Mohon tunggu...
RARAS MITA RIANDA
RARAS MITA RIANDA Mohon Tunggu... Mahasiswa - Blog Pribadi

seorang mahasiswa yang sedang berproses menuju kesuksesan

Selanjutnya

Tutup

Pendidikan

Peran Pancasila dalam Pelayanan Kesehatan

14 Agustus 2022   10:17 Diperbarui: 14 Agustus 2022   10:20 430 2 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Pendidikan. Sumber ilustrasi: PEXELS/McElspeth

Peran Pancasila dalam Pelayanan Kesehatan

Sebelumnya, Apa sih pancasila itu? Berdasarkan asal katanya, Pancasila terdiri atas dua suku kata, yaitu panca dan sila. Panca artinya lima dan sila artinya dasar. Jadi Pancasila adalah lima dasar dari Negara Kesatuan Republik Indonesia. Pancasila adalah pilar ideologis negara Indonesia.

Sedangakan pelayanan kesehatan adalah upaya yang di selenggarakan sendiri atau bersama-sama dalam suatu organisasi guna memelihara dan meningkatkan kesehatan, mencegah dan menyembuhkan penyakit serta memulihkan kesehatan perseorangan, keluarga, kelompok dan ataupun masyarakat.

Peran pancasila sangat penting di bidang kesehatan karena  tenaga kesehatan seharusnya menerapakan nilai-nilai pancasila dalam peningkatan pelayanan masyarakat. Nilai nilai yang terkandung dalam pancasila memberikan pembelajaran yang dapat diambil dalam pelayanan kesehatan . 

Jadi jelas bahwa jika tenaga kesehatan dapat menerapkan nilai-nilai pancasila dalam melaksanakan pelayanan kesehatan masyarakat maka akan tercapai tingkat kesejahteraan Kesehatan nasional. 

Nilai yang dapat diambil sebagai tenaga kesehatan dan sebagai warga indonesia dari nilai-nilai Pancasila salah satunya adalah  Kemanusian yang adil dan beradab makna sila kedua ini adalah bahwa kita sesama manusia mempunyai derajat yang sama. Sebagai tenaga kesehatan Hal ini penting untuk diterapkan dalam pelayanan kesehatan misalnya kita tidak boleh membeda bedakan pasien dalam hal finansial, ras, suku,ataupun agama. 

Dalam menjalankan profesi sebagai tenaga kesehatan, memberikan pelayanan yang terbaik untuk pasien merupakan sebuah kewajiban bagi tenaga kesehatan. Bukan semata-mata hanya karena mendapatkan uang tetapi juga keikhlasan dan Ketulusan  dalam melayani pasien tanpa membeda-bedakan satu sama lain. Hal ini merupakan salah satu makna dari sila yang terkandung dalam pancasila.

Peningkatan pelayanan masyarakat dalam bidang Kesehatan harus dilakukan karena saat ini masih kurangnya pelayanan kesehatan misalnya seperti kurangya kamar pasien, kurangnya tenaga medis yang profesional,kurangnya tenaga kerja contoh ini diambil dari pengalaman saya yaitu menunggu antrian lama dipuskesmas yang ternyata banyak tenaga kerja yang tidak masuk hal ini merugikan pasien karena menunggu lama dan juga merugikan tenaga kerja lain karena terlalu kewalahan dalam melayani. 

Oleh karena itu mulai dari sekarang tenaga kesehatan dan pemerintah Indonesia harus berpartisipasi dalam peningkatan pelayanan kesehatan masyarakat sesuai pedoman nilai nilai pancasila.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Pendidikan Selengkapnya
Lihat Pendidikan Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan