Mohon tunggu...
Rechelin Shan
Rechelin Shan Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa President University

Embrace the glorious mess that you are. -Elizabeth Gilbert

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

President University, Universitas Swasta Bertaraf Internasional di Indonesia

10 November 2021   11:54 Diperbarui: 10 November 2021   16:28 115 0 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
President Univeristy Jababeka Education Park, Cikarang.

Pemilihan perguruan tinggi tentunya memegang peran yang sangat penting dalam menentukan masa depan. Para calon mahasiswa dapat memilih berbagai macam universitas yang telah tersedia di Indonesia. Namun, belum banyak yang tau mengenai apa itu universitas bertaraf internasional.

Universitas bertaraf internasional adalah universitas yang menerapkan kurikulum berstandar internasional dan semua mata kuliah disajikan dengan pengantar bahasa Inggris. Saat ini, ada banyak universitas bertaraf internasional yang dapat ditemukan di Indonesia salah satunya President University.

Dapat di lihat dari halaman admission.president.ac.id, President University adalah universitas yang terletak di Kawasan Industri Jababeka. Kawasan Industri Jababeka merupakan kawasan industri terbesar di Asia Tenggara yang memiliki 1.700 perusahaan multinational dari 30 negara (USA, Canada, UK, Germany, France, The Netherland, Korea, Japan, China, Taiwan, Malaysia, Singapore dan Australia). President University juga merupakan kampus "Akreditasi A" sesuai SK BAN-PT No. 411/SK/BAN-PT/Akred/PT/XII/2018.

Sebagai salah satu universitas dengan standar internasional, para mahasiswa dan mahasiswi di President University diajarkan untuk menggunakan bahasa inggris sebagai bahasa sehari-hari. Tak kalah menarik, proses pembelajaran dalam kelas bersama dosen dan materi yang disampaikan pun menggunakan bahasa inggris.

Selain melatih kemampuan bahasa inggris, hal ini juga membuat mahasiswa serta mahasiswi dapat mebiasakan dan memberanikan diri untuk berbicara dalam bahasa inggris. Ini menjadi salah satu pertimbangan yang sangat baik bagi para calon mahasiswa yang akan melanjutkan pendidikan ke jenjang berikutnya.

Berkuliah di universitas bertaraf internasional tentunya memiliki banyak kelebihan bagi para mahasiswa dan mahasiswi. Berdasarkan artikel yang ditulis oleh Ricky Sudewo, beberapa keuntungan yang dapat dirasakan saat kuliah di President University diantaranya, dapat bertemu dan berinteraksi dengan mahasiswa dari berbagai negara. Karena President University merupakan salah satu opsi bagi mahasiswa dari luar negeri untuk mengikuti kegiatan "Study Abroad" sehingga kita dapat  bertemu, dan sama-sama mempelajari serta beradaptasi dengan menggunakan bahasa Inggris.

Selain itu, dalam artikel yang ditulis oleh Intan Zanofani, President University menyediakan program matrikulasi serta pengenalan kampus yang bertujuan untuk menyambut sekaligus membantu calon mahasiswa untuk beradaptasi dengan lingkungan yang menggunakan bahasa Inggris. Kegiatan pengenalan kampus yang diadakan untuk memperkenalkan berbagai organisasi, club, serta komunitas juga sangat menyenangkan dan mengundang para mahasiswa baru untuk bergabung ke dalam kelompok yang sesuai dengan hobi dan minat masing-masing.

Selain fasilitas dan kegiatan menarik yang disediakan, President University juga memiliki pengajar dan praktisi yang kompeten dalam bidangnya. Tidak hanya dari dalam negeri, namun ada juga dosen dari luar negeri yang pastinya membuat kegiatan belajar tidak kalah seru.

Waktu tempuh untuk studi S-1 adalah sebanyak 10 semester sehingga mahasiswa dapat lulus dengan waktu 3 tahun, 4 bulan. President University juga menyediakan program magang selama maksimum 2 semester bagi mahasiswa dan mahasiswi nya untuk mempersiapkan mereka memasuki jenjang karier.

source: https://twitter.com/President_Univ/status/1203977665994088449/photo/1
source: https://twitter.com/President_Univ/status/1203977665994088449/photo/1

Berdasarkan president.ac.id, saat ini President University memiliki 4 fakultas dan 18 program studi yaitu Fakultas Humaniora (Komunikasi, Hubungan Internasional, Hukum, dan Pendidikan Guru Sekolah Dasar), Fakultas Bisnis (Akuntansi, Ilmu Aktuaria, Administrasi Bisnis, Manajemen, dan Magister Manajemen Teknologi), Fakultas Teknik (Teknik Sipil, Teknik Elektro, Teknik Lingkungan, Teknik Industri, dan Teknik Mesin), dan Fakultas Ilmu Komputer (Sistem Informasi, Teknologi Informasi, Desain Komunikasi Visual, dan Magister Sains. dan Teknologi Informasi).

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Edukasi Selengkapnya
Lihat Edukasi Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan