Mohon tunggu...
Moeh Zainal Khairul
Moeh Zainal Khairul Mohon Tunggu... Dosen - Penjelajah

Tenaga Ahli Pendamping UKM Dinas Koperasi dan UKM Kota Makassar 2022 Coach Lecturer

Selanjutnya

Tutup

Finansial

NFT Peluang atau Tantangan? Awas Jangan Latah

18 Januari 2022   07:21 Diperbarui: 18 Januari 2022   07:26 413 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Ada banyak pro dan kontra untuk melakukan investasi NFT. Yang utama adalah likuiditas token NFT yang terbatas, yang tidak sekuat saham atau bitcoin. Tidak mungkin menjual NFT, karena Anda hanya dapat menemukan seseorang yang bersedia membelinya dengan harga tertentu. 

Oleh karena itu, jika pasar turun, Anda berada dalam masalah. Dan jika Anda bukan investor yang cerdas, Anda tidak akan bisa menjualnya dengan keuntungan berlimpah.

Satu keuntungan besar dari NFT adalah kelangkaan yang mereka berikan. Dengan ketersediaan yang terbatas, calon pembeli terdorong untuk terpaku pada suatu barang. Ketakutan orang lain memperoleh NFT mendorong mereka untuk melakukan pembelian. 

Misalnya, Anda dapat membeli karya seni digital oleh seniman Beeple. Atau versi piksel dari potret karakter CryptoPunks. Ini menciptakan elemen kelangkaan yang menarik banyak perhatian.

Manfaat lain dari NFT adalah pasokan yang terbatas. Tidak seperti aset lainnya, NFT adalah salah satu jenis dan terbatas jumlahnya. Mereka juga berisi kode pengidentifikasi unik. Pengenal ini memudahkan pembeli untuk melacak riwayat kepemilikan NFT tertentu. 

NFT dapat berbeda dalam lokasi dan nilai dari sebidang tanah dunia nyata, dan dapat dengan mudah diperdagangkan di blockchain.

Keuntungan lain dari NFT adalah bahwa mereka adalah cara yang relatif murah untuk berinvestasi. Anda tidak perlu berpegang pada aset fisik untuk mendapatkan keuntungan. Anda dapat menggunakan NFT untuk membeli seni digital. 

Ada jutaan dari mereka yang sudah tersedia dan ribuan lainnya diluncurkan setiap hari. Anda dapat memilih untuk membeli salah satu dari jutaan NFT yang terdaftar di OpenSea, yang memiliki 4 juta dari jutaan aset yang berpotensi tersedia. Membeli NFT tidak serumit kedengarannya dan selalu ada ruang untuk perbaikan.

Sementara NFT adalah cara yang bagus untuk berinvestasi di real estat, mereka adalah pilihan yang buruk bagi sebagian besar investor. Satu-satunya downside adalah bahwa mereka tidak dapat digunakan untuk membeli properti real estat. 

Jika Anda ingin melakukan investasi NFT, Anda harus membuatnya sendiri. Anda harus menggunakan pasar dan membuatnya. Jika Anda tertarik, periksa Laut Terbuka.

Coinbase adalah salah satu pemain terbesar di pasar NFT. Ini adalah pertukaran cryptocurrency populer di lebih dari 100 negara, dan Coinbase adalah salah satu tempat paling populer untuk membeli NFT. 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Finansial Selengkapnya
Lihat Finansial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan