Mohon tunggu...
Ria Mi
Ria Mi Mohon Tunggu... Guru - Menulis memotivasi diri

Guru

Selanjutnya

Tutup

Ramadan Pilihan

Pancake Pisang Ambon dan Gula Semut Aduhai

11 Mei 2020   22:51 Diperbarui: 11 Mei 2020   23:07 933
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Pancake Pisang Ambon dan Gula Semut Aduhai

"Kue apa ini?" tanya anakku.

"Pancake," jawabku

Begitulah bila aku mulai memasak bungsuku suka tanya. Bahannya apa? Kenapa bila ia tak suka, melihat pun tak suka. Tapi bila bahannya kesukaannya ia akan tunggui mulai mengumpulkan bahan hingga  membantu menekan tombol blender.

Ide masak pancake pisang ini saya tuliskan dari anak sulungku yang cewek suka uji coba kue. Hasil melihat di youtube. Tetapi karena aku sudah diet manis meski tidak kencing manis, karena usia sudah 50 tahun aku harus pandai memilih menu kudapan. Menu yang bisa kunikmati dan juga kesukaan si kecil serta semuanya.

Saya pilih bahan pisang, karena pisang ambon ini mudah di dapat ditempatku. Aku tidak tahu mengapa ini disebut pisang ambon, padahal ditempatku banyak.

Kalau mau membeli pisang ambon yang enak untuk buat kue harus yang sudah tua dengan ciri kulit mengkilat dan tidak tampak garis kulitnya. Pisang ambon kenongo begitu ditempatku biasa digunakan untuk memberikan tambahan makanan bagi bayi.

Saya pilih bahan-bahan yang ada dan unik. Misalnya saya pakai gula semut. Penasaran saja sebenarnya dengan gula semut. Biasa dari online dan baca baca artikel gula semut aman untuk dikonsumsi dan alami banget. Gula ini terbuat dari pohon aren atau kelapa masuk dalam kategori  "palmae".

Saya sarikan dari disperin.ntbprov.go.id oleh Drs. Bambang S. Ariadi, MM, manfaat dan kandungan gula semut antara lain:

1. Thiamin (vitamin 61)
Berfungsi sebagai koenzim dalam metabolisme energi, memperkuat sistem syaraf dan otot.

2. Riboflavin (vitamin 02)
Membantu membentuk sel darah merah, menghasilkan antibodi, bersama enzim menghasilkan energi yang diperlukan oleh tubuh, menghambat kerusakan sel pada proses produksi energi, memperbaiki sistem kerja jaringan dan saluran pencernaan tubuh.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
  5. 5
  6. 6
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ramadan Selengkapnya
Lihat Ramadan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun