Mohon tunggu...
Wiselovehope
Wiselovehope Mohon Tunggu... Novelis - Karyawati swasta, ibu dua putra, pembaca dan penulis.

aka Kak Jul ~ Instagram: @wiselovehope Https://linktr.ee/wiselovehope Https://pimedia.id/wiselovehope Email: wiselovehope@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Healthy Pilihan

Godaan Sering Makan Minum Manis: Nikmat Sesaat Derita Kemudian

21 Oktober 2022   16:35 Diperbarui: 22 Oktober 2022   07:51 68
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi via Pixabay

Walau sudah sering mendengar mengenai diabetes dan bahayanya mengonsumsi gula berlebih baik gula asli maupun gula buatan, tetap saja banyak kita digoda oleh berbagai iklan dan media. Bintang dan influencer yang menarik serta viralnya cara pembuatan minuman dan makanan bergula impor yang tampak sedap, segar dan nikmat.

Beberapa minuman tinggi gula seperti minuman rasa buah/jus sepertinya sehat, diberi tambahan vitamin-vitamin, padahal mengandung perisa buah saja. Jus buah lebih baik diolah sendiri di rumah daripada dibeli di luaran.

Beberapa cara menyiasati dan membatasi konsumsi gula:

1. Pastikan membaca dulu setiap label nutrisi/nutrition facts makanan dan minuman yang kita akan beli. Banyak sekali minuman langsung teguk dalam kemasan plastik dan kaleng yang menyamar sebagai minuman sehat dengan nama green tea kurang gula, susu steril atau kopi murni dengan susu asli dan gula asli.

2. Jangan tertipu oleh tagline iklan-iklan yang mengklaim produknya sehat, bebas gula pasir/tebu, namun ternyata menggunakan pemanis buatan murah seperti acesulfame, saccharin dan siklamat.

3. Makanan yang tidak manis/mengandung gula pasir juga bisa menyamarkannya lewat kata sirup jagung/corn syrup, fruktosa atau sukrosa.

4. Hindari/kurangi konsumsi makanan ringan yang benar-benar manis dan memakai pewarna dan perisa buatan seperti macaroons, gulali, lolipop dan sebagainya.

5. Untuk kesehatan anak, usahakan agar mereka lebih memilih susu plain daripada susu aneka rasa dan jangan sekali-kali membiasakan jajan sendiri / sering dibelikan minuman sachet-an manis, teh manis, apalagi minuman berenergi/energy drink.

Selain gula pasir, masih banyak bahan berasa manis yang sebisa mungkin dikurangi dan dihindari seperti karamel, susu kental manis, isian roti/selai, keju manis dan es krim berlemak.

Mohon tunggu...

Lihat Konten Healthy Selengkapnya
Lihat Healthy Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun