Rabiatul Adawiah
Rabiatul Adawiah tenaga kesehatan

Terus belajar belajar dan belajar

Selanjutnya

Tutup

Hiburan Pilihan

Pesona Labuan Cermin

11 Januari 2018   12:14 Diperbarui: 15 Januari 2018   16:00 386 5 1
Pesona Labuan Cermin
Arsip Pribadi

Labuan Cermin merupakan salah satu icon wisata favorit yang terdapat di Kecamatan Biduk-Biduk. Salah satu ciri khas dari destinasi ini adalah air yang sangat jernih dan memiliki dua rasa. Tidak jarang juga orang menyebut danau ini dengan sebutan "danau dua rasa". 

Singkat cerita, Sebenarnya nama tersebut timbul karena Danau Labuan Cermin memiliki rasa tawar di permukaan danau, sementara air di dasar danau terasa asin. Dua jenis air inilah yang membuat danau memiliki lapisan pemisah sehingga cahaya matahari dapat memantul. Sungguh menakjubkan ciptaan sang Maha Kuasa.

heheh...my fav pict..
heheh...my fav pict..
Air yang begitu jernih hingga bagian dasar danau pun terlihat dengan jelas di permukaan menjadi salah satu racun pemikat hati para penikmat wisata alam. 

Tak jarang pengunjung mengabadikan pesona kecantikan danau labuan cermin ini melalui kamera pribadi maupun handphone.

ready to action...
ready to action...
Saat berada di Labuan Cermin, pengunjung dapat melakukan aktifitas berenang, snorkeling dan juga menyelam. 

Saat anda menyelam menggunakan kacamata snorkeling, akan terlihat beberapa ikan yang berenang tidak jauh dari permukaan dan ada pula yang jauh di dasar danau. Karena rasa yang berbeda antara permukaan dan dasar inilah kita dapat dengan mudah membedakan mana jenis ikan air tawar dan jenis ikan air asin. Seru bukan?

sejukkkkk eii..
sejukkkkk eii..
Oya guys, Jika dilihat sekilas dari atas permukaan, danau ini terlihat sangat dangkal. Namun jangan berani coba-coba terjun kalau tidak memiliki skill berenang. intinya, pengunjung harus tetap waspada karena kedalaman danau ini sebenarnya mencapai 4 hingga 5 meter. 

Apalagi ketika air lagi pasang. But, dont worry juga untuk pengunjung yang belum pandai berenang, karena di sekitar danau ini menyediakan tempat penyewaan pelampung dan alat snorkling lainnya.

Untuk biaya sewa pelampung dibebankan sekitar Rp. 15.000 hingga Rp. 20.000, sementara untuk alat snorkling memiliki harga yang berbeda-beda, berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 30.000 untuk 1 paket alat snorkling. Yang jelas harganya masih cukup terjangkau guys.

dsc01110-jpg-5a56f102bde575604c1d51f2.jpg
dsc01110-jpg-5a56f102bde575604c1d51f2.jpg
Danau Labuan Cermin terletak di Desa Labuan Kelambu, Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Perjalanan menuju Kecamatan ini dapat ditempuh dengan perjalanan darat sekitar 6 sampai 7 jam dari Tanjung Redeb (ibukota Kabupaten Berau). 

Ketika sampai di Bandar Udara Kalimarau Berau, beberapa countertaksi dapat anda temukan saat menuju pintu keluar bandara. Anda cukup mengambil taksi tujuan Labuan Kelambu, Biduk-Biduk dengan biaya berkisar antara Rp. 150.000 hingga Rp. 200.000.

Untuk mencapai Danau Labuan Cermin, pengunjung harus menyewa perahu dari dermaga labuan kelambu dengan biaya Rp. 130.000 untuk perjalanan pulang-pergi (include asuransi). Satu perahu dapat menampung 10 orang penumpang dan akan lebih murah jika anda datang bersama rombongan.

Pesona keindahan alam dari labuan cermin ini mampu membuat pengunjung berdecak kagum ketika melihatnya. Apalagi pemandangan di sekitar Danau Labuan Cermin sangat menenangkan karena dikelilingi pepohonan rimbun yang membuat suasana sangat teduh, sehingga sangat tepat dijadikan tujuan wisata untuk sejenak melarikan diri dari keramaian yang seringkali ditemui setiap hari.

Arsip pribadi
Arsip pribadi

Bagi para penikmat traveler ataupun pengunjung yang akan plesiran ke Pulau Derawan dan Maratua, tidak ada ruginya untuk turut memasukkan destinasi wisata Labuan Cermin ke dalam itinerary perjalanan jelajah Kalimantan Timur. 

Jadi, penasaran ingin langsung menyelam dan merasakan air dengan dua jenis rasa sekaligus di Danau Labuan Cermin?

 ayoookk ke labuan cermin.... 

Arsip pribadi
Arsip pribadi

otw labuan cermin..
otw labuan cermin..