Mohon tunggu...
RAHMAT GUNAWIJAYA
RAHMAT GUNAWIJAYA Mohon Tunggu... Administrasi - PENULIS Sejarah

Penulis sejarah yang pernah kerja di perbankan

Selanjutnya

Tutup

Financial Pilihan

Antara Waktu, Uang, dan Hutang

30 Juli 2022   05:58 Diperbarui: 30 Juli 2022   17:39 123 8 0
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun

Assalam Mualaikum,

 

Di tanggal 30 Juli 2022 bertepatan dengan 1 Muharram 1444 Hijriyah , saya coba bercerita soal tiga hal yang mungkin setiap hari kita temui, hadapi, lewati dan mungkin hampir semua orang di dunia pernah merasakannya.

Tiga hal tersebut yakni waktu, uang dan hutang. Ketiganya memiliki keterkaitan , korelasi dan bisa diukur, dinilai bahkan bisa diprediksi tidak sekedar ramalan atau asumsi karena ketiga hal ini bisa dijabarkan dalam ilmu pasti.

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia , waktu adalah seluruh rangkaian saat ketika proses, perbuatan, atau keadaan berada atau berlangsung.   Di dunia ini tidak seorang pun tahu apa yang akan terjadi pada waktu yang akan datang, waktu bisa dihitung dengan satuan dari yang terkecil sampai terbesar, seperti detik, menit, jam, hari, minggu , bulan dan tahun

Setiap orang sesungguhnya di beri Tuhan waktu dan kesempatan yang sama , yakni 24 jam sehari atau 365 hari dalam setahun, dan 60 menit dalam 1 jam, tetapi tidak semuanya bisa menggunakan atau memanfaatkannya dengan baik, sehingga ada slogan bagi orang yang merasa sibuk bilang tidak ada waktu, atau hanya punya sedikit waktu, tetapi sebagian lainnya bilang punya banyak waktu, bahkan ada yang beraktivitas sekedar  hanya untuk menghabiskan waktu.

Waktu sebenarnya sangat penting karena ia tidak bisa diulang dan dilompati, kita hanya bisa menjalani dan menghadapi waktu agar bermanfaat dengan baik, jika ingin tahu pentingnya waktu setahun, tanyakan pada kakak kelas yang ketinggalan kelas atau mahasiswa yang tidak lulus ujian sehingga perlu memperpanjang waktu studinya    dan bila kita  ingin tahu pentingnya waktu sebulan, tanyakan pada ibu dan bidan yang menghadapi persalinan kelahiran bayi prematur.
Jika ingin tahu pentingnya waktu seminggu, tanyakan pada pekerja pada kantor berita mingguan. Dan jika ingin tahu pentingnya waktu sedetik, tanyakan pada orang yang baru terhindar atau selamat dari kecelakaan maut.

Bintang film legendaris dan ahli beladiri  Bruce Lee  pun pernah berujar terkait waktu  serap apa yang berguna, tolak apa yang tidak berguna, tambahkan apa yang secara khusus milikmu.

Pakar Manajemen  dari India Tarun Sarma juga menyatakan waktu adalah satu-satunya sumber terpenting yang kita miliki. Setiap menit kita kalah, tidak akan pernah kembali. Bahkan salah satu penulis buku popular dan pakar bisnis Stephen R. Covey berpendapat soal waktu yakni  Kuncinya adalah tidak menghabiskan waktu, tetapi menginvestasikannya."

Bahkan ada pepatah arab yang menyatakan Orang yang berilmu itu besar walaupun umurnya masih muda. Sedangkan orang yang bodoh itu kecil walau umurnya telah tua.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
Mohon tunggu...

Lihat Konten Financial Selengkapnya
Lihat Financial Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!

Video Pilihan

LAPORKAN KONTEN
Alasan