Mohon tunggu...
Radityo Cahyo
Radityo Cahyo Mohon Tunggu... Lainnya - Mahasiswa Jurusan Ilmu Hubungan Internasional Universitas Pembangunan Nasional "Veteran" Yogyakarta

An amateur writer who willing to learn more!

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Alam & Tekno Artikel Utama

Mengenal Diplomasi Digital, Apa yang Sudah Dilakukan Indonesia?

23 Mei 2022   20:30 Diperbarui: 25 Mei 2022   13:45 1118 17 1
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
ilustrasi percakapan digital. (sumber: pixabay.com/geralt)

Pada era globalisasi ini semua masyarakat seluruh dunia pastinya sudah merasakan paparan dari terbukanya informasi tidak terbatas dari hadirnya efek globalisasi yakni jejaring sosial media. 

Meskipun tidak bisa disamaratakan namun tentunya mayoritas telah mengenal apa yang dinamakan internet dan apa saja kegunaannya. 

Pada awal tercipta salah satu cikal bakal globalisasi ini hanya bisa digunakan sebagai alat komunikasi jarak jauh sehingga memungkinkan untuk seorang masyarakat berinteraksi dengan masyarakat yang berada di negara lainnya. 

Namun seiring berjalannya waktu teknologi yang kian berkembang menciptakan sebuah realitas baru dalam perkembangannya. 

Pada abad ke - 21 ini kita mengenal maraknya penggunaan sosial media seperti Facebook, Instagram, Twitter, Whatsapp dan lainnya yang membuat masyarakat sangat mudah untuk memperoleh informasi tanpa harus beranjak kaki untuk melihat kondisi sebenarnya dari sebuah tempat dan hanya berlandaskan informasi yang muncul pada kolom sosial media masing - masing. 

Tentunya hal ini menyebabkan banyaknya dampak yang terjadi pada negara di dunia salah satunya adalah bagaimana cara sebuah negara berdiplomasi dengan negara lainnya.

Sejatinya diplomasi diartikan sebagai sebuah aktivitas sebuah negara untuk menjalin hubungan dengan negara lainnya  melalui sebuah konferensi tanpa menggunakan sebuah paksaan untuk mencapai kesepakatan sehingga kepentingan masing - masing dapat diraih satu sama lain dengan hasil Win - Win Solution

Segala jenis kepentingan nasional dapat diraih sebuah negara melalui diplomasi seperti ekonomi, politik dan aspek kenegaraan lainnya dengan cara mengandalkan seorang perwakilan seperti Duta Besar untuk berunding dengan Duta Besar negara lainnya. 

Setelah masyarakat merasakan dampak yang begitu besar akibat globalisasi kali ini globalisasi juga memberikan dampak bagi proses berjalannya diplomasi pada abad ke - 21. 

Layaknya masyarakat, aktivitas diplomasi juga mengalami evolusi dalam pelaksanaanya sehingga terciptalah sebuah jalan diplomasi baru yang beradaptasi dengan teknologi yang tersedia saat ini yang kerap disebut dengan Diplomasi Digital.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
  4. 4
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Lihat Ilmu Alam & Tekno Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan