Mohon tunggu...
Reinaldy Dwi Rivandy
Reinaldy Dwi Rivandy Mohon Tunggu... Pelajar/Mahasiswa

"Yesterday was history, Tomorrow is mystery, and Today is gift" - Master Oogway

Selanjutnya

Tutup

Travel

Air Terjun Pancur Aji, Wisata Alam Terpopuler di Kalimantan Barat

30 November 2020   15:12 Diperbarui: 22 Januari 2021   17:29 27 0 0 Mohon Tunggu...

Sanggau – Tak hanya populer di daerahnya, air terjun Pancur Aji sangat populer di kalangan warga Kalimantan Barat terutama di ibu kotanya yaitu Pontianak. Wisata alam air terjun ini menjadi tujuan utama para warga-warga Kalimantan Barat dalam menghabiskan waktu di hari liburnya khususnya dimasa pandemi seperti ini, tempat ini sangat cocok untuk dijadikan escape trip para wisatawan dari suntuknya selama dirumah aja.

Pancur Aji menawarkan sebuah pemandangan air terjun yang masih alami, khas air pegunungan yang dingin dengan udara yang masih segar karena jauh dari hiruk pikuk kendaraan dan jauh dari polusi. Pesona alam yang masih sangat kental membuat tempat ini sangat segar karena disekitarnya masih terdapat banyak hutan mengelilinginya. Air terjun ini juga sangat cocok untuk dijadikan spot foto dengan tema alam yang dapat memanjakan mata.

Air terjun ini berlokasi di kawasan wisata Pancur Aji, Jalan Pancur Aji, Kecamatan Kapuas, Kabupaten Sanggau, Kalimantan Barat. Untuk masuk ke jalannya wisatawan tidak perlu khawatir karena jalannya yang rusak tetapi jalanan disana sudah sangat bagus dengan beraspal mulus dan juga dapat diakses dengan kendaraan roda dua maupun roda empat.

Air terjun ini tidak terlalu tinggi, hanya sekitar empat sampai lima meter namun cukup lebar. Dengan ketinggian yang seperti itu, Pancur Aji tak kalah bagusnya dengan air terjun-air terjun lainnya di sekitar daerah Sanggau dikarenakan derasnya air sungai ini mengalir seakan-akan mirip dengan Air Terjun Niagara tetapi versi mini. Medan di perjalanan menuju ke Pancur Aji tidaklah rumit walaupun terdapat sedikit lumut di dasar sungai yang membuat jalan licin sehingga harus berhati-hati dalam melangkah.

Untuk para wisatawan yang ingin menikmati indahnya air terjun tanpa berbasah-basahan, disana tersedia beberapa bangku kecil untuk duduk sambil bersantai ria. Selain itu, fasilitas disanapun cukup memadai. Disana terdapat kamar mandi dan toilet yang bersih untuk bilas setelah bermain air di air terjunnya.

Link video : https://youtu.be/8INdwzwojng

#Sanggau #Traveling #AirTerjunPancurAji

VIDEO PILIHAN