Mohon tunggu...
Rachmah Dewi
Rachmah Dewi Mohon Tunggu... Penulis - DEW | Jakarta | Indonesian Content writer and Copywriter

Books Author | Content writer, Copywriter | I'm write based on my experience | Email: dhewieyess75@gmail.com

Selanjutnya

Tutup

Travel Pilihan

Mengenal Lebih Dekat 6 Museum Wisata Sejarah Dekat Danau Toba yang Memikat

26 September 2021   21:13 Diperbarui: 26 September 2021   21:17 116 5 4
+
Laporkan Konten
Laporkan Akun
Lihat foto
Sumber gambar: https://www.indonesia.travel/

Berbicara tentang Danau Toba seolah tidak akan pernah habis dan tidak akan pernah membosankan untuk diceritakan dan dikulik lebih dalam. Danau Toba yang menjadi Primadona di Utara pulau Sumatera ini adalah sebuah keajaiban alam yang boleh dikatakan sangat menakjubkan. Menurut ahli Sejarah, danau ini terbentuk akibat letusan dahsyat gunung api yang dikenal dengan nama Gunung Toba yang terjadi 74 ribu tahun yang lalu.

Danau ini terbentuk dengan luas lebih dari 1.145 kilometer persegi dan kedalaman 450 meter, jika kita melihat lebih dekat lagi, Danau Toba sebenarnya lebih mirip lautan daripada danau. Danau ini juga mendapat julukan sebagai Danau Vulkanik terbesar di dunia.

Tidak cukup sampai di sana hal yang menakjubkan tentang Danau Toba untuk diceritakan, di tengah danau ini juga terdapat sebuah pulau yang berukuran cukup besar, yaitu Pulau Samosir. Danau Toba merupakan tempat yang asyik untuk bersantai melepas penat sejenak dari hiruk-pikuk urusan dunia di Jakarta, karena udara di sekitar danau sangat sejuk dengan jarak 900 meter di atas permukaan laut.

Di dekat Danau Toba pun ada hal menarik lain yang akan saya kupas dan ceritakan di dalam artikel kali ini. Ada apa di dekat Danau Toba? Ya, mungkin sebagian orang ada yang belum tahu, bahwa ada 6 Museum yang menjadi tempat wisata sejarah bagi para pengunjung yang sarat akan nilai edukasi. Baiklah, saya akan mengupasnya satu persatu:

  • Museum Tomok

Museum yang pertama akan saya bahas adalah Museum Tomok. Museum ini terletak di Kabupaten Samosir, tepatnya di Kecamatan Siamindo, di kawasan Desa Tomok. Tahukah kamu apa hal yang menarik dari Museum ini? Bangunan museum ini menggunakan arsitektur rumah adat tradisional yang disebut sebagai Rumah Bolon atau rumah Adat Batak Toba khusus untuk raja dan anggota keluarganya. Meski baru dibangun pada tahun 2005, nuansa tradisional dari zaman dulu tetap dapat dirasakan.

Terdapat ukiran besar dan ornamen khas Batak dinamakan dengan Gorga yang menjadi bagian dari bangunan museum. Museum ini terlihat cantik dan megah walau hanya dilihat dari bangunan luarnya saja.

Sumber gambar: http://disbudpar.sumutprov.go.id/
Sumber gambar: http://disbudpar.sumutprov.go.id/
  • Museum Huta Bolon

Museum kedua yang akan saya bahas yaitu Museum Huta Bolon. Museum ini terletak di Kabupaten Samosir, sama seperti Museum Tomok, tepatnya di Kecamatan Ambarita, yang terletak di Desa Simanindo. Jika mengunjungi Danau Toba, pastikan Museum ini tidak terlewat untuk dikunjungi, pasalnya terlalu banyak hal menarik yang ada di sini dan sayang sekali apabila terlewatkan. Memangnya ada apa saja di sini? Ada kain ulos berbagai motif, alat masak dari zaman dulu, senjata perang yang digunakan masyarakat di masa lampau, mainan tradisional sampai alat berkebun. Wah, sangat lengkap, bukan? Oh ya, jika kalian ingin berkunjung ke sini pastikan tahu jam buka museum ini, ya! Jam buka museum ini adalah mulai pukul 8 pagi dan tutupnya sekitar pukul 5 sore.

Sumber gambar: tempo.co
Sumber gambar: tempo.co
  • Museum TB Silalahi

Museum ketiga yang akan saya bahas, tak kalah menarik dari 2 Museum di atas. Museum selanjutnya yaitu Museum TB Silalahi. Museum ini masih terletak di kawasan Kabupaten Toba Samosir yang beralamat lengkap di Jl. Dr. Term. Silalahi No.88, Silalahi Pagar Batu, Balige. Menarik nya lagi, di Museum ini terbagi menjadi dua bangunan, yang pertama bangunan khusus untuk Museum Batak yang memamerkan koleksi barang antik dan sejarah Batak, dan yang kedua bangunan yang menjadi tempat untuk mengenang Letjen (Purn) DR TB Silalahi.

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
Mohon tunggu...

Lihat Konten Travel Selengkapnya
Lihat Travel Selengkapnya
Beri Komentar
Berkomentarlah secara bijaksana dan bertanggung jawab. Komentar sepenuhnya menjadi tanggung jawab komentator seperti diatur dalam UU ITE

Belum ada komentar. Jadilah yang pertama untuk memberikan komentar!
VIDEO PILIHAN
LAPORKAN KONTEN
Alasan