Mohon tunggu...
Rhet Imanuel
Rhet Imanuel Mohon Tunggu... Orang biasa

Aneh ajalah. Bingung mau dibuat apa, karena ada pepatah mengatakan, tak kenal maka tak sayang..

Selanjutnya

Tutup

Cerpen

Valentine

14 Februari 2016   15:09 Diperbarui: 14 Februari 2016   15:44 57 0 0 Mohon Tunggu...

 

Hari kasih sayang, suatu moment yang cukup sakral dan dirayakan oleh sebagian golongan umat manusia yang tak memandang sebelah mata, apa itu dari perbedaan. Terlepas dari latar belakang sejarahnya, hari Valentine ini begitu indah, begitu mempesona. Yang tua maupun muda, semua ikut memanfaatkan momentum ini.

Why? Tanpa Valentine, Valentino Rossi tetap melaju dengan motor sportnya. Yups ... Memang kasih sayang itu tidak diharuskan untuk satu hari saja di tanggal 14 Februari. Sama hal ketika kita merasakan hari Ulang Tahun kita, rasanya terlalu naif jika kita mengatakan, “kenapa mesti bahagia di hari UlTahmu? Apakah di hari yang lain kamu tidak dapat merasakan kebahagiaan?”

Ini moment spesial men ... moment yang tidak akan mengutuk dirimu, karena ini bukanlah bentuk ibadah untuk Tuhanmu atau Tuhan mereka. Ini bentuk penghormatan yang diberikan, di mana kita sudah bosan menghadapi dunia dengan pertikaian, kita diberi satu hari sebagai perenungan untuk kita diingatkan betapa pentingnya KASIH SAYANG itu ditegakkan di dalam kehidupan.

“Tapi bagaimana, sedang hari raya itu diharamkan oleh golongan tertentu karena membawa pada kemaksiatan?”

“Oh God!” Rhet berpikir sambil menghela nafas sejenak.

“Apakah maksiat itu ada ketika hari raya Valentine diabadikan dalam kalender? Sudahkah engkau berpikir bahwa hari kasih sayang itu adalah bentuk dari apresiasi salah satu umat untuk kita mau dan mengingat betapa pentingnya SALING MENGASIHI. Apakah dengan dihapusnya hari Valentine maka kemaksiatan itu akan lenyap? Dan jika kita lihat secara mata terbuka, maksiat tanpa Valentine tetaplah berjalan. Begitupun dengan Kasih sayang.”

Satu hari perayaan memperingati kasih sayang adalah untuk mempererat tali silaturahmi antar manusia. Lantas wujud apakah yang mengandung maksiat, selain dari pikiran individual orang itu sendiri yang salah mengaplikasikan hari Valentine.

Satu hari perayaan takkan menghapus hari yang tersisa sebanyak 364 hari untukmu mencurahkan kasih sayang itu dalam hatimu. Dan dapatlah kita mengerti, seseorang yang membunuh tali silaturahmi, adalah orang yang tak pernah mengerti tentang arti menghargai dan menyayangi sesamanya. 

So ... di hari raya Valentine, berikanlah sebuah pengertian dan makna, mengapa harus ada hari kasih sayang? Jawabannya ialah, untuk menghapus kebencian yang ada dalam bejana hatimu, dan digantikannya dengan yang baru agar engkau mengerti, bahwa hari raya Valentine itu diangkat untuk orang-orang yang belum bisa mengekspresikan rasa sayang pada sesamanya manusia.

Maksiat akan terus berjalan, begitupun dengan kasih sayang. Tanpa maksiat, kasih sayang akan tetap berjalan. Dan tanpa kasih sayangpun, maksiat akan terus bergentayangan. Jadi, aplikasi itu akan berjalan sebagaimana engkau mengartikannya, bukan bagaimana caranya kebencianmu itu dialokasikan untuk memecah belah kesatuan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x