Mohon tunggu...
Reiva Regina Monalu
Reiva Regina Monalu Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa

Hobi olahraga dan membaca buku

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas

Hasil Merefleksikan Setelah Menggunakan Google Classroom Berdasarkan 4 Unsur STAR

29 Oktober 2023   23:35 Diperbarui: 29 Oktober 2023   23:40 111
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Halo teman-teman, Saya Reiva Regina Monalu, Mahasiswa Universitas Negeri Manado. Ini adalah tulisan Saya yang kedua  di Kompasiana. Semoga informasi yang saya tulis ini bisa bermanfaat bagi kalian ya!

Pada zaman sekarang era digital yang semakin eksis dan berkembang, pendidikan menggunakan teknologi online menjadi sebuah pilihan yang sangat maju dalam dunia Pendidikan. Salah satu media yang telah mengambil peran penting dalam konteks ini ialah GOOGLE CLASSROOM, dan saat ini Saya akan membagikan hasil refleksi Saya dalam menggunakan platform GC ini dengan 4 unsur STAR Yaitu;

Situation (Situasi ):
Pada saat memulai tugas saya sebagai mahasiswa, saya diajarkan bagaimana belajar dalam kelas online yang menggunakan beberapa platform pendukung pembelajaran online dan salah satunya  Google Classroom,  sebagai platform utama untuk pembelajaran waktu itu. Pandemilah yang telah mengubah dari pembelajaran tatap muka ke pembelajaran jarak jauh, dan Google Classroom menjadi media ruang virtual kami untuk berkumpul dan belajar.

Task (Tugas ):
Tugas Saya dalam hal ini hanyalah kuliah secara online, jika ada diskusi kelas maupun kelompok maka saya ikut berpartisipasi dalam diskusi secara vitual daring, dan tentu saja saya membuat tugas dan mengupload untuk memenuhi tugas pekerjaan rumah dari dosen mata kuliah.

Action (Tindakan ):
Untuk semua ini Saya merespon situasi ini dengan membuat jadwal harian  untuk saya sendiri. Saya membuat pengingat agar bisa mengikuti kuliah dan dapat membuat tugas tepat waktu. saya juga aktif ikut dalam forum diskusi di Google Classroom, membagikan pandangan saya, dan berkerja sama dengan teman sekelas secara online/daring.

 Result (Hasil):
Setelah saya belajar dengan sesuatu yang menurut saya ini adalah hal yang baru, saya mengintrospeksi diri untuk disiplin dalam memanajemen waktu dan belajar secara mandiri. Saya juga merasa nyaman dengan menggunakan teknologi sebagai media belajar, terutama dalam menggunakan platform Google Classroom. Walaupun banyak tantangan, pengalaman ini membuat saya agar tetap bisa menuntut ilmu dengan terhubung dalam pembelajaran, walaupun dalam situasi pandemi yang mengharuskan untuk dirumah saja. Ini membuat saya paham bahwa kita sebagai manusia yang akademis punya berbagai cara untuk belajar, bahkan dalam pendemi sekalipun kita bisa beradaptasi dengan zaman moderen dengan menggunakan teknologi yang ada.

Kesimpulannya, Google Classroom sudah membawa dampak yang sangat positif dalam dunia pendidikan dalam hal ini yaitu pembelajaran online, Dengan demikian, pengalaman dalam pembelajaran online menggunakan Google Classroom sudah membantu saya dalam mengasah skill dan kemandirian belajar dalam menghadapi situasi yang tidak pasti atau tidak diduga seperti pendemi yang telah terjadi beberapa tahun belakangan.
Terima Kasih.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun