Mohon tunggu...
Raudhatul Ilmi
Raudhatul Ilmi Mohon Tunggu... Freelancer - FOUNDER @Cerdasinvestasi.id

"Sebaik-baik kamu adalah yang bermanfaat bagi orang lain"

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

3 Upaya yang Bisa Kamu Lakukan Untuk Mencapai Financial Freedom

18 Agustus 2022   04:53 Diperbarui: 18 Agustus 2022   05:20 245 25 5
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber ilustrasi:Bisniz.id

Financial freedom adalah suatu kondisi atau tahapan di mana seseorang sudah memiliki passive income yang cukup untuk memenuhi biaya hidupnya sehari-hari. Dengan begitu, dia tidak akan cemas lagi memikirkan kondisi keuangannya.

Secara umum ada 3 manfaat yang didapatkan jika kita berhasil mencapai Financial Freedom, yaitu:
1. Menjadi mandiri secara finansial.
Dalam hal ini kamu tetap bisa bertahan hidup walaupun tidak lagi bekerja dan nggak perlu bergantung kepada orang lain untuk memenuhi kebutuhanmu. Bahkan, Financial freedom juga memungkinkan kamu untuk memutus rantai generasi sandwich yang sudah membudaya di republik Indonesia tercinta

2. Tidak lagi pusing memikirkan cara memenuhi kebutuhan harian.
Ketika kamu sudah punya dana yang cukup, kamu nggak perlu lagi pusing memikirkan kebutuhan sehari-hari, seperti makan, transportasi, listrik, air, dan lain sebagainya. Ibarat kata uangnya sudah tersedia ya tinggal dimanfaatkan saja

3. Bisa fokus melakukan hal yang kamu cintai.
Jika sudah mencapai Financial Freedom, kamu bisa lebih fokus melakukan hal yang sebelumnya tidak bisa kamu lakukan karena sibuk dengan aktivitas harianmu. Meskipun kamu masih ingin bekerja, kamu bisa tetap kerja yangsesuai dengan passion kamu. inilah waktu yang ideal untuk bekerja pada bidang yang kamu cintai.

Sumber ilustrasi:Finansialku
Sumber ilustrasi:Finansialku

Lalu upaya apa saja yang bisa dilakukan. Ada 3 hal penting yang bisa kamu lakukan untuk mencapai Financial Freedom yaitu:

1. Catat pengeluaran secara detail

Dengan mencatat semua pengeluaran, kamu akan tau kemana saja kamu menghabiskan uangmu dan jika sudah paham akan hal itu tentunya bisa membuatmu lebih mudah mengatur keuanganmu.

2. Menambah active income

Semakin besar jumlah active income yang kamu punya, maka semakin besar jumlah dana yang bisa kamu investasikan untuk masa depan. Kamu bisa mempertimbangkan pula penghasilan tambahan dari pekerjaan sampingan yang kamu jalani.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan