Mohon tunggu...
Rafif Ahmad Fadilah
Rafif Ahmad Fadilah Mohon Tunggu... Mahasiswa - Mahasiswa Komunikasi dan Penyiaran Islam

Saya memiliki hobi menulis

Selanjutnya

Tutup

Ruang Kelas Pilihan

Semester 6 dan Lika-likunya

1 April 2024   14:55 Diperbarui: 1 April 2024   15:50 51
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Kompasiana adalah platform blog. Konten ini menjadi tanggung jawab bloger dan tidak mewakili pandangan redaksi Kompas.
Lihat foto
Ruang Kelas. Sumber Ilustrasi: PAXELS

Sebagai mahasiswa yang sudah memasuki semester 6, inilah waktu dimana mahasiswa mulai memikirkan skripsi. Pada fase inilah, mahasiswa mulai merasakan kepahitan dalam dunia perkuliahan. Mungkin untuk teman-teman yang masih semester awal, masih merasakan perkuliahan yang santai dan masih bisa have fun.

Semester 6 atau bisa dibilang pertengahan kuliah, memang bisa jadi masa yang penuh lika-liku buat mahasiswa. Bagaimana tidak, ada beberapa hal yang menjadi alasan kenapa semester 6 sebagai fase yang sulit:

1. Beban tugas yang lebih berat

Di semester 6, mahasiswa biasanya mulai diberikan tugas akhir berupa skripsi atau tesis. Mahasiswa ditugaskan untuk melakukan penelitian atau riset yang sesuai dengan topik yang akan diteliti. Ditambah lagi tugas-tugas mata kuliah lain yang mungkin masih ada.

2. Waktu yang terasa kurang

Dengan dikejar deadline skripsi dan tugas lain, waktu laung mahasiswa semester 6 bisa jadi berkurang. Mengelola waktu dengan baik jadi penting banget biar semua bisa jalan. Waktu yang biasa kita gunakan untuk nongkrong, mabar, udah kaga bisa lagi dah.

Baca juga: Hujan dan Rindu

3. Perasaan bingung dan stres

Menentukan topik skripsi, riset, sampai presentasi bikin mahasiswa stres dan bingung. Belum lagi kalau ada revisi dari dosen pembimbing yang harus dipenuhi.

4. Perasaan seperti "asing" di kampus

Karena fokus pada skripsi, mahasiswa semester 6 mungkin jadi jarang ngelihat teman seangkatan yang sudah lulus. Apalagi kalau mereka sudah sibuk dengan kerja atau kegiatan lainnya. Bisa jadi muncul perasaan seperti "asing" di kampus sendiri.

5. Harapan dan tuntutan

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Ruang Kelas Selengkapnya
Lihat Ruang Kelas Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
LAPORKAN KONTEN
Alasan
Laporkan Konten
Laporkan Akun