Travel Story

Tax Refund di Gangnam Korea untuk Shopping dan Operasi Plastik

17 April 2018   08:49 Diperbarui: 17 April 2018   09:05 546 1 0
Tax Refund di Gangnam Korea untuk Shopping dan Operasi Plastik
Sumber: 123rf.com

Pajak menjadi bagian aspek terpenting untuk pendapatan negara yang akan disalurkan untuk kepentingan rakyat. Pajak ini tidak hanya berlalu untuk penduduk lokal saja namun berlaku untuk para turis yang berkunjung.

Bila anda sudah merencanankan untuk ber-holiday an di Korea, setiap pembelian barang anda pasti terkena pajak termasuk bila anda mengunakan jasa operasi plastik Gangnam Korea! Pajak yang paling standart adalah PPN yang merupakan 10% dari harga barang ataupun jasa.

Di Korea untuk pembelian barang ataupun jasa, pengenaaan pajak biasanya udah dimasukkan ke dalam harga tersebut. Contohnya: membeli kosmetik 50,000 won, maka harga tersebut sudah termasuk pajak 10% dan bila diperhatikan maka akan terdapat perincian harga barang 45,000 won dan pajak 5,000 won. Turis tidak perlu lagi menghitung harga tambahan pajak karena semua barang sudah nett.

Pajak juga tidak hanya menempel pada pembelanjaan barang saja, mengunakan jasa pun juga ada pajak 10% seperti: memotong rambut, mengunakan jasa taxi, maupun mengunakan service dari operasi plastik Gangnam Korea. Nah, ada berita bagusnya nih... kebijaksanaan pemerintah Korea berkenaan dengan pajak bagi para turis yang berkunjung tidak lebih dari 90 hari, akan dikembalikan pajak yang sudah dibayar. 

Lumayan juga pengumpulan 10% dari setiap pembelanjaan barang dan pengunaan jasa yang ada kan. Termasuk rumah sakit operasi plastik Gangnam Korea juga menyediakan tax refund untuk para pasiennya, bila pajak dari jasa operasi dikembalikan lumayan juga untuk tambahan budget shopping. Wajah cantik setelah operasi plastik Gangnam Korea, makin keren dengan barang-barang made in Korea. 

Dok. Pribadi
Dok. Pribadi
Cara tax refund untuk turis ke Korea sendiri cukup mudah, biasanya di toko-toko sudah tertera stiker "TAX REFUND" apalagi untuk tempat-tempat yang banyak dikunjungi oleh turis seperti: Dongdaemun, Myeongdong, Gangnam, dll. Pasti sering ya mendengar ini, karena 90% masuk dalam itinery dan semua pasti penasaran dengan barang-barang yang ditawarkan termasuk jajanann pinggir jalan yang membuat ngiler.

Dari jumlah belanja minimal 30,000 won biasanya pegawai toko akan memberikan stamp langsung dan meminta passport untuk didaftarkan pengambilan tax refund. Jadi penting juga untuk membawa passport pada saat belanja. Kumpulkan semua slip pembelanjaan, lalu pada saat di bandara Incheon ada counter khusus untuk pemeriksaan bill dan setelah melewati imigrasi ada contour khusus untuk penerimaan uang tax refund. 

Semua sangat mudah dan dapat dilakukan sendiri tanpa harus mengunakan jasa calo dan memang di Korea tidak ada jasa calo untuk tax refund hehehehe.. Untuk harga-harga barang-barang yang termasuk luxury di Korea, ada beberapa lebih murah dibandingkan di Eropa lho.. jadi harus cermat membandingkan. Jangan ketinggalan ya tax refund nya termasuk request tax refund ke operasi plastik Gangnam Korea ^^