Mohon tunggu...
Reni Soengkunie
Reni Soengkunie Mohon Tunggu... Tukang baca buku. Tukang nonton film. Tukang review

Instagram/Twitter @Renisoengkunie email: reni.soengkunie@yahoo.com

Selanjutnya

Tutup

Gayahidup Pilihan

Para Orang Tua yang Budiman, Bijaklah dalam Mengajak Anak-Anak ke Bioskop

30 Juli 2019   10:56 Diperbarui: 30 Juli 2019   13:05 0 6 3 Mohon Tunggu...
Para Orang Tua yang Budiman, Bijaklah dalam Mengajak Anak-Anak ke Bioskop
ilustrasi: shuterstock

Beberapa hari lalu, saya membaca sebuah tweet dari seseorang yang tak saya kenal tapi postingannya muncul di timeline saya. Mbaknya ini membuat semacam thread yang berisi keluhan akan ketidaknyamanannya saat menonton di bioskop

Lewat sebuah utasan tersebut, dia menceritakan tentang orang tua yang membawa anak balita ke dalam bioskop saat midnight. Si anak ini tak bisa diam dan berlarian di tangga hingga ke depan layar. 

Jelas, hal ini tentu gak cuma mengganggu Mbaknya tapi juga saya yakin semua orang di bioskop tersebut juga terganggu. Anehnya, orangtua si bocah ini diam saja dan tidak menggubris keluhan si Mbaknya ini. Mereka tetap duduk diam di kursinya dan membiarkan si anak ini berlarian sambil teriak-teriak.

Saat ditegur pun si orangtua ini tak merasa bersalah dan menganggap kalau wajar anak-anak itu berbuat ulah. Mereka justru nyolot pada si Mbak-nya yang suka ikut campur urusan orang. Yang bikin geleng-geleng kepala, si orang tua ini bahkan sampai berkata kasar dan menyumpahi si Mbaknya. Hmmm..

Padahal menurut cerita, si Mbaknya ini juga hobi menonton film. Dia sendiri juga punya dua anak. Namun dia tak mengajak anaknya karena alasan usia anaknya tidak cukup umur untuk menonton film tersebut. 

Baiklah, mari kita ghibahin cerita si Mbak dan orangtua si anak balita ini. Hal pertama yang harus kita pahami, kata si Mbaknya, film yang ia tonton ini mendapat rating PG-13. 

Itu artinya film ini tidak cocok untuk anak di bawah umur 13 tahun. Nah, masalahnya itu si anak ini masih  berusia di bawah lima tahun. Si anak tentu juga tak salah, dia mungkin  merasa bosana di dalam bioskop hingga mencari cara agar tidak jenuh. 

Sisi jelek bioskop kita itu kadang suka gitu. Mereka belum tegas dengan rating sebuah film. Toh, nyatanya anak yang belum sesuai usianya tetap bisa menikmati film asal mereka mampu membeli tiketnya. 

Seolah pihak bioskop itu hanya berpacu pada tiket yang habis terjual dan masa bodoh mau itu baik atau nggak untuk anak. Jadi, hal ini kembali lagi pada kesadaran para orang tua  untuk bijak dalam memilih tontonan saat mengajak buah hatinya.

Kalaupun ada orang tua yang membawa anak, harusnya mereka peka. Mengajari dan menjelaskan pada anak akan aturan nonton di bioskop, dan juga bila si anak rewel atau nangis maka mereka juga harus siap untuk keluar ruangan agar tidak mengganggu penonton yang lain. Itu sudah menjadi konsekuensinya.

 Bukannya tak memahami kondisi si anak ya, kalau rating film tersebut emang diperuntukan untuk anak-anak tentu kita juga akan mengerti kalau di bioskop nantinya akan ramai dan ricuh ala kegaduhan anak-anak. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x