Mohon tunggu...
noer dyah rahmawati zaeni
noer dyah rahmawati zaeni Mohon Tunggu... writing is entertainment

Saya mahasiswi S-1 Manajemen di Universitas muhadi Setiabudi

Selanjutnya

Tutup

Edukasi

Soal Pre Test dan Jawaban Materi PKN Semester 2

18 Mei 2019   21:16 Diperbarui: 18 Mei 2019   21:18 0 1 0 Mohon Tunggu...

PRETEST PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN

1. Mengapa Pendidikan Pancasila sangat penting diberikan kepada mahasiswa?

2. Jelaskan menurut pendapat kalian bagaimana relevansi Pendidikan Kewarganegaraan dalam kehidupan bernegara di era sekarang ini!

3. Suatu bangsa dikenal karena Identitas Nasional atau ciri khas yang dimilikinya. Coba sebutkan ciri khas yang dimiliki bangsa Indonesia dan apa         yang akan kalian lakukan untuk mempertahankannya?

4. Bagaimana pendapat kalian tentang Identitas Nasional sebagai karakter bangsa! Berikan contohnya!

5. Jelaskan menurut pendapat kalian mengapa sejarah budaya bangsa dikatakan sebagai akar identitas nasional!

6. Apa yang kalian pahami tentang demokrasi dan bagaimana implementasinya pada kehidupan berbangsa dan bernegara sekarang ini!

7. Ada bermacam2 krisis yang dapat mematikan demokrasi, antara lain krisis politik membuat orang tidak percaya pd demokrasi, krisis alat-alat     kekuasaan negara, krisis cara berpikir dan cara meninjau, krisis moral dan lainnya. Menurut pendapat kalian bagaimana agar tidak terjadi krisis yang   dapat mematikan demokrasi di negara ini?

JAWABAN

1. Menurut saya pancasila sangat penting untuk mahasiswa karena pancasila adalah ideologi indonesia yang berisi ajaran, gagasan, dan sebagai acuan tingkah laku bagi masyarakat. Di era sekarang ini terjadi banyak sekali unsur SARA, tentunya hal ini bisa mengancam ideologi pancasila sila ke 3 yaitu persatuan indonesia. Untuk itu pendidikan pancasila sangat penting bagi mahasiswa sebagai agen of change untuk menjaga persatuan dan kesatuan indonesia.

2. Dimasa sekarang ini pengimplementasian pancasila dalam kehidupan berbangsa dan bernegara masih perlu di evaluasi. Dalam contoh sekarang saja, saat ini indonesia baru melaksanakan pemilu serentak untuk yang pertama kalinya. Banyak sekali hoax yang mengandung unsur pemecah belah bagi bangsa. Padahal sesuai dengan sila-sila pancasila, maka kita harus tetap menjaga persatuan indonesia. Walaupun berbeda pendapat, berbeda agama, berbeda pilihan, tetapi kita tetap indonesia. Sila-sila pancasila harus diamalkan dari usia pendidikan PAUD, sampai pendidikan tinggi. Dan implementasiannya yang paling awal berasal dari keluarga. Jika dalam keluarga sudah bisa mengamalkan pancasila, maka dalam berbangsa dan bernegara juga bisa mengamalkan pancasila. Cara pengimplementasiannya bisa dengan mengajak anak-anak untuk gotong royong membersihkan rumah, mengajak bermusyawarah menentukan motor apa yang hendak dibeli, bangun pagi-pagi untuk mengikuti upacara di sekolah, dll.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2