Mohon tunggu...
Raja Lubis
Raja Lubis Mohon Tunggu... Freelancer - Pekerja Teks Komersial

Pecinta Musik dan Film Indonesia yang bercita-cita menjadi jurnalis dan entertainer namun malah tersesat di dunia informatika dan kini malah bekerja di perbankan. Ngeblog di rajalubis.com / rajasinema.com

Selanjutnya

Tutup

Diary Pilihan

K-Rewards Kelima dan Potensi View yang Hangus

6 Maret 2024   18:27 Diperbarui: 6 Maret 2024   18:30 347
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ilustrasi K-Rewards/doc. Kompasiana

Membahas K-Rewards memang nggak akan pernah ada habisnya. Sebuah bonus sekaligus apresiasi yang diberikan Kompasiana kepada kompasianer yang rutin menulis dan mendapatkan jumlah keterbacaan yang tinggi.

Alhamdulillah, pada periode Februari 2024 ini saya masih bisa mencicipi K-Rewards walau harus terlempar dari klasemen Top 15 Januari 2024. Oia, daftar penerima K-Rewards Februari 2024 yang diumumkan namanya kembali menjadi 25 orang. Berbeda dengan bulan sebelumnya yang hanya 15 orang.

Soal saya terlempar dari klasemen, sebetulnya hal yang wajar saja. Pasalnya, selama Februari 2024 saya hanya bisa menghasilkan 9 tulisan saja. Menurun drastis dibanding Januari 2024 yang sanggup menghasilkan 20 tulisan.

Adapun rincian views yang saya hasilkan dari 9 artikel tersebut adalah sebagai berikut: 213, 696, 1.252, 177, 631, 1.917, 175, 1.084, dan 186. Angka ini saya urutkan dari artikel terakhir hingga artikel awal di Februari 2024. Saya catat angka ini secara manual pada 1 Maret 2024 sekitar pukul 6 pagi.

Berarti, total page views (pv) yang saya hasilkan adalah sebanyak 6.331 pv. Satu angka yang saya cetak tebal adalah pv dari artikel bertema 'POLITIK'. Sesuai dengan ketentuan Double K-Rewards Februari 2024, view dari kategori tersebut akan dilipatgandakan jumlahnya. Sehingga total views keseluruhan yang saya capai sebanyak 6.508 pv.

Sebagaimana yang kita diketahui bersama, bahwasanya yang dihitung untuk K-Rewards bukanlah pv melainkan unique views (uv). Jumlah uv ini hanya bisa dilihat oleh tim Kompasiana dan akan diberitahukan di profil masing-masing kompasianer apabila memenuhi syarat minimal yakni 2.000 uv.

Berdasarkan informasi di akun profil saya, jumlah uv yang saya peroleh sebanyak 3.600 uv. Jika dihitung persentase terhadap jumlah pv, raihan uv saya di Februari 2024 ini sebesar 55,32%.

K-Rewards kelima, nominal dirahasikan/doc. Raja Lubis
K-Rewards kelima, nominal dirahasikan/doc. Raja Lubis

Soal perbandingan pv dan uv serta nilai K-Rewards yang fluktuatif, saya pernah membahasnya di dua artikel sebelum ini. Silakan berkunjung untuk membacanya.

Potensi view yang tak dihitung

Di edisi K-Rewards kali ini, saya akan membahas soal potensi view yang kemungkinan tidak diperhitungkan dalam K-Rewards. Maksudnya gimana?

Berdasarkan syarat & ketentuan K-Rewards, view akan dihitung sampai akhir bulan berjalan. Dan hanya artikel yang ditayangkan di bulan tersebut saja yang diperhitungkan. Misalnya untuk Februari 2024, hanya artikel yang tayang di Februari saja yang diperhitungkan dan view-nya dihitung sampai akhir bulan saja.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Diary Selengkapnya
Lihat Diary Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun