Mohon tunggu...
Raisa Fitrianda
Raisa Fitrianda Mohon Tunggu... 201202

Pelajar

Selanjutnya

Tutup

Media

Hobi Menjadi Uang?

25 September 2020   17:30 Diperbarui: 25 September 2020   17:30 16 2 1 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Hobi Menjadi Uang?
img20200923213603-5f6dc49cd541df57472f1e62.jpg

Judul buku                  : From Hobby To Money

Penulis                         : Deasylawati P.

Penerbit                       : PT Elex Media Komputindo, Jakarta

Tahun terbit               : 2014

Tebal halaman          : 147 halaman

          Buku dengan judul “From Hobby To Money” ditulis oleh Deasylawati P. yang memulai debut menulisnya pada akhir tahun 2005 lewat sebuah sayembara menulis Majalah Muslimah. Dari sayembara tersebut ia berhasil mendapat gelar Novellet Terbaik Pertama dengan judul “Alasan Untuk Kembali”. Buku “From Hobby To Money” ditujukan kepada remaja milenial yang sudah disuguhi fasilitas teknologi yang luas tanpa batas, serta mengajarkan untuk tidak selalu membebani orang tua. Buku ini menguraikan tentang bagaimana cara kita untuk memanfaatkan hobi yang kita punya sebagai sumber penghasilan tambahan dan mendapatkan keuntungan dari hal tersebut. Selain itu, dalam buku ini dijelaskan pula mengenai motivasi agar kita bisa mencapai apa yang kita inginkan.

          Pengertian hobi itu sendiri menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI) adalah kegemaran; kesenangan istimewa pada waktu senggang, bukan pekerjaan utama. Artinya, hobi adalah melakukan suatu hal yang kita sukai dalam waktu-waktu tertentu, tetapi dalam melakukan hobi tidak perlu keluar rumah melainkan melakukan hobi tersebut di dalam rumah saja. Hobi membaca buku ternyata dapat menghasilkan uang tambahan untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Hal yang bisa dilakukan adalah dengan membuat resensi / review sebuah buku, resensi merupakan senjata ampuh untuk mengiklankan buku terbitannya melalui opini resensor, lalu kita akan diberi honor karena telah meresensi bukunya. Hasil resensi dapat dikirim melalui media massa, blog / website, dan sosial media.

          Selain membaca buku, hobi menulis juga bisa dijadikan sebagai salah satu sumber penghasilan tambahan. Sebuah karya tulis harus benar-benar menarik agar para pembaca tertarik ingin membeli bukunya, karya tulis tidak harus selalu menulis novel, cerpen, atau artikel melainkan menulis pengalaman pribadi juga bisa kita lakukan, hal tersebut tentunya bisa memberikan motivasi kepada para pembaca. Hobi menggambar atau melukis bukan sekedar gambar coret-coret semata, melainkan gambar yang bernilai jual seperti gambar animasi dalam iklan, gambar abstrak,dll. Seni kriya erat hubungannya dengan keterampilan tangan atau kerajinan yang membutuhkan ketelitian untuk setiap detail karya seninya. Selain hal yang berhubungan dengan seni, memasak juga bisa dikatakan sebagai hobi yang tidak mudah, karena membutuhkan pengetahuan, latihan, bahkan insting untuk mengenal rasa.

          Keunggulan dari buku ini yaitu mengangkat hobi yang bisa dijadikan sebagai penghasilan tambahan sebagai topik utamanya, judul dan sampul buku dibuat menarik, bahasa yang digunakan mudah dipahami dan tidak bertele-tele, buku tidak terlalu tebal, serta mengandung motivasi untuk selalu berusaha dalam mencapai suatu kesuksesan. Namun, buku ini memiliki kelemahan yaitu tidak mencantumkan jenis hobi yang lebih banyak lagi, dan buku ini hanya ditujukan kepada remaja.

          Dari keseluruhan ulasan buku yang telah dibuat bahwa buku “From Hobby To Money” ini sangat menarik untuk dibaca karena mengangkat topik hobi yang dapat dijadikan sebagai penghasilan tambahan sebagai topik utamanya. Selain itu, banyak keunggulan yang dimiliki oleh buku ini. Buku "From Hobby To Money"  cocok untuk para remaja agar bisa belajar untuk tidak selalu membebani orang tua dan mendapatkan motivasi agar bisa mencapai kesuksesan, namun seharusnya tidak ditujukan kepada remaja saja melainkan orang dewasa pun boleh membacanya.

Raisa Fitrianda

XII MIPA 1

SMAN 1 PADALARANG 2020 / 2021

VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x