Mohon tunggu...
Rasta Pramudya
Rasta Pramudya Mohon Tunggu... Blogger

Semoga kalian terhibur dengan artikel-artikel yang saya buat di Kompasiana

Selanjutnya

Tutup

Karir

Biarkan Anak Anda Memilih Kariernya Sendiri

18 Juni 2021   15:14 Diperbarui: 20 Juni 2021   10:25 19 0 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Biarkan Anak Anda Memilih Kariernya Sendiri
Gambar oleh <a href="https://pixabay.com/id/users/ar130405-423602/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2081167">ar130405</a> dari <a href="https://pixabay.com/id/?utm_source=link-attribution&amp;utm_medium=referral&amp;utm_campaign=image&amp;utm_content=2081167">Pixabay</a>

Banyak sekali di luar sana anak-anak yang dipaksa oleh orang tuanya menjadi apa yang orang tua inginkan. Padahal sudah jelas-jelas si anak tidak berbakat bahkan tidak ada minat sedikit pun dengan hal yang mereka inginkan itu. 

Orang tua sering kali menganggap bahwa merekalah yang paling tahu dan paling menentukan kehidupan anaknya kelak.

"Pokoknya kamu harus jadi 'ini'. 'ini' akan membuat mu sukses. Aku tahu yang terbaik untukmu! " Kata-kata yang paling sering terlontar oleh orang tua model seperti itu.

Bagaimana kenyataannya? Di Indonesia sendiri juga memang banyak yang seperti itu. Sebut saja kebanyakan orangtua ingin anaknya kerja di kedinasan. Mereka menganggap bekerja di instansi pemerintah adalah jalan untuk meraih kebebasan. Padahal itu bukan satu-satunya cara

Bagaimana pengaruhnya untuk anak? Anak-anak akan mulai ragu dengan segala keputusannya. Dia akan cenderung berpikir berlebihan. Apakah hal yang ia ingin lakukan akan berdampak pada kesuksesan seperti yang orangtuanya katakan atau tidak. 

Karena tata ajar yang seperti ini, kenyataannya kita sudah kehilangan ribuan seniman yang mungkin kelak bisa menciptakan lukisan sekelas dengan Da Vinci. Mungkin juga kita akan melihat seorang atlet yang mampu memecahkan rekor-rekor fenomenal. Sayangnya tidak.

Maka dari itu, biarlah anak-anak menentukan sendiri kisah hidupnya. Kalian sebagai orangtua hanya mendukung dan meningkatkan mana yang baik dan mana yang buruk agar dia tetap berada di jalan yang benar.

VIDEO PILIHAN