Mohon tunggu...
Renaldi Fadliansyah
Renaldi Fadliansyah Mohon Tunggu... u are never too old to learn.

Mahasiswa Ilmu Komunikasi Uin Sunan Kalijaga (20107030033)

Selanjutnya

Tutup

Finansial Pilihan

Beda Investasi dan Menabung, Generasi Muda Wajib Tahu!

11 Maret 2021   22:13 Diperbarui: 12 Maret 2021   02:38 244 6 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Beda Investasi dan Menabung, Generasi Muda Wajib Tahu!
Sumber Foto : Finansialku.com

Bagi mereka yang ingin menambah dana, menabung dan berinvestasi masih menjadi cara favorit mereka. Selama ini masih banyak orang yang menganggap menabung dan investasi itu sama, padahal sebenarnya menabung dan investasi adalah dua hal yang berbeda.

Lantas apa sih bedanya antara kedua itu? supaya lebih paham mari kita bahas definisi antara investasi dan tabungan terlebih dahulu.

Investasi dapat didefinisikan sebagai upaya , baik dalam bentuk tenaga, materi, atau waktu, yang dilaksanakan pada saat ini, dengan tujuan untuk mendapatkan keuntungan di masa lampau atau di masa yang akan datang.

Jika berbicara mengenai investasi dalam bentuk materi,  maka setiap dilakukan dengan bijak, terlebih nilai investasi dari waktu ke waktu akan terus bertumbuh dan melebihi modal awalnya. Oleh karena itu investasi berpotensi memberikan imbal hasil ( return ) yang lebih besar jika dibandingan dengan tabungan konvensional.

Lalu bagaimana dengan definisi menabung? tentu jika setiap orang bisa mengungkapkan definisi tersebut ;  menabung diartikan dengan  menyisihkan sebagian pendapatan untuk disimpan guna  dalam keadaan darurat atau mempersiapkan masa depan.

Ide untuk menyisihkan beberapa uang guna memenuhi kebutuhan mendadak pasti sudah sangat wajar, dulu umumnya orang menyimpan uang di celengan, di tempat tidur, ataupun di lemari. Hingga pada saat ini hampir semua orang menyimpan uang di bank.

Tapi , tahukah bahwa bunga yang kita peroleh dengan menabung di bank tidak berbanding lurus dengan inflasi. Sehingga secara tidak langsung uang yang kita simpan di bank justru mengalami penurunan nilainya dibandingkan dengan kenaikan harga dan jasa.

Perlu kita ketahui antara menabung dan investasi memiliki daya tarik tersendiri, karena itu kita harus mengetahui apasih perbedaan antara investasi dan menabung ?

Risiko dan Bunga

Menabung dan investasi pasi memiliki risiko yang berbeda, tentu dalam menabung risiko akan lebih kecil, terlebih jika menabung di bank yang terpacaya pasti kualitas penyimpanan uang lebih terjamin. Tapi beda lagi dengan berinvestasi, dengan risiko yang lebih tinggi , bahkan ada kemungkinan uang yang di investasikan mengalami kerugian yang sangat besar, seperti dalam investasi saham jika anda mengalami kerugian.

Dibalik risiko yang tinggi serta dihantui dengan kerugian tersebut tidak lepas dari hasil bunga atau potensi imbalan yang besar dalam berinvestasi.  Uang yang diinvestasikan  memiliki peluang untuk bertambah , sehingga keuntungan yang akan di dapatkan akan kebih besar. Beda dengan menabung, keuntungan yang diperoleh dari tabungan tidak terlalu besar dan umumnya ditambakan pada bunga tabungan tahunan.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN