Mohon tunggu...
Muchamad Reza Supriyono
Muchamad Reza Supriyono Mohon Tunggu... Hoteliers - No one has the ability to do something perfectly. But each person is given a lot of opportunities to do something right.

Mahasiswa Sekolah Tinggi Pariwisata dan Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud 2019

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Pentingnya Melakukan Praktik Kerja Lapangan (PKL)

26 Februari 2021   01:25 Diperbarui: 26 Februari 2021   01:31 2261
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh, 

Perkenalkan sebelumnya nama saya Muchamad Reza Supriyono, seorang Mahasiswa Aktif Sekolah Tinggi Pariwisata Trisakti dan saya juga merupakan seorang Penerima Beasiswa Unggulan Kemendikbud Tahun 2019.

Pada kesempatan kali ini saya ingin berbagi pengalaman saya kepada para pembaca sekalian mengenai pentingnya melakukan praktik kerja lapangan.

Praktik Kerja Lapangan  adalah salah satu bentuk implementasi cara berkerja yang sinkron dilakukan antara program pendidikan di sekolah/universitas dengan program penguasaan keahlian yang diperoleh melalui kegiatan kerja secara langsung di sebuah perusahaan untuk mencapai tingkat keahlian tertentu dan merasakan berbagai pengalaman kerja yang nyata.

Praktik kerja lapangan merupakan sebuah proses pembelajaran dan pelatihan secara praktis dan  efektif dalam bidang kompetensinya masing-masing, hal yang dimaksudkan untuk memberikan pengalaman kerja yang nyata bagi peserta didik/ mahasiswa adalah memberikan pengetahuan dan pengalaman tentang lingkungan kerja, etos dan budaya kerja yang belum dapat disampaikan sepenuhnya di sekolah/universitas. 

Sebagai seorang mahasiswa yang kuliah dibidang industry pariwisata, memperbanyak pengentahuan dan pengalaman merupakan sebuah hal yang sangat penting bagi mahasiswa seperti saya, dikarenakan nantinya saya akan melakukan perkerjaan yang akan selalu berkaitan dengan Jasa, oleh sebab itu melakukan praktik kerja lapangan merupakan salah satu kewajiban yang harus dilakukan bagi setiap mahasiswa dalam menambah pengetahuan dan pengalaman kerja secara langsung dilapangan.

Di saat saya melakukan praktik kerja lapangan,  memberikan banyak sekali manfaat yang saya bisa peroleh dari praktik kerja lapangan, salah satunya menjadikan diri  saya menjadi lebih siap berkerja, kuat mental, mempunyai rasa bertanggung jawab yang tinggi dalam mengambil suatu pilihan dalam berkerja, disiplin dan komitment. Praktik kerja lapangan juga memiliki beberapa tujuan  yang  diantaranya seperti :

1.  Memberikan kesempatan bagi mahasiswa untuk lebih mengenal dan mengetahui tentang dunia industri.
2. Menjadi media pengaplikasian dari pembelajaran yang diperoleh dari sekolah untuk di terapkan di dunia industri.
3. Meningkatkan hubungan kerjasama antara pihak institusi dan instansi terkait.
4. Memperoleh wawasan tentang dunia kerja yang nyata.
5. Dapat memahami konsep non akademis seperti etika kerja, profesionalitas kerja, disiplin kerja.

6. Menciptakan SDM yang berkualitas.

Saya sangat bersyukur akan menambahnya pengetahuan dan pengalaman saya atas dunia kerja karena praktik kerja lapangan, saya jadi lebih bisa mempersiapakan diri saya sebelum nantinya saya akan benar - benar terjun langsung dalam berkerja di dunia kerja yang nyata. Untuk teman - teman pembaca, dari yang sedang berada di sekolah menegah kejuruan ataupun sudah berada di universitas, saya menyuarakan anda untuk tetap semangat dan jangan pantang menyerah, lakukan praktik kerja lapangan dengan baik dan serius untuk membekali masa depan mulai dari sekarang.

sekian dari tulisan yang saya buat, terimakasih atas perhatiannya :)))

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun