Mohon tunggu...
ratna purnamawati
ratna purnamawati Mohon Tunggu... Guru - guru fisika SMA

guru fisika SMA yang suka musik, menulis, nonton bola, dan menanam anggrek

Selanjutnya

Tutup

Ilmu Sosbud

Penggunaan TTS Sebagai Media Pembelajaran

6 April 2022   09:46 Diperbarui: 6 April 2022   09:47 6887
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

PENGGUNAAN TTS SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN MATERI TEKNOLOGI DIGITAL MATA PELAJARAN FISIKA KELAS XII MIPA

          Pada saat ini pendidikan sudah mengalami perubahan yang sangat pesat. Berbagai cara pembelajaran atau model pembelajaran juga telah banyak digunakan dalam proses pembelajaran. Seorang pendidik harus bisa memahami berbagai karakter peserta didik mereka, ia tidak hanya harus menguasai materi yang disampaikan tapi juga harus menguasai cara terbaik untuk menyampaikan materi tersebut. Mengajar merupakan kegiatan yang saling bertautan secara kompleks antara kejadian dan kegiatan yang terjadi bersamaan, Pengajar harus menerapkan pengetahuan pribadi terhadap situasi kelas yang kompleks dan membuat keputusan yang mengarahkan mereka untuk memperbaiki prestasi siswa. Oleh karena itu penting bagi setiap pendidik memahami sebaik-baiknya tentang proses belajar murid, agar ia dapat memberikan bimbingan dan menyediakan lingkungan belajar yang tepat dan serasi bagi siswa (Hamalik, 2010:27).

          Seperti semua ketahui pelajaran fisika merupakan pelajaran yang sulit dalam rumpun mata pelajaran IPA karena dipenuhi dengan rumus-rumus. Padahal tidak semua materi fisika dipenuhi dengan rumus-rumus, bahkan ada materi yang nol rumus atau tanpa rumus. Salah satu materi tersebut adalah teknologi digital. Materi teknologi digital diajarkan pada kelas XII MIPA di semester genap. Karena materi tersebut merupakan materi yang tanpa rumus di dalamnya, maka alangkah baiknya seorang pendidik mengajarkannya dengan metode pembelajaran yang tidak seperti biasanya.

          Salah satu media pembelajaran yang bisa digunakan adalah dengan menggunakan media teka-teki silang dalam proses belajar mengajar. Teka-Teki Silang (TTS) adalah suatu media yang sangat tepat untuk mengajarkan materi-materi pembelajaran yang konsepnya untuk mengajarkan ketrampilan siswa dalam menulis, menghafal kosakata, dan media yang menyenangkan karena sifatnya permainan. Dengan menggunakan permainan Teka-Teki Silang ini, maka siswa akan merasa lebih tertantang dalam mengerjakan soal yang telah diberikan oleh pendidik, selain itu siswa akan lebih memahami tentang materi yang telah diberikan, karena hal ini dapat mengatasi kejenuhan siswa yang selama ini hanya menjawab soal-soal yang diberikan dengan model soal pilihan ganda atau uraian.

         Media TTS bisa pendidik buat sendiri dan disesuaikan dengan materi. Untuk itu diperlukan kreativitas pendidik untuk membuatnya. Dengan membuat sendiri TTS pendidik akan lebih mudah mengoreksi hasil kerjaan siswa, juga kreativitas pendidik lebih meningkat. Di samping itu isi dari TTS harus sesuai dengan materi yang pendidik ajarkan. Hal ini tentu tidaklah mudah bagi pendidik yang belum berpengalaman terutama untuk teka teki silang bertema mata pelajaran yang sulit. Semakin spesifik bahasan pelajaran yang dipilih, maka semakin terbatas cakupan kosa kata yang bisa dimasukkan ke dalam teka teki silang. Hal ini tentu berbeda dengan teka teki silang umum yang hanya bertujuan untuk menguji pengetahuan dan wawasan umum saja. Oleh sebab itu pendidik harus memiliki pengetahuan dan wawasan yang memadai ketika mempraktikkan cara membuat teka teki silang untuk media belajar di sekolah secara manual. Karena sudah menjadi hal umum bahwa cara membuat TTS secara manual dengan menggunakan tema bahasan tertentu jauh lebih sulit daripada mengisi teka teki silang tersebut. Tapi, pendidik bisa mencobanya dengan cara online yaitu melalui media internet. Banyak tersedia situs-sistus online gratis yang bertebaran di internet, syaratnya komputer pendidik harus terhubung langsung dengan jaringan internet, baik melalui modem maupun jaringan Wifi.

          Karena bertujuan untuk dijadikan media belajar siswa, maka pendidik harus menentukan tema pertanyaan teka teki silang dengan satu konsep materi pada mata pelajaran tertentu. Dengan menggunakan teka teki silang atau TTS, diharapkan para murid bisa lebih bersemangat untuk mempelajari materi pelajaran serta termotivasi untuk turut serta aktif dalam aktivitas belajar di sekolah.

          Jalan keluar yang sangat mudah seperti yang tertulis diatas adalah dengan menggunakan fasiltas situs online, salah satu situs yang membantu pendidik membuat crossword puzzle (TTS) adalah http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/criss-cross . Situs ini memiliki banyak pilihan menu, untuk kali ini kita akan membuat TTS bentuk criss cross atau yang biasa kita temui di koran maupun majalah. Pada kesempatan kali ini saya akan sharing bagaimana membuat TTS bentuk criss cross.

1.Kunjungi http://puzzlemaker.discoveryeducation.com/criss-cross

2.Tulis Judul TTS yang akan kita buat.

3.Masukkan jawaban & pertanyaan sekaligus dengan format : Jawaban spasi Pertanyaan. Contoh : One The First Number

4.Tekan tombol Create My Puzzle

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ilmu Sosbud Selengkapnya
Lihat Ilmu Sosbud Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun