Mohon tunggu...
Rd.
Rd. Mohon Tunggu... Lainnya - .

tentang buku, sepeda, debian, motor tua, musik, makanan, bubin LantanG dan bang Rhoma

Selanjutnya

Tutup

Trip Pilihan

Perjalanan Sarapan Sebelum Menuju Kantor

4 November 2022   11:58 Diperbarui: 4 November 2022   12:05 240
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
jalan menuju pelabuhan / dok. pribadi

Sebenarnya ini akibat kepagian ke kantor, jadinya memutuskan meneruskan perjalanan menuju pelabuhan, sekitar 2 kilometer dari kantor Kecamatan Aranio.  Kebetulan lokasinya sama-sama berada di wilayah hutan jadi udara masih terasa nyaman.  Jalanan pun masih terasa sepi, cuma ada sedikit orang yang beraktivitas di pelabuhan.

Jalan yang berkelok dan menanjak di beberapa titik, menjadi salahsatu destinasi favorit saat sepedaan di akhir pekan, selain itu pemandangan di sepanjang jalan cukup memanjakan mata dan hati.

di tengah jalan menuju pelabuhan / dok. pribadi
di tengah jalan menuju pelabuhan / dok. pribadi

Pelabuhan yang dimaksud adalah pelabuhan sungai yang berada di bibir desa Tiwingan Lama, sebenarnya lebih pas disebut pelabuhan waduk, karena nyatanya pelabuhan itu melayani penumpang yang ingin bepergian ke seluruh penjuru waduk Riam Kanan, yang di salah satu sudutnya terdapat turbin pembangkit listrik tenaga air (PLTA).  PLTA ini untuk memasok listrik di wilayah Kalimantan Selatan dan Tengah.

Perkampungan penduduk sendiri dulunya berada di dasar waduk, yang kemudian ditenggelamkan pada tahun 1972.  Akibatnya kampung menjadi terpencar ke sekeliling waduk, beberapa kampung hanya bisa didatangi lewat transportasi air.

pelabuhan Tiwingan Lama / dok.pribadi
pelabuhan Tiwingan Lama / dok.pribadi

Tujuan utama ke pelabuhan tentu saja menuju warung sekitar pelabuhan yang biasanya menyediakan menu spesial, yaitu daging menjangan atau daging rusa sambar (Rusa unicolor).  Tetapi kali ini rupanya belum beruntung, daging rusa yang empuk yang biasanya menjadi lauk dalam nasi bungkus rupanya sedang tidak tersedia.  Jadinya memilih menu yang ada saja, karena ayam sudah biasa maka kali ini mencoba ikan Toman (Channa micropeltes) saja.  Menu toman kari sepertinya menarik untuk sarapan.

nasi bungkus ikan Toman / dok. pribadi
nasi bungkus ikan Toman / dok. pribadi

Ternyata bumbunya enak, manis dan gurihnya pas, porsinya pun pas untuk sarapan, tak kurang pun tak berlebih.  Ditambah dengan segelas teh tawar hangat, rasanya makin nikmat.

kari Toman / dok. pribadi
kari Toman / dok. pribadi

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Trip Selengkapnya
Lihat Trip Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun