gw pake Andromax Z udah hampir setahun sejak pertama keluar. Beli 2,8. Udah jatok 20 kali, cuma lecet doang. Kecebur 2 kali, air sampai masuk kedalam lcdnya, gw kringin doang dipanas matahari. Sampai sekarang masih Joss!! Samsung mah tewas!!
    • “andromax z internetannya ngebut gan paket smartfren juga bersahabat
    • manteb bener dah spek nya .. cepet klo mau donlod2
    • Pengen bgt nihhhhh...mantep...”
    • “Specnya mantap gan. Buat main PB juga bisa“
    • “Aku pake andromax z sejak desemner 2013, dan aku belum kecewa, gak kalah sama merk terkenal yang sudah lebih dulu ada, karena aku juga punya tablet merk sa****g, juga s**y, masih bisa lah bersaing, service centernya juga banyak.. “
    • “Pokonya ngacirrrrr... Gak pake lemot“
    • “Aku pake andromax Z baru bulan Mei kmrin dikasih kado sama pacar .. Hehhe..Canggih gila ini hp .. Mantap jaya pokoknya.. “
    • “HP ini bagus banget, main game lancar jayaaa“
    • “waduh ngumpulin uangnya nih cepet2 mumpung lagi turun harga atau nunggu bnr2 turun ampe jd 2jt .. “
    • “gw uda pake Z, ajib barangnya.. ga ada kata2 nyesel tuh.. internet kenceng gila sm standing.. kapan lg bs internetan kenceng kaya gini. amdromax Z mantap“
    • “speknya ngeri dngan harga terjangkau. “
    • “mantab nih phone mobile AndromaX Z.  no leck no lemot. “
    • “puas bgt pakai. kmera.nya oke dpan ame Blakang gK nyeSel. dr pada sony blakang kmeranya msih gElap apah lg depan , mnang mrek doang wkwkwk“
    • “bagus, layar tajem, harga terjangkau, spek oke, model ok, layar lebar..puas buat nonton dan main game“
    • “gue dah beli andromax z.. sangat memuaskan  .....bagus nggak nya relatif yang pakek dan sesuai kebutuhan aja.... “
    • “baru bli  , lumayan kebut.main di rpm tinggi lumayan... “
    • “Hampir seminggu gua pake hp ne.....semuanya fine2 aja....Prossesor + gpu nya uda termasuk seri high end....Buat maen game cocok sekale....Layar gede 5,5 inchi....Bening sekale......Yg paling mantaf harganya.....murah....hahaahaaaa. Klo kurang puas sama kecepatan internetnya, Beli aja modem wi-fi.....beress.....”
    • “first experience with smartfren and so impressif  , halah ngomong apaan gue... . POKOKNYA T.O.P-B.G.T“

 

WOW, saya sudah mulai terpesona dengan Smartfren Andomax Z. Bagi Anda yang ingin lihat review Smartfren-Andromax Z dengan Samsung Galaxy Grand Duos dengan lebih detail, yuk saksikan video berikut ini :


sumber : video comparison Andromax

Ya, sekarang saya sudah SANGAT YAKIN. Saya pilih SMARTFREN ANDROMAX Z karena memiliki performa OK dengan harga yang lumayan miring. Saya sangat antusias, dengan memiliki gadget ini, bisnis online shop saya akan semakin berkembang, komunikasi dengan sahabat dan keluarga juga akan semakin lancar. Selain itu, untuk hiburan seperti game, music, foto, video, streaming, akses internet dll dipastikan lancar jaya, tanpa hambatan suatu apapun. Smartphone ini pokoknya apik dan pastinya sesuai dengan kantong kita.

Selamat menikmati Smartphone terbaik pilihan Anda. Apapun pilihannya, semoga sesuai dengan yang Anda harapkan. Pesan saya, jangan membeli smartphone karena "merk" atau "gengsi". Pilihlah smartphone secara cerdas, dimana kualitas tinggi dan harga rendah di kelasnya menjadi prioritas utama. Oh ya, jangan sampai Anda termakan iklan ya, bisa-bisa Anda malah makan ati deh ujungnya. hehe...

Semoga review ini bermanfaat untuk Anda.

Salam, Riana Dewie

Mohon tunggu...

Lihat Konten Inovasi Selengkapnya
Lihat Inovasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun