Makro

Meningkatkan Kewirausahaan Masyarakat Indonesia, Apakah Bisa?

20 Mei 2018   15:05 Diperbarui: 20 Mei 2018   15:04 439 2 0

Pendapatan masyarakat yang rendah dan tingkat populasi penduduk yang  tinggi menjadi suatu permasalahan yang harus diatasi oleh pemerintah  negara berkembang dalam upaya mensejahterakan rakyatnya. Di kota besar  seperti Jakarta yang terhitung pendududknya sangat padat, keadaan  seperti ini sudah menjadi pemandangan umum. 

Banyak orang yang  hidup kurang beruntung terpaksa hidup sebagai pemulung sampah. Karena  pendapatan yang diperolehnya sangat rendah, anaknya tidak dapat disekolahkan sehingga tingkat kecerdasan anak tersebut tidak berkembang.  

Hal ini juga menimbulkan kesenjangan ekonomi yang tajam antara orang  yang berpenghasilan tinggi dan orang yang berpenghasilan rendah. Hal ini  menyebabkan kemerosotan perekonomian di Negara Indonesia. 

Jika  di biarkan keadaan perekonomian Negara Indonesia seperti itu terus maka  semakin lama Negara akan semakin miskin dan terbelakang, serta berdampak  pada keamanan nasional akan terganggu. Maka dari itu peran  kewirausahaan sangat diperlukan untuk pertumbuhan perekonomian di  Indonesia. 

Negara membutuhkan lebih banyak orang yang  berwirausaha. Jumlah pengusaha sangat perlu diperbanyak untuk  menggerakan perekonomian nasional. pengusaha memiliki kecenderungan  untuk terus berinovasi dan memunculkan teknologi baru untuk memenangkan  persaingan pasar dan meningkatkan daya saing bangsa. Selain itu, juga  menciptakan banyak lapangan kerja sehingga angka pengangguran dapat  ditekan. 

Berkembangnya pengusaha lokal Indonesia akan memperkuat  kebutuhan domestik, sehingga dalam jangka panjang dapat mengurangi  ketergantungan terhadap pasar luar negeri.

Tidak banyak yang tahu  bahwa wirausaha merupakan salah satu sektor bisnis yang penting, bersama  dengan korporasi, koperasi, serta finansial dan perbankan. Saat ini  yang digerakkan untuk menjadi wirausaha adalah yang usianya masih cukup  muda, dengan alasan anak muda memiliki banyak inovasi dan tidak takut  untuk mencoba hal-hal baru.

KUR, merupakan salah satu langkah  strategis yang dilakukan pemerintah bertujuan untuk meningkatkan jumlah  wirausaha di Indonesia. untuk menciptakan pemerataan ekonomi itu tidak  ada cara lain, selain harus memberdayakan dan memperkuat lembaga  koperasi. Kita menyiapkan KUR (kredit usaha rakyat) dengan bunga rendah,  yaitu sembilan persen. Bahkan, tahun depan akan turun lagi menjadi  tujuh persen. 

Langkah strategis ini bertujuan untuk meningkatkan  jumlah wirausaha di Indonesia. Karena, untuk menciptakan pemerataan  ekonomi itu tidak ada cara lain, selain harus memberdayakan dan  memperkuat lembaga koperasi. 

Dengan meningkatnya jumlah wirausaha,  jumlah pengangguran dan kemiskinan di Indonesia akan menurun. Apabila  wirausaha kuat akan menciptakan pertumbuhan ekonomi yang berkeadilan, di  mana kesenjangan ekonomi akan tergerus. "Apabila kesenjangan ekonomi  menurun, itu akan semakin memperkuat kita dalam bingkai NKRI.