Mohon tunggu...
Rabiatul Adawiah
Rabiatul Adawiah Mohon Tunggu...

belajar belajar dan terus belajar... - Purna Nusantara Sehat Team Based Kemenkes RI 2015, Puskesmas Balai Karangan, Kab. Sanggau, Kalbar - Penugasan Khusus Individu Kemenkes RI 2017, Puskesmas Biduk-Biduk, Kab. Berau, Kaltim

Selanjutnya

Tutup

Kesehatan

Pengalaman Seleksi Nusantara Sehat Kemenkes RI

10 Mei 2017   10:43 Diperbarui: 10 Mei 2017   11:38 0 0 3 Mohon Tunggu...
Pengalaman Seleksi Nusantara Sehat Kemenkes RI
Logo Nusantara Sehat Kemenkes RI

Apa sih Program Nusantara Sehat? 

Lokasi kerjanya dimana? 

Tenaga apa saja yang butuhkan? 

Bagaimana tahap seleksinya?

 Mungkin itu sederet pertanyaan yang akan terlintas di benak teman-teman yang ingin mengenal dan bergabung di Program Nusantara Sehat Kemenkes RI. Alhamdulillah saya adalah salah satu dari ribuan pendaftar Nusantara Sehat Batch I tahun 2015 yang berhasil gabung di Program Kementerian Kesehatan RI. Bergabung dengan Keluarga besar Nusantara sehat pada angkatan pertama , dan berbicara angkatan I sudah tentu informasi saat itu masih terbatas, paling hanya mengandalkan brosur atau artikel mengenai program yang baru di release oleh kemenkes RI. Bersyukurlah kalian yang bergabung NS setelah angkatan kami. Hehehe. 

Lets cekidotss... 

Nusantara Sehat (NS) Kemenkes RI merupakan program yang diselenggarakan oleh Kementerian Kesehatan yang bertujuan untuk memperkuat layanan kesehatan primer di Indonesia melalui penempatan tim kesehatan di daerah perifer. Fokus utama tim yang terdiri dari anak-anak muda ini adalah upaya promotif dan preventif, untuk mengubah mindset masyarakat mengenai kesehatan. Intinya program ini mengirim tim berisi tenaga kesehatan profesional ke Daerah Terpencil Perbatasan dan Kepulauan (DTPK) yang ada di wilayah Indonesia. 

Harus diakui, tantangan yang menanti calon anggota Nusantara Sehat tentu tidaklah mudah. So, yang ingin mendaftar jangan manja kalau gabung di NS ya, nikmati setiap prosesnya dan jadikan itu sebuah pelajaran dalam hidupmu. 

Tenaga apa saja yang bisa bergabung di NS? 

Ini dia jenis tenaga kesehatan yang dibutuhkan dalam program ini : Dokter, Dokter gigi, Bidan, Perawat, Tenaga Kesehatan Masyarakat, Tenaga Kesehatan Lingkungan, Ahli Laboratorium Medik, Tenaga Kefarmasian dan Tenaga Gizi. Nah, Untuk informasi lebih jelasnya kalian juga dapat mengakses website Nusantara Sehat di link ini: Nusantarasehat.kemkes.go.id. Di website itu sudah sangat jelas informasi tentang nusantara sehat. 

Sekarang saya akan menceritakan pengalaman saat mengikuti seleksi NS. Seleksi NS Ini terdiri atas 2 bagian yaitu seleksi adminstrasi dan seleksi kedua terdiri dari Psikotes, Focus Group Discussion (FGD) dan wawancara. Seleksi pertama ini bisa dilakukan dimana saja selama masih ada sinyal internet. Saya sendiri mengikuti seleksi pertama di Kota Kendari. Kelengkapan berkas yang saya siapkan saat itu adalah ijazah terakhir, transkrip nilai, KTP, Kartu keluarga, pas foto dan setifikat pelatihan yang dikemas dalam bentuk Pdf ( karena seleksi online). 

HALAMAN :
  1. 1
  2. 2
  3. 3
KONTEN MENARIK LAINNYA
x