Mohon tunggu...
Ratu Nandi
Ratu Nandi Mohon Tunggu... Guru

Guru SDN Kaliabang Tengah VIII, Kota Bekasi, Jawa Barat. email: ratunandi75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Kuliner

Kue Duit

5 Juli 2019   15:15 Diperbarui: 5 Juli 2019   15:22 0 0 0 Mohon Tunggu...
Kue Duit
Sumber: Dokumen Pribadi

Dengar namanya agak unik. Kue duit, ya makanan khas Betawi ini biasanya disuguhkan pada acara khusus seperti pada saat lebaran. Kue ini dinamakan kue duit konon katanya bentuknya seperti duit jaman dulu, berbentuk koin bulat tipis. Mirip seperti duit/uang koin makanya disebut kue duit. Berwarna-warni sesuai selera yang membuat. 

Kue yang berbahan dasar tepung ketan dan kelapa parut ini rasanya gurih. Sensasi rasanya yang gurih membuat nagih bagi yang memakannya. Cara membuatnya seperti membuat kerupuk, biasanya beras ketan direndam terlebih dahulu lalu tiriskan kemudian di giling, di uleni pakai kelapa parut plus garem, dan sedikit air, kemudian di kukus terus di tumbuk seperti buat uli, bentuk bulat panjang, setelah itu diiris-iris tipis dibentuk seperti membuat kerupuk, dijemur lalu di goreng. 

Cocok juga dimakan bersama bakso atau makanan yang berkuah sebagai pengganti kerupuk. Biasanya disuguhkan di dalam toples agar tetap renyah dan tidak melempem terkena angin. Kue ini sudah mulai jarang ditemukan selain saat lebaran atau hajatan orang Betawi.