Mohon tunggu...
BANYU BIRU
BANYU BIRU Mohon Tunggu... Penulis - Guru | Pecandu Fiksi

Orang yang benar-benar bisa merendahkanmu adalah dirimu sendiri. Fokus pada apa yang kamu mulai.Jangan berhenti, jangan merendah, selesaikan pertandinganmu. Kita berkarya untuk keabadian. Sesungguhnya karya adalah anak. Biarkan ia berproses, tumbuh dewasa dan menemukan jodohnya.

Selanjutnya

Tutup

Hobby

Review Novel Ganti Suami | Juara 1 Ruang Menulis Bentang

17 April 2022   12:15 Diperbarui: 17 April 2022   12:22 758
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.

Judul Buku: Ganti Suami

Penulis: Puspa Kirana

Penyunting: Dhewiberta H.

Penerbit: Bentang Pustaka (2022)

Halaman: vii + 320 hlm.

Rate: 4.8

Setuju nggak kalau dunia bisnis itu kejam? Bisa ya, bisa juga tidak. Namun, itulah yag dialami Saras, ibu dua anak yang berusaha mempertahankan rumah tangganya di tengah situasi bisnis keluarga yang sulit. Mau tidak mau, ia harus terjun juga dengan minim pengetahuan.

Novel ini berhasil mengaduk-aduk perasaan saya saat membacanya. Ketika saya menempatkan diri pada karakter Saras, saya turut membenci Haura --adik  ipar Saras, merasa diabaikan oleh Dewa, suaminya dan memahami kenyamanan Saras saat berada disisi Erlangga.

Menurut saya pribadi, ide cerita ini sudah umum tetapi yang menjadi istimewa bagi saya adalah alur yang tidak mudah ditebak. Konflik entrepeneurship dapat digambarkan dengan jelas sehingga cerita pembaca tidak memiliki jarak yang berarti alias pembaca dapat membayangkan situasi yang digambarkan dengan lebih real walupun pembaca tidak memiliki latar belakang bisnis.

Cerita berhasil memberikan kejutan-kejutan sehingga saya tergoda untuk menyelesaikannya secepat mungkin. Bagian paling yang membuat saya kaget, marah, kecewa pada Erlangga dan iba pada Saras terdapat pada Bab 18. Sama dengan judul babnya, benar-benar saya mendapat shocking attack. Kebetulan saya membaca pada malam hari, dan itu berhasil membuat  tidur saya tidak tenang hahaha.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Hobby Selengkapnya
Lihat Hobby Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun