Mohon tunggu...
Rafli Marwan
Rafli Marwan Mohon Tunggu... Bahasa, sastra, dan Budaya

"Seorang Penulis dapat melihat segi-segi lain yang umum tidak mampu melihat (Pramoedya)"

Selanjutnya

Tutup

Sosbud Pilihan

Gisel, Seksualitas, dan Situasi yang Melampauinya

30 Desember 2020   19:36 Diperbarui: 30 Desember 2020   21:43 952 11 0 Mohon Tunggu...
Lihat foto
Gisel, Seksualitas, dan Situasi yang Melampauinya
Foto: Gisel / Riau Pos-JawaPos.com

Pertanyaan dan hipotesis warganet seputar gorden kamar, tahi lalat, warna rambut, dan pakaian yang dikenakan telah terpecahkan setelah Gisel memberi pengakuan atas kebenaran video syurnya. Gisel pun ditetapkan sebagai tersangka bersama pasangan seksualnya, Michael Yukinobu.

Sebuah pertanyaan menggelitik: mengapa Gisel berhubungan seksual dengan Michael, sementara saat itu ia masih berstatus sebagai istri Gading?  Pertanyaan inilah yang saya mengistilahkan sebagai “situasi yang melampaui”. Karena situasi semacam ini akan melampaui sebuah peristiwa yang sekarang kita menikmatinya dan sekaligus membongkar akar masalahnya. 

Dari pertanyaan itu, saya akan memberikan hipotesis atau dugaan sementara, atau kemungkinan-kemungkinan yang menjadi penyebab peristiwa seksualitas antara Gisel dengan Michael.

Hipotesis pertanyaan pertama adalah bahwa kemungkinan Gisel melakukan hubungan seksual dengan Michael karena dua hal yaitu (1) kebutuhan ekonomi, dan (2) kepuasan seksual.

Kebutuhan Ekonomi

Salah satu kebutuhan mendasar manusia adalah uang. Tetapi kebutuhan atas uang oleh artis berbeda dengan manusia lainnya. Artis membutuhkan banyak uang bukan sekedar kepentingan asap dapur dan isi perut, tapi juga perawatan tubuh. 

Kebutuhan merawat tubuh adalah kewajiban ekonomis seorang artis. Karena tubuhlah tempat endors berdatangan dari banyaknya  followers. Selain itu, tak kalah penting sebuah kebutuhan adalah kompetisi belanja barang mahal seperti pakaian, tas, mobil dan sebagainya. 

Maka, bila pendapatan tidak sebanding dengan kebutuhan, misalnya minimnya tawaran suting, maka tindakan seksualitas adalah jalan terbaik baginya untuk mengimbanginya.

Artis adalah figur publik. Dalam hitungan detik, jalan hidup mereka ditelusuri, diikuti kemana dan sedang apa oleh followers-nya. Sebab itu, seksualitas demi uang adalah tindakan paling rahasia dari segala rahasia. 

Karena bila diketahui publik, terutama para  followers-nya, dalam hitungan detik pula, karir keartisan mereka akan redup, hancur, dan musnah seketika, meskipun ada pula yang berjuang untuk  bangkit.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
VIDEO PILIHAN
KONTEN MENARIK LAINNYA
x