Mohon tunggu...
Ray Mond
Ray Mond Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Trisakti School of Management

Mahasiswa TSM

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud & Agama

Bagaimana Komunikasi dari Seorang Pemimpin dan Komunikasi Manajemen

1 November 2021   23:23 Diperbarui: 1 November 2021   23:29 66 1 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Ilmu Sosbud dan Agama. Sumber ilustrasi: PEXELS

Pengertian dari Komunikasi itu sendiri adalah  proses dimana informasi dan pemahaman ditransfer antara pengirim dan penerima, seperti antara pemimpin dan karyawan, instruktur dan siswa, atau pelatih dan pemain. Jadi bisa dikatakan komunikasi ini memiliki peranan yang sangat penting tidak hanya dalam perusahaan saja tapi bisa kesemua hal , maka dari itu sebisa mungkin Ketika mendapatkan informasi disampaikan denganbenar dan sebisa mungkin menghindari misskom karena seperti misskom inilah yang bisa membuat adanya permasalahan dalam sebuah organisasi .

Disini dalam bagaimana Komunikasi dari seorang pemimpin terdapat beberapa hal yang perlu di perhatikan diantaranya :

Pengirim memulai komunikasi dengan menyandikan (encoding) pemikiran atau ide, yaitu dengan memilih simbol (seperti kata-kata) yang dapat digunakan untuk menyusun dan mengirimkan pesan.

Jadi bisa dikatakan kalo pengirim ini itu kek yang memulai komunikasi atau memulai percakapan yang berisikan mengenai ide  yang nantinya bisa digunakan untuk Menyusun dan mengirimkan pesan.

Saluran bisa berupa laporan formal, blog, panggilan telepon, email atau pesan teks, atau percakapan tatap muka.

Jadi bisa dikatakan kalo saluran ini itu lebih kearah laporan yang formal , lalu bisa juga dalam bentuk blog , lalu bisa juga saluran ini panggilan telepon , bisa juga dalam bentuk email serta saluran percakapan ini juga bisa dilakukan melalui tatap muka atau face to face langsung.

Penerima menerjemahkan simbol untuk menafsirkan makna pesan (decoding).

Jadi bisa dikatakan penerima ini Ketika ia menerima pesan dari pengirim sebisa mungkin untuk menafsirkan pesan yang diterima dari pengirim sehingga Ketika menerima dan menafsirkan pesan tersebur si penerima sudah paham dengan makna yang baik dan benar .

Noise adalah penerima salah dalam menerjemahkan pengkodean dan penguraian sehingga dapat mengartikan pesan dengan salah.

Jadi bisa dikatakan kalo noise ini itu lebih kearah Ketika seseorang salah dalam menerjemahkan pesan dalam kode maka noise ini bisa membantu untuk mengartikan pesan yang salah ini supaya nantinya tidak ada kekeliruan antara si pengirim pesan dengan si penerima pesan tersebut.

Umpan balik terjadi ketika penerima merespons komunikasi pemimpin dengan pesan balasan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud & Agama Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan